Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Modul Nusantara14

Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember kota Surabaya

Sejarah | Friday, 18 Nov 2022, 21:05 WIB

Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika di Surabaya adalah Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh November. Tempat bersejarah yang mengulas tentang peristiwa paling penting di Kota Surabaya ini merupakan wisata edukasi yang berada di tengah kota dan dijadikan ikon Kota Surabaya.

• Sejarah Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember kota Surabaya

Sejarah Tugu Pahlawan dimulai pada tanggal 10 November 1951 ketika didirikan nya dan diresmikan pada tanggal 10 November 1952 oleh Presiden RI, Ir. Soekarno. Didirikan nya Tugu Pahlawan ini dengan tujuan untuk mengenang sejarah perjuangan para pahlawan kemerdekaan bangsa Indonesia dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Museum Sepuluh November mulai dibangun pada tanggal 10 November 1991 yang bertujuan untuk mendukung keberadaan Tugu Pahlawan dengan melengkapi fasilitas sejarah seperti tulisan, gambar, maupun ilustrasi dari perjuangan para pahlawan. Museum Sepuluh November diresmikan pada tanggal 19 Februari 2000 oleh Presiden RI, KH. Abdul Rachman Wahid.

• Fasilitas - fasilitas yang tersedia tersedia dalam Museum Sepuluh Nopember kota Surabaya

Fasilitas yang tersedia di dalam Museum Sepuluh November antara lain:

-Ruang Diorama Elektronik

-Ruang Auditorium

-Ruang Perpustakaan

-Ruang Diorama

-Ruang Kidzone dan Laktasi

-Musholla

-Parkir Area

-Public Space (Lapangan)

-AC

Di Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh November, kita sebagai generasi penerus bangsa dapat belajar banyak hal mengenai sejarah dan menyaksikan berbagai koleksi atau dokumentasi maupun ilustrasi tentang perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

• Harga Tiket dan Jam Buka Museum Sepuluh Nopember

Museum Sepuluh Nopember dikelola oleh UPTD Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember di bawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya.

Bagi pengunjung dikenakan tiket masuk Museum Sepuluh Nopember dengan harga Rp 5.000 per orang. Saat ini masih terdapat promo tiket gratis khusus pelajar dan mahasiswa yang membawa Kartu Pelajar atau Kartu Tanda Mahasiswa.

Museum ini buka setiap hari Senin - Jumat mulai pukul 08.00–16.00 WIB, serta hari Sabtu dan Minggu pukul 07.00–15.00 WIB. Namun jam operasional bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image