Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas unismuh

Anggota BRIN Bawakan Kuliah Umum di Unismuh Makassar Soal Revolusi Teknologi

Info Terkini | Thursday, 10 Nov 2022, 09:49 WIB

REPUBLIKA, MAKASSAR — Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Kuliah Umum tentang Revolusi dan Perkembangan Bidang Teknologi di Balai Sidang Unismuh. Rabu, 9 November 2022.

Hadir sebagai pembicara, Anggota Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof Marsudi Wahyu Kisworo.

Ia menyampaikan bahwa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) di berbagai bidang semakin berkembang dari tahun ke tahun.

“Sebelum pandemi ini dimulai kita semua tidak akan pernah membayangkan untuk belajar menggunakan Zoom,” ungkapnya.

Prof Marsudi melanjutkan, ke depannya, bahkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) juga akan semakin berkembang.

Kemungkinan besar AI akan memiliki kecerdasan yang sama seperti manusia sehingga keberadaan manusia akan terganti.

“Sekarang ini dapat dikatakan bahwa manusia telah hampir dikuasai oleh teknologi. Buktinya saja kita tidak bisa melepaskan gadget kurang dari 3 meter berjalan kaki,” ucapnya.

Meski begitu, Doktor dari Curtin University of Technology Australia ini menjelaskan bahwa teknologi masih merupakan sebuah mesin yang memiliki tombol off dan bisa diberhentikan kapan saja.

Perguruan tinggi, tegasnya, harus beradaptasi dengan perubahan perubahan di bidang pendidikan yang dipengaruhi oleh teknologi.

“Kita perlu mengubah cara mengajar untuk mengikuti revolusi dari teknologi. Untuk menjadi kampus yang ideal di masa depan, kita perlu melakukan empat revolusi yaitu revolusi struktural, revolusi akreditasi, revolusi cara mengajar, dan revolusi belajar,” tandasnya.

Sebagai penyokong, Prof Marsudi membeberkan 5 tipe generasi yang perlu diakomodir dengan baik oleh kampus saat melakukan adaptasi dengan teknologi.

Generasi 1 yaitu mahasiswa generasi yang pembelajarannya terbatas; generasi 2 yaitu belajar di mana saja tetapi akses terbatas; generasi 3 belajar di mana saja dan kapan saja; generasi 4 belajar kapan pun tanpa terbatas waktu; generasi 5 proses belajar mahasiswa merdeka.

“Dengan perkembangan IPTEK, mahasiswa dapat belajar di mana saja dan kapan saja tanpa terbatas waktu. Generasi kelima benar benar membuat mahasiswa mengalami proses belajar merdeka,” tukasnya.

Diketahui Kuliah Umum ini merupakan rangkaian kegiatan Peluncuran Fakultas Hukum Unismuh Makassar.

(Humas Unismuh)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image