Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Deffy Ruspiyandy

Akankah Jepang Tim Pertama Dari Grup E Yang Lolos ?

Olahraga | Sunday, 27 Nov 2022, 07:08 WIB

Sore nanti, tim nasional Jepang akan menghadapi Kosta Rika pada pertandingan kedua di babak penyisihan Grup E Piala Dunia Qatar 2022. Keadaan kedua kesebelasan begitu jomplang. Yang satu mampu mengatasi Jerman yang satu malah dibantai Spanyol. Pertandingan ini cukup menentukan keberadaan keduanya. Jika Jepang mampu menang maka akan lolos dan membuat Kosta Rika menjadi hilang peluang untuk ke babak selanjuntnya. Tetapi jika Kosta Rika mampu mengatasi Jepang dengan catatan menang tetapi jika seri peluang menjadi tipis karena Kosta Rika akan menghadapi Jerman.

Tim nasional Jepang yang berlaga di Piala Dunia Qatar 2022 yang diharapkan mampu bericara lebih pada gelaran bergensi sepak bola dunia tahun ini. (FOTO : Republika.co.id/Scott Audette-Reuter)

Bagi Jepang melawan Kosta Rika mau tak mau harus menang sebab jika seri hitung-hitungannya mereka harus berhadapan dengan Spanyol yang telah menjadi kekatan sepak bola terkuat di jagat Eropa. Pasukan Samurai Biru ini jelas akan memanfaatkan peluang sebaik mungkin karena pertnadingan hari ini adalah pertandingan penentuan. Karena jika Jepang menang lalu pertandingan Jerman dan Spanyol berakhir imbang atau Jerman kalah maka pada pertandingan melawan negara Matador itu akan lebih ringan.

Berbagai kemungkinan ini pasti terjadi apalagi Kosta Rika hanya pada pertandingan ini yang menentukan nasibnya. Kalah dari Jepang tentu harus angkat koper dari Qatar. Negara yang dilatih Luis Fernando Suarez ini jelas takkan menyia-nyiakan kesempatan ini sehingga bukan mustahil mereka akan habis-habisan bermain melawan Jepang. Mereka punya sejarah cukup baik di Piala Dunia 2014 saat Piala Dunia digalar di Brazil mereka lolos bersama Uruguay padahal di grup itu dihuni dua tim lain yaitu Italia dan Inggris yang tersingkir.

Kosta Rika memang sedikit disulitkan dengan defisit gol yang terlalu besar yaitu 0-7 setelah dibantai Spanyol. Tetapi mereka akan mengesampingkan hal ini. Bagi Kosta Rika yang penting mereka menang dulu agar bisa berbicara lebih jauh walaupun jika mereka menang maka batu sandungannya adalah Jerman dengan catatan Jerman seri atau menang dari Spanyol. Tetapi jika Jerman kalah maka peluang Kosta Rika cukup besar jika menang dari Jepang. Bukan hal mudah tetapi tetap masih memiliki peluang.

Adu taktik pelatih Jepang,Hajime Moriyasu dengan pelatih Kosta Rika Luis Fernando Suarez akan tersaji pada pertandingan nanti.Kepiawaian mereka berdua akan diuji pada pertandingan itu. Siapa yang siap dengan pasukannya maka akan mendapatkan kemenangan yang akan menjaga peluang. tetapi yang tidak siap dan salah menerapkan taktik yang bisa menjadi sasaran empuk lawan maka akan pulang dengan kepala tertunduk.

Menilik hasil pertemuan kedua tim ini tampaknya memang jepang lebih diunggulkan karena dari empat kali bertanding ternyata dari catatan yang ada justeru Jepang menang 3 kali dan 1 kali imbang sementara Kosta Rika belum pernah menang dari Negeri Sakura ini. Jika demikian adanya maka jelas Jepang lebih berpeluang memenangkan pertandingan dan sore nanti bisa dipastikan Jepang bisa lolos ke babak selanjutnya.

11/09/2018 – Persahabatan – Jepang vs Kosta Rika : 3-0

02/06/2014 – Persahabatan – Kosta Rika vs Jepang : 1-3

17/04/2002 – Persahabatan – Jepang vs Kosta Rika : 1-1

06/08/1995 – Persahabatan – Jepang vs Kosta Rika : 3-0

(www.pojoksatu.id/2002/11/26)

Maka para penikmat sepak bola dunia yang suka menonton di layar kaca, di akhir pekan ini akan disuguhkan dengan pertandingan yang akan memperlihatkan jual beli serangan, permainan akan terbuka dan takkan melewatkan peluang yang ada. Jika Kosta Rika akan sedikit bermain hati-hati untuk tetap menjaga peluang tetapi Jepang bersar kemungkinan dengan kepercayaan diri yang tinggi akan berbuat banyak pada pertandingan ini. Akantetapi jika Jepang overconfidence dan menganggap remeh Kosta Rika maka bukan mustahil lagkah Jepang akan semakin berat.

Jepang adalah tumpuan benua Asia yang diharapkan bisa berbuat lebih banyak di Piala Dunia ini, sementara satu negara yang notabene menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 sudah tersingkir yaitu Qatar. Memang masih ada Iran, Arab Saudi dan Korea Selatan tetapi yang lebih dulu akan menentukan nasibnya adalah timnas Jepang. Akankah Jepang akan menjadi tim yang pertama lolos dari grup E Kita tunggu saja dan kita lihat saja siaran langsungnya di televisi.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image