Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image AL Debaran

Food Estate Program Tepat Cegah Krisis Pangan dan Tingkatkan Ekonomi Indonesia

Info Terkini | Wednesday, 23 Nov 2022, 20:26 WIB

Berbagai negara sudah mengalami krisis pangan. Ini masalah perut bukan jika krisis pangan terjadi di Indonesia. Melalui program food estate dinilai tepat dalam mengatasi masalah krisis pangan kedepan.

Ya tepat sekali karena itu ini sangat membantu perekonomian bangsa. Kita harus belajar dari negara lain ketika mengalami krisis pangan. So, pantas kita dukung pemerintah program food estate ini.

Dalam implementasi food estate. Dipastikan pemerintah kita tidak asal asalan dalam menjalankan program nasional ini.

Penulis yakin dengan langkah pemerintah kita membuat program food estate. Semua terencana dan dibahas berbagai macam persoalan. Termasuk kelestarian alam lingkungan.

Ini perlu dicermati, jangan berburuk sangka. Ini untuk masa depan Indonesia. Program food estate yang dikerjakan pemerintah dinilai menjadi solusi bagi Indonesia untuk menghadapi ancaman krisis pangan. Krisis tersebut sudah menjadi ancaman serius di beberapa negara.

“(Food estate) untuk meningkatkan cadangan pangan nasional sekaligus kami yakini ini adalah solusi untuk mempersiapkan ketika situasi dunia memburuk,” kata Ketua DPP Serikat Tani Nelayan (STN) Muhammad Riza dalam keterangan tertulis, Jumat, 18 November 2022.

Menurut dia, saat ini Indonesia membutuhkan peningkatan produktivitas pangan.

Dengan program food estate yang telah dimulai di beberapa daerah, seperti Sumatra Utara, Kalimantan Tengah, Sumatra Selatan, dan Nusa Tenggara Timur, dapat dipastikan bakal memberikan dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi.

Dengan peningkatan produktivitas pangan, lanjut dia, akan membuka peluang ekspor produk pangan Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pangan di pasar dunia.

Dia meyakini program food estate bakal membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Indonesia.

Dia menyayangkan lembaga atau organisasi yang fokus pada isu lingkungan mengkritik kebijakan pemerintah dalam sudut pandang yang sempit dan menganggap food estate merupakan penggundulan hutan atau deforestasi.

Sebab, jika dilihat lebih dalam, program ini untuk menjawab tantangan gangguan suplai bahan pangan, penurunan permintaan produk pertanian, ancaman krisis pangan, serta pembatasan dalam lapangan produksi yang dihadapi masyarakat, bangsa, negara, dan pemerintah.

“Salah satu keberhasilan program food estate di Kabupaten Kapuas dan di Kabupaten Pulang Pisau saja mampu meningkatkan produktifivas pertanian padi tahun 2020 dari 76.530 ton GKG menjadi 114.658 ton GKG, ini menjadi salah satu keberhasilan program tersebut,” ujar dia.

Sumber : Medcom.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image