Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Endar Julian

4 Cara Promosi Bisnis Online di Instagram, Kunci Sukses Pebisnis Online!

Bisnis | Friday, 10 Dec 2021, 22:02 WIB
Sumber gambar: pexels.com/cottonbro - Diedit oleh Endar Julian

Dengan jumlah pengguna di Indonesia yang mencapai angka 91.77 juta (data hingga bulan Juli 2021). Bukan rahasia lagi bahwa Instagram menjadi tempat yang powerful untuk mempromosikan produk bisnis. Instagram dapat menjadi media yang membantu bisnis anda menjangkau lebih banyak calon customer dengan budget yang relatif murah.

Khusus untuk anda yang ingin mempromosikan bisnis online dan produk anda di Instagram. Pada artikel kali ini, saya telah merangkum beberapa cara promosi bisnis online di instagram yang dapat anda coba.

Langsung saja, berikut ulasan selengkapnya yang telah saya susun.

Panduan Cara Promosi Bisnis Online di Instagram

Melansir salah satu posting dari halaman metanteibayoo tentang cara memulai bisnis online di Instagram. Disebutkan bahwa terdapat cara yang dapat anda gunakan jika ingin mulai berbisnis melalui media sosial yang pertama kali rilis di tahun 2012 ini. Adapun beberapa cara tersebut meliputi:

1. Melakukan Posting Secara Konsisten

Konsisten dalam melakukan update konten (posting) adalah salah satu kunci keberhasilan membangun bisnis online melalui instagram. Dengan semakin populernya instagram sebagai akun bisnis, maka jumlah akun kompetitor dari bisnis anda akan semakin banyak.

Jika anda hanya melakukan posting sesekali, maka besar kemungkinan bahwa akun bisnis anda tidak akan dapat bersaing. Postingan jualan anda pun akan sulit untuk bersaing di Instagram.

2. Optimasi Postingan Instagram Anda

Optimasi postingan menjadi hal selanjutnya yang sebaiknya anda lakukan jika ingin mempromosikan bisnis anda di Instagram. Dalam hal ini, salah satu cara paling sederhana untuk dilakukan adalah dengan menggunakan hastag yang relevan dengan topik anda.

Beberapa situs digital marketing menyarankan agar memilih hastag yang persaingan rendah, sehingga postingan akan cepat mendapatkan posisi top content. Ketika membuat desain postingan, gunakan juga gambar yang dapat menarik perhatian pembaca anda.

Jangan lupa juga untuk memancing interaksi pada konten yang anda terbitkan. Misalnya dengan meminta pendapat pembaca, jawaban dan lainnya.

3. Follow Akun Verified (Centang Biru)

Bagian yang satu ini adalah salah satu trik yang terbilang old school. Jika anda baru membuat akun instagram untuk bisnis anda dan ingin menaikkan jumlah follower dengan cara praktis dan gratis, anda dapat melakukannya dengan mem-follow beberapa akun verified.

Akun verified yang dimaksud di sini adalah akun yang mendapatkan centang biru dari instagram, biasanya akun tersebut adalah akun artis atau selebgram.

Dengan memfollow akun verified, maka anda akan mendapatkan beberapa follower, selang waktu setelah anda memfollow akun tersebut.

Peningkatan jumlah follower di sini memanglah tidak banyak. Namun trik ini cukup berguna. Sebelum melakukan trik ini, sebaiknya anda telah menerbitkan beberapa postingan di akun instagram bisnis anda terlebih dahulu.

4. Membangun Komunikasi yang Baik

Untuk membangun reputasi bisnis yang baik, komunikasi adalah hal yang sangat diperlukan. Dalam hal ini, anda harus membangun komunikasi yang baik dengan para audiens yang berinteraksi dengan postingan anda. Misalnya, jika terdapat komentar atau pertanyaan seputar produk yang anda posting, maka berikan mereka informasi yang dibutuhkan.

Selain itu, sebaiknya anda tidak hanya memposting konten bersifat jualan, dikarenakan akan menimbulkan kejenuhan untuk follower anda. Buatlah postingan yang informatif, namun masih terkait dengan produk anda.

Misalnya, anda menjual produk kosmetik. Maka anda dapat mempertimbangkan untuk membuat postingan informatif seputar kosmetik, seperti produk kosmetik milik artis, fakta tentang kosmetik di masa lalu dan lainnya.

Selain mempelajari mengenai strategi marketing online, termasuk promosi melalui Instagram. Untuk anda yang menjalankan bisnis, ada baiknya jika anda juga mulai mempelajari beberapa istilah dan prosedur penting dalam dunia bisnis, seperti HAKI, estatus HKI, BPOM dan lainnya.

Hal ini nantinya akan anda sangat butuhkan, terutama jika anda ingin memproduksi produk bisnis anda sendiri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image