Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rangga Sahputra

Top ! Buka Indo Defence 2022, Prabowo Sampaikan Pesan Perdamaian Untuk Dunia

Info Terkini | Thursday, 03 Nov 2022, 20:28 WIB

Kondisi global yang kian tidak menentu, mengharuskan negara untuk bersiap siaga dalam memperkuat pertahanan. Konflik antara Rusia vs Ukraina yang tak kunjung usai, justru memberikan dampak luas secara global.

Pelajaran berharga dari konflik tersebut, suatu negara bisa saja terjadi perang secara langsung di saat ini. Parahnya, ketegangan keamanan tersebut berimbas secara global di sektor ekonomi maupun sosial.

Untuk itu, sangat tepat langkah Menhan Prabowo menyampaikan pesan perdamaian untuk dunia. Apalagi, di tengah Indo Defence 2022 Expo and Forum tidak hanya berbicara tentang pertahanan tapi juga perdamaian.

Maka sangat tepat berbicara di ajang pameran alutsista dan diskusi dengan para petinggi negara dalam pertahanan. Tentu, upaya menjaga perdamaian dunia adalah bagian dari amanat Undang-undang yang harus dijalankan.

Selama ini, para pemimpin bangsa sudah hadir menjadi juru damai bagi negara yang sedang berkonflik. Misalnya, Jokowi hadir di Ukraina untuk mencoba mencari titik temu perdamaian diantara kedua negara.

Disamping itu, TNI juga dikirim untuk misi perdamaian di sejumlah negara yang selalu mendapatkan sambutan hangat. Bahkan, di PBB perwakilan Indonesia juga duduk sebagai Dewan Keamanan PBB yang selalu memperjuangkan perdamaian.

Berbagai upaya diplomasi dilakukan bangsa Indonesia dalam rangka memperjuangkan perdamaian dan menolak penjajahan.

Jadi, jurus Prabowo sangat hebat untuk mengajak mencari solusi perdamaian di ajang perhelatan yang dihadiri 60 negara. Harapannya, Indonesia semakin kuat dalam bingkai NKRI untuk terus menyuarakan perdamaian untuk dunia.

Sebagaimana diketahui, Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto memimpin acara Gala Dinner sekeligus membuka secara resmi Indodefence 2022 Expo and Forum. Acara ini dihadiri para petinggi pertahanan, delegasi, dan para partisipan Indodefence 2022.

Menhan Prabowo dalam sambutannya menekankan makna dari tema “Peace, Prosperity, Strong Defence” yang diangkat pada Indodefence 2022.

“Saya meyakini setiap negara berusaha meraih perdamaian dan kemakmuran bagi rakyatnya. Itulah tugas suatu bangsa untuk mewujudkan perdamaian dan kemakmuran bagi rakyatnya,” kata Menhan Prabowo di Senayan, Jakarta.

“Untuk meraih ini setiap negara harus mampu melindungi dirinya sendiri, untuk mempertahankan kedaulatannya, mempertahankan kemerdekaannya,” lanjutnya.

Menhan Prabowo pun berharap pihak yang berpartisipasi dalam Indodefence 2022 ini dapat meraih saling pengertian dan kerja sama. Prabowo mengajak mereka untuk saling bertukar pikiran untuk menjaga perdamaian dunia.

“Di tengah berbagai tantangan dunia saat ini kita harus mencari dan memelihara perdamaian dan pengertian bersama,” ujarnya.

Selain dihadiri oleh menteri pertahanan negara lainnya, negara partisipan, dan peserta pameran, turut hadir pada malam itu Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Dudung Abdurrahman, Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Kepala Bakamla Aan Kurnia, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara Hinsa Siburian, dan Kepala BNPT Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar.

Sumber : Kemhan.go.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image