Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

ITS PKU kirim Pengajar Basic Cyber Security untuk Sektor Kesehatan di Kominfo

Eduaksi | Thursday, 10 Nov 2022, 15:32 WIB
Foto by Joko

ITS PKU Muhammadiyah Surakarta ditunjuk untuk mengirimkan pengajar pada peatihan Pelatihan Basic Cyber Security untuk Sektor Kesehatan, pada kesempatan ini ITS PKU Muhammadiyah Surakarta mengirimkan Joko Triyanto,S.Kom.,M.Kom. yang merupakan salah satu Dosen Prodi S1 Informatika.

Pelatihan Basic Cyber Security Untuk Sektor Kesehatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika mulai tanggal 30 Mei-3 Juni 2022 bertempat di Hotel Grand Dian Slawi Kab. Tegal dan Universitas Bhamada Slawi Kab. Tegal. Pelatihan yang diikuti oleh 44 orang, ini merupakan bagian dari program Digitalent yang bertujuan untuk memberikan keterampilan dasar di bidang informasi dan teknologi kepada masyarakat umum, selain itu agar masyarakat memahami berbagai solusi perlindungan keamanan dan keselamatan berbasis Teknologi Informasi di dunia kesehatan,

Pada Pelatihan ini peserta akan diharapkan mampu memahami berbagai konsep keamanan data, sistem Informasi dan Teknologi yang terkait dengan dunia Kesehatan selain itu diharapkan bisa mengaplikasikan konsep komputasi awan untuk mengamankan data dan Informasi.

Foto by Joko

Dalam pelatihan ini peserta pelatihan diajarkan mengenai konsep dasar keamanan digital yang terdiri dari confidentiality, availability, dan integrity. Peserta diberi pemahaman mengenai apa itu data pribadi, pentingnya menjaga keamanan data, langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan data, mulai dari pemilihan password yang rumit, penggunaan password manager, melakukan enkripsi data, mencegah infeksi malware, serta pentingnya melakukan backup data agar data yang tersimpan bisa tetap diakses jika seandinya ada kejadian yang tidak diinginkan.

''Harapannya kegitan pelatihan ini diharapkan peserta dapat merancang solusi komputasi awan berdasar best practices di dunia Kesehatan.'' ungkap Joko selaku pembicara pada kegiatan ini, semoga kerjasama ini bisa berlanjut di bidang lain. (Humas/Nm)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image