Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Joko Susanto

Rahasia di Balik Pertanyaan Nabi

Agama | Tuesday, 22 Nov 2022, 19:18 WIB

Islam sangat menjunjung tinggi ilmu pengetahuan, menghargai kecerdasan akal, dan menyuruh umatnya untuk senantiasa menuntut ilmu. Nabi Muhammad SAW adalah seorang yang sangat cerdas. Banyak kisah menarik dari beliau yang dapat kita renungkan. Misalnya, ketika menjelang Perang Badar, ada dua orang suruhan alias mata-mata pasukan kaum musyrikin Quraisy yang tertangkap oleh pasukan muslimin. Para sahabat nabi menginterogasi dua orang itu untuk mengorek informasi tentang berapa jumlah pasukan mereka. Tetapi, tawanan itu tetap tidak mau mengaku. Dua orang itu tutup mulut. Mereka rupanya masih berusaha menjadi tentara yang setia.

Nabi Muhammad SAW kemudian bertanya kepada mereka, "Berapa jumlah onta yang disembelih pasukanmu setiap hari?"

Mereka menjawab, "Kadang sembilan, kadang sepuluh."

Rasulullah kemudian berkata, "Jumlah mereka berarti sekitar 900 sampai 1.000 orang."

Ternyata perkiraan Nabi SAW tepat, jumlah mereka sekitar 950 orang. Secara umum, daging satu ekor unta dapat dimakan oleh 100 orang. Masya Allah. (Ibnu Katsir, as-Sirah Nabawiyah II/397).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image