Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

Sebelum Makan dan Minum, Perhatikan 4 Hal Ini!

Agama | Thursday, 10 Nov 2022, 10:20 WIB

Islam adalah agama rahmat bagi seluruh alam. Di dalamnya diberikan petunjuk dan arahan dalam segala aspek kehidupan untuk kebaikan umat islam. Termasuk di dalamnya mengatur bagaimana sebaiknya seorang muslim menyantap makanan dan minuman agar baik untuk jiwa dan raga manusia itu sendiri.

sumber gambar: freepik.com

Konsep makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi oleh umat islam cukup sederhana dan sangat mudah. Apa saja yang harus diperhatikan oleh umat muslim dalam mengonsumsi minuman dan makanan?

1. Jangan berlebihan

Disebutkan dalam Al-Quran, Allah berfirman, artinya:

"Makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan." (QS. Al-A’raf: 31)

2. Sesuatu yang halal dan baik

Disebutkan dalam Al-Quran, Allah berfirman, artinya:

"Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu." (QS. Al-Baqarah: 168)

3. Jangan memakan sesuatu yang buruk

Disebutkan dalam Al-Quran, Allah berfirman, artinya:

" dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk.." (QS. Al-A’raf: 157)

4. Diharamkan memakan bangkai, darah, daging babi dan daging hewan yang tanpa menyebut nama Allah SWT

FirmanNya dalam Al-Quran, artinya: "Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala." (QS. Al-Ma’idah: 3)

Jadi, selama makanan minuman itu tidak berlebihan, dari sesutu yang halal dan baik, dan bukan dari sesuatu yang buruk apalagi diharamkan, maka dipersilahkan untuk mengonsumsinya.

Jadi sederhana, hanya perlu memperhatikan beberapa hal di atas tadi. Karena sejatinya, makanan dan minuman yang kita konsumsi bukan hanya untuk energi kita, tapi juga akan berpengaruh terhadap diri kita. Adapun dengan energi itulah diharapkan mampu menunjang agar kita bisa beraktivitas dan beribadah secara maksimal. Sehingga hidup jauh lebih berkah, sehat, dan selamat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image