Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Aris Nur Ramdhani

Puskesmas Terbaik DKI Jakarta Berdasarkan Review Terbaru

Info Terkini | Sunday, 27 Nov 2022, 23:10 WIB

Menurut penelitian Rosita, Marhanah dan Wahadi (2016) kepuasan pelanggan dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kualitas pelayanan dan emosional. Pada penelitian Haq dan Rachmat (2020) emosional menjadi faktor penting penentuan baik buruknya sebuah ulasan dan pemeringkatan. Salahsatu fitur yang popular adalah google review. Puskesmas Kecamatan Pulogadung masih kokoh di urutan pertama rating review hingga tanggal 27 November 2022. Menyusul di urutan ke-2 masih dengan Puskesmas Kecamatan Kebayoran Baru. Urutan ke-3 diisi oleh Puskesmas Kecamatan Pancoran melesat dari sebelumnya yang bahkan tidak masuk 15 besar. Urutan ke-4 masih ditempati Puskesmas Kecamatan Kebon jeruk. Puskesmas Kecamatan Palmerah turun dari nomor 3 ke nomor 5. Puskesmas Kecamatan Sawah Besar turun satu peringkat menjadi ke-6. Urutan ke-7, ke-8, ke-9, ke-10 diisi oleh Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan, Puskesmas Kecamatan Koja, Puskesmas Kecamatan Matraman dan Puskesmas Kecamatan Johar Baru. Puskesmas Kecamatan Cakung berada di urutan ke-11, Puskesmas Kecamatan Pasar Rebo ke-12, Puskesmas Kecamatan Kembangan ke-13, Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih ke-14 dan terakhir Puskesmas Kecamatan Kalideres urutan ke-15.

Saat ini banyak Puskesmas Kecamatan yang meningkatkan kepuasan pelanggan melalui banyak strategi, salahsatunya adalah Hospitality. Dinas kesehatan DKI Jakarta sendiri sangat menekankan implementasi Hospitality baik di Puskesmas maupun di rumah sakit. Karena melalui hospitality banyak value yang tercipta bagi masyarakat sebagai pelanggan. Semakin banyak value yang didapatkan masyarakat maka kepuasan pelanggan akan semakin banyak dirasakan.

Semoga sebagai layanan primer kesehatan, Puskesmas semakin dirasakan kehadirannya oleh masyarakat, terkhusus kualitas pelayanan yang mengedepankan mutu, pelayanan prima, kemudahan, ketepatan, kecepatan, keramahan dan kenyamanan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image