Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sutanto

Aksi Menanam Pohon Tim Adiwiyata MTsN 3 Bantul di Srikemenut

Info Terkini | Wednesday, 23 Nov 2022, 00:01 WIB
Penyerahan pohon dari MTsN 3 Bantul diwakili Sutanto kepada Dukuh Kedungmiri, Sugiyanto selaku wakil masyarakat, Selasa (22/11/2022)

Dalam rangka memperingati World Tree Day (Hari Pohon Sedunia) 21 November dan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 28 November Tim MTsN 3 Bantul yang terdiri Koordinator Adiwiyata, Drs. Sutanto, Wakamad Urusan Kesiswaan, Dwi Arif Stiyopranomo, S.Pd, Wakamad Urusan Humas Setiyono, S.Ag, Staf Kurikulum, Aswantri Bekti,S.Pd, dan Pengurus OSIS melakukan aksi menanam pohon di Destinasi Wisata Sriharjo Kemiri Wunut (SRIKEMINUT) Kalurahan Sriharjo Imogiri Bantul, Selasa (22/11/2022) didampingi langsung, Dukuh Kedungmiri Sriharjo, Sugiyanto.

Menurut Sutanto kegiatan tersebut sebagai wujud aksi nyata MTsN 3 Bantul sebagai sekolah Adiwiyata dalam upaya turut serta mengadakan even terkait lingkungan. Hal itu sejalan dengan penetapan tanggal 21 November sebagai Hari Pohon Sedunia dan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2008, tanggal 28 November yang menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia dengan maksud untuk memberikan kesadaran dan kepedulian kepada masyarakat tentang pentingnya pemulihan kerusakan sumber daya hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

“Untuk aksi menanam pohon kali ini sengaja kita memilih lokasi di Desa Wisata Srikeminut, dengan pertimbangan tempat ini sangat potensial dan prospeknya sangat bagus didukung dengan potensi alam yang luarbiasa. Sedangkan pohon yang kita pilih adalah Bougenvile karena memiliki banyak manfaat untuk mengobati resistensi insulin, menjaga keseimbangan kolesterol, mengobati batuk, mengatasi masalah pencernaan, membunuh bakteri, sumber antioksidan alami,” tandasnya.

Dukuh Kedungmiri yang akrab disapa Pak Yanto menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan 20 pohon Bougenvile di wilayahnya, karena sudah lama warga ingin memperoleh tanaman itu namun belum kesampaian.

“Atas nama warga masyarakat kami mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan pohon dan sudah sekalian ditanamkan di sekitar pintu masuk Srikeminut maupun di lokasi sekitar warung kuliner. Aku hanya bisa berdoa semoga MTsN 3 Bantul semakin maju dan berkembang, anak-anaknya nanti dapat menjadi pemuka masyarakat. Kami berupaya merawat tanaman ini agar tumbuh dan berkembang dengan baik,” imbuh Sugiyanto.

Rangkaian kegiatan diawali dengan penyerahan pohon secara simbolis dari madrasah diwakili Sutanto dan diterima Sugiyanto. Selanjutnya secara bersama-sama menanam pohon di sekitar pintu gerbang masuk Desa Wisata tersebut dan separuhnya di lokasi sekitar tempat kuliner. Usai aksi menanam pohon tim dari Madrasah Hijau melakukan sesi foto dengan latar belakang terasiring persawahan bertuliskan Sriharjo.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image