Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sutanto

Siswa MTsN 3 Bantul Antusias Berlatih Recorder

Eduaksi | Saturday, 11 Feb 2023, 17:17 WIB
Sutanto saat membimbing berlatih recorder, Selasa (7/2/2023)

Suasana kelas 7D lain dari biasanya, para siswa MTsN 3 Bantul tersebut penuh konsentrasi mengikuti arahan guru Seni Budaya, Sutanto berlatih instrument tiup yang dikenal luas dengan nama Recorder Sopran. Terdengar suaranya lembut, namun terkadang melingking jika tiupannya tidak tepat.

Meski awalnya ada beberapa siswa yang kesulitan menutup rapat lubang recorder dan meniup dengan tepat, dengan ketelatenan dibawah bimbingan Sutanto serta antusiasmenya, akhirnya mereka dapat memainkannnya dengan baik.

Guru Seni Budaya tersebut menjelaskan, pembelajaran diawali dengan mengenalkan bagian-bagian recorder, posisi tangan, system penjarian dan memainkan melodi lagu Bunga Nusa Indah. Recorder terbagi ke dalam 3 bagian, yaitu bagian kepala (head), bagian badan (body), dan bagian kaki (foot). Di bagian kepala terdapat mouthpiece (tempat kita meniup) dan lubang suara. Sementara itu, di bagian badan (body) terdapat lubang 1 s/d lubang 6 dan lubang oktaf / lubang 0 (ada di belakang recorder)

Menurut Sutanto usai mengajar, Selasa (7/2/2023), ada beberapa Teknik yang perlu dipahami dalam memainkan alat music tiup ini: 1. Letakkan sumber tiupan (mouthpiece) di antara dua bibir, jangan terlalu keluar, jangan terlalu masuk ataupun digigit. 2. Tangan kiri memegang bagian badan atas recorder dengan setiap jari menutup lubang-lubang tertentu. 3. Tangan kanan memegang bagian bawah badan recorder dengan tugas setiap jari menutup lubang-lubang nada tertentu

4. Posisi recorder diarahkan ke depan dengan sudut 30 – 45 derajat 5. Posisi/sikap badan tegak menghadap ke depan 6. Dada membusung dan kedua belah siku terangkat sehingga tidak menyentuh badan 7. Pernafasan yang digunakan dalam meniup adalah pernafasan diafragma 8. Tiupan recorder seakan-akan ucapan TU, bukan HU atau FU.

Sedangkan teknik jari saat meniup adalah: 1. Teknik penjarian yang betul adalah menekan lubang udara oleh jari pada bagian tengah dari ruas yang ujung, tepat pada bagian yang lembut, sehingga lubang udara akan tertutup dengan sempurna 2. Bila ujung jari menekan dengan keras, hasilnya tidak akan sempurna, sehingga tidak akan menghasilkan bunyi yang baik 3. Jari lain yang tidak dipergunakan untuk menekan, tidak boleh jauh dari posisi jari yang sedang menekan 4. Usahakan agar keadaan jari sewajar mungkin, tidak terlalu tegang, karena keterampilan jari sangat menentukan dalam bermain recorder.

“Untuk lagu yang kita pilih adalah Bunga Nusa Indah, dengan pertimbangan ambitus/jangkauan wlayah nadanya tidak terlampau jauh sehingga jika itu dipraktikkan kepada anak tidak sulit. Kunci memainkan recorder adalah penjarian yang benar dan tiupan yang pas,” imbuhnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image