Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Qonita Izza

Nasi Penyetan Dengan Model Yang Berbeda Dengan Harga Terjangkau

Olahraga | Thursday, 03 Nov 2022, 15:35 WIB

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat apa permasalahan yang di hadapi para pedagang nasi penyetan dengan menggunakan penelitian observasi dan wawancara untuk mengetahui data yang ada. Contoh nya yaitu bapak mustaqim yang berjualan nasi penyetan yang mengalami penurunan pembeli mulai dari 80% - 30% di karenakan sudah banyak yang berjualan nasi penyetan juga jadi banyak saiangan bagi pedagang nasi penyetan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa dagangan nasi penyetan sekarang banyak saingan dan solusi yang di berikan ialah membuat nasi penyetan ini berbeda dengan yang lainnya sehingga membuat para pembeli tertarik.

Latar belakang

Orang Jualan adalah untuk memperoleh keuntungan dari hasil yang ia dapatkan.Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Seiring perkembangan zaman yang terus terjadi dan berjalan dengan pesat, mengakibatkan banyak orang yang berjualan nasi penyetan tersebut, sudah banyak orang yang mengetahui cara-cara atau bahan apa saja yang di perlukan untuk jualan nasi penyetan. Sehingga untuk jualan nasi penyetan ini banyak saingan yang mengakibatkan orang berjualan nasi penyetan terdahulu akan sepi, dan banyak yang akan penasaran ke pedagang yang baru.

Berdasarkan observasi yang di lakukan Tim kami terhadap bapak mustaqim salah satu penjualan nasi penyet di Surabaya, di seberang jembatan masjid Salman al-farisi, jl suterojo,mulyorejo,dukuh suterojo, kota Surabaya jawa timur. Bapak tersebut mengalami penghasilan yang turun di karenakan dagangannya sepi, pembeli dari 80% menjadi 30% . Pelanggan nasi penyetannya berkurang di karenakan banyak yang sudah jualan nasi penyetan atau pesaing.Dan kurangnya Inovasi Atau tidak memiliki ciri khas yang khusus dari dagangan itu tersendiri sehingga pelanggan itu menganggap akan membandingkan penyetan yang ini dengan yang lain,Mana yang lebih enak dan lebih nikmat.Apalagi pada saat masa pandemi Covid-19 yang dulu sempat Lockdown dan PPKM yang membuat para pedagang tidak boleh jualan lagi.

Dengan begitu Bapak mustaqin pun tidak pernah menyerah, setelah masa pandemis selesai dan para pedagang sudah di perbolehkan berjualan kembali,beliau tetap istiqomah jualan nasi penyetan dan mempunyai prinsip bahwa rezeki sudah ada yang mengatur , yang terpenting adalah usaha kita dalam mencapai hal itu. kalau kita tidak mau berusaha maka kita tidak akan dapat apa-apa.

Tidak hanya itu bapak mustaqim juga taat ibadah .ketika beliau mendengar Adzan berkumandang ia segera melaksanakan salat jamaah di masjid Salman Al Farisi dan meninggalkan dagangannya, tanpa khawatir dagangannya dicuri atau diambil orang,beliau tetap menunaikan sholat tepat waktu karena itu adalah perintah dan kewajibannya.

Pak Mustaqim juga memiliki kebiasaan yang sangat mulia yaitu setiap hari memberi sepotong lauknya kepada kucing-kucing jalanan untuk dimakan ,meskipun dagangan beliau tidak laku ia masih sempatnya bersedekah memberi makanan kepada kucing sehingga kucing itu setiap hari datang ke warungnya Bapak mustaqim.Bapak Mustaqim berjualan sendiri tanpa di dampingi anak dan istri,istrinya berada di rumah dan anak-anak beliau sedang menempuh pendidikan di Pondok Tahfidz Qur’an di Jawa Timur.

Solusi yang di tawarkan ialah membuat nasi penyetan ini sedikit berbeda dari pedagang yang lainnya,dan membuat suatu ciri khas yang menjadi icon dari nasi penyetan ini. sehingga pembeli akan tertarik. Mungkin dari solusi yang di tawarkan akan membuat dagangan bapak mustaqim akan rame lagi dan meningkat.

Metode penelitian

Metode penelitian ini menggunakan metode wawancara untuk mengumpulkan data yang ada. Yang bertujuan untuk mengatahui apa permasalahan yang di hadapi dan solusi apa yang cocok untuk bapak tersebut.

Hasil penelitian dan pembahasan

Dari hasil penelitian yang menggunakan metode wawancara yang di peroleh yaitu jualan bapak mustaqim mengalami penurunan dikarenakan sudah banyak orang yang berjualan nasi penyetan, sebelumnya dagangannya sangat rame tetapi sekarang sudah tidak seperti dulu lagi rame pembeli. Kemungkinan jika nasi penyetan di buat unik atau dibuat sedikit berbeda bapak mustaqim akan mengalami peningkatan lagi, pembeli nasi penyetannya akan rame lagi di karenakan pembeli tertarik dengan model nasi penyetannya begitu pula dengan harganya yang sangat terjangkau.

Kesimpulan

Seiring perkembangan zaman yang terus terjadi dan berjalan dengan pesat, mengakibatkan banyak orang yang berjualan nasi penyetan tersebut, sudah banyak orang yang mengetahui cara-cara atau bahan apa saja yang di perlukan untuk jualan nasi penyetan.

Pelanggan nasi penyetannya berkurang di karenakan banyak yang sudah jualan nasi penyetan atau pesaing.Dan kurangnya Inovasi Atau tidak memiliki ciri khas yang khusus dari dagangan itu tersendiri sehingga pelanggan itu menganggap akan membandingkan penyetan yang ini dengan yang lain,Mana yang lebih enak dan lebih nikmat.Apalagi pada saat masa pandemi Covid-19 yang dulu sempat Lockdown dan PPKM yang membuat para pedagang tidak boleh jualan lagi.

Dari hasil penelitian yang menggunakan metode wawancara yang di peroleh yaitu jualan bapak mustaqim mengalami penurunan dikarenakan sudah banyak orang yang berjualan nasi penyetan, sebelumnya dagangannya sangat rame tetapi sekarang sudah tidak seperti dulu lagi rame pembeli atua pengunjung.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image