Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Anggraeni Kusuma

Kemuliaan Menyantuni Anak Yatim di bulan Muharram

Edukasi | Thursday, 03 Nov 2022, 18:48 WIB

Benarkah amalan terbaik di bulan muharram itu menyantuni anak yatim??? Jawabannya iya, di Bulan muharram ini adalah bulan yang baik dimana di bulan ini apabila kita berbuat amalan atau perbuatan yang baik maka akan Allah melipat gandakan pahala. Terutama dalam hal memuliakan anak yatim atau menyantuni anak yatim ada hadist yang di dalamnya menyatakan tentang bagaimana kita sebagai umat muslim pada bulan muharram harus berbuat baik kepada anak yatim, "Maka sesungguhnya darah, harta, dan kehormatan kalian semua haram (mulia) atas kalian seperti mulianya hari ini, di negeri ini, dan di bulan ini. Dan sesungguhnya kalian akan menghadap Tuhanmu sekalian dan Dia akan bertanya kepada kalian tentang amal perbuatkan kalian," (HR Bukhari dan Muslim). “Barangsiapa berpuasa pada hari Asyura (tanggal 10), niscaya Allah akan memberikan 10.000 pahala syuhada’. Dan barangsiapa mengusap kepala anak yatim pada hari asyura, niscaya Allah akan mengangkat drajatnya pada setiap rambut yang diusapnya.”. Maka dari itu di anjurkan kita semua umat islam berbuat baik pada bulan ini.

Pada saat ini kader IMM BLUEN SAVANT Universitas Muhammadiyah Surabaya mengadakan RTL untuk kader” baru setelah menjalani DAD atau Darul Arqom Dasar yang di selenggarakan di SMK 1 Bungah Gresik pada bulan Mei tahun 2022 dan saat ini kader imm yang menjadi kader” baru. Hal ini di lakukan untuk menumbuhkan pemikiran pemikiran kritis terhadap masalah yang di hadapi oleh masyarakat selain itu kita juga di ajarkan bagaimana menumbuhkan rasa empati yang harus di miliki oleh kader” imm itu sendiri. Sebagai kader imm tidak hanya harus memiliki pemikiran yang kritis tetapi harus memiliki pemikiran yang terbuka dan relevan juga mengajarkan berbagi atau bantuan sosial agar menjadi kader islam yang sebenar-benarnya. Nah pada kegiatan RTL ini kader” IMM yang di tugaskan untuk mewawancarai salah satu tokoh dalam masyarakat, nah karena kegiatan ini bersangkutan dengan bulan muharram maka target yang dituju pada kali ini adalah pada anak yatim/piatu. Nah target yang kita dapat kali ini ada seorang anak yatim yang berusa 10 tahun dia anak ke dua dari tiga bersaudara dengan satu kakak perempuan dan satu adek laki-laki. Dia di tinggalkan oleh ayahnya sejak tahun 2019 dan kini yang menjadi tulang punggung keluarga adalah ibunya yang sedang bekerja di perkantoran, ia menghidupi ke tiga anaknya dengan mengandalkan pekerjaan tersebut dari mulai makanan pokok, uang untuk kebutuhan rumah tangga, uang saku/jajan dan uang untuk bayar sekolah. Namun terkadang ada masalah yang sulit di hadapi atau masalah yang mungkin sepele tetapi lebih di utamakan pada masalah yang pokok, seperti masalah ketidak layakan peralatan sekolah di mulai dari sepatu, tas, dan alat tulis yang kurang memadai. Sehingga kami dari kader” IMM membantu memberikan kebutuhan atau peralatan untuk sekolah agar si adeknya lebih semangat lagi untuk terus belajar dan sekolah. Sebagai kader yang IMM harus bisa membantu masyarakat dalam menghadapi berbagai masalah yang di hadapi sehingga dapat menciptakan masyarakat yang adil dan sejahterah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image