Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Rutan Temanggung

Di Rutan Temanggung Terdapat Satu Ruang Mapenaling, Apa itu Mapenaling?

Eduaksi | Monday, 21 Nov 2022, 11:29 WIB

Temanggung - Setiap Warga Binaan yang baru memasuki Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas II B Temanggung wajib mengikuti kegiatan mapenaling. Mapenaling Merupakan program awal dalam melakukan penelitian terhadap latar belakang yang berkaitan dengan tahanan, melakukan pengamatan terhadap sikap dan prilaku tahanan, memberikan pengenalan lingkungan terkait sarana dan prasarana yang ada dalam lingkup Rutan Temanggung serta memberikan arahan mengenai Hak dan Kewajiban mereka selama menjalani masa pidana.

Di Rutan Temanggung sendiri terdapat satu ruang mapenaling atau Ruang untuk masa pengenalan lingkungan. Sebelum masuk kedalam lingkungan blok hunian, tahanan baru akan ditempatkan di ruangan ini selama 14 hari terhitung dari hari pertama masuk kedalam Rutan Temanggung.

Menurut kepala Rutan Temanggung, masa pengenalan lingkungan adalah awal dari pembinaan. Serta memberitahu kepada tahanan baru tentang hak yang akan diperoleh juga kewajiban yang harus dilakukan.

“Masa Pengenalan lingkungan wajib dilaksanakan terhadap seluruh tahanan baru, karena ini merupakan awal untuk pembinaan. Kita bisa mengetahui latar belakang dan juga melakukan pengamatan terhadap sikap dan perilaku.” Ujar Syaikoni (Humas Rutan Temanggung)

#Kemenkumham Jateng

#Ayuspahruddin

#Rutan Temanggung

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image