Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Terry Arya Viratama

SMPIT Thariq bin Ziyad Mengadakan Market Day

Info Terkini | Friday, 18 Nov 2022, 07:18 WIB
Doc. SMPIT Thariq bin Ziyad

Bekasi, SMPIT Thariq bin Ziyad mengadakan acara rutin tahunan “Market Day” sebagai ajang melatih jiwa kemandirian siswa bertajuk “Mandiri Kita Bisa”.

Disamping goal formatif dari agenda Market Day yang merupakan penilaian prosedural mapel IPS, agenda tersebut juga merupakan buah dari pembelajaran siswa di kelas lintas mata pelajaran yang merepresentasikan kemampuan pemahaman mereka dalam berbagai aspek kehidupan yang mereka dapatkan di kelas.

Kemampuan siswa dalam manajerial, produksi, akuntansi, sampai tekhnik marketing mereka secara tidak langsung mendapat porsi terbesar untuk diasah dalam agenda “Market Day” ini. Dewan guru pembimbing dan orang tua murid pun ikut andil dalam mensupport jalannya agenda ini.

“Kita memang berkomitmen mengaplikasikan nilai pancasila dalam kurikulum merdeka dengan pembiasaan dan pelatihan kemandirian sejak dini dalam beberapa agenda sekolah, salah satunya ya market day ini” ujar Pak Tama, salah seorang guru pembimbing.

Doc. SMPIT Thariq bin Ziyad

Setiap anak memiliki peran masing masing, ada yang menyiapkan bahan jualan, ada yang menyiapkan design dan dekorasi stand, ada yang bertugas sebagai akuntan dan bagian keuangan, ada pula yang bertugas sebagai bagian keamanan yang mengawasi jalannya proses jual beli di lapangan.

Pada akhirnya, kegiatan Market Day ini juga melatih jiwa solidaritas mereka. Sebanyak 50% dari keuntungan bersih yang mereka dapat di Market Day ini, akan di donasikan untuk kelancaran acara TJO (Thariq Junior Olimpiyad) yang merupakan ajang perlombaan antar SD di kota dan kabupaten Bekasi yang bertempat di SMPIT Thariq bin Ziyad nantinya.

“Kami berharap, dengan banyaknya energi positif yang di hasilkan dalam agenda ini, akan membawa banyak keberkahan bagi seluruh warga sekolah, baik guru, siswa, karyawan, wali murid, maupun calon siswa yang akan masuk sebagai anggota keluarga baru di SMPIT Thariq bin Ziyad nantinya” sambung Bu Vira.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image