Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dini Penulis Lepas

Lokasi Wisata Goa Pindul di Jogja

Jalan Jalan | Wednesday, 02 Nov 2022, 10:55 WIB

Memang benar adanya apabila kota Gudeg satu ini begitu menarik perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara. Pasalnya keindahan alam, destinasi wisata dan kebudayaan yang disajikan begitu menarik perhatian, salah satunya yang terkenal adalah lokasi Goa Pindul.

Goa Gunung Pindul

Sebagai warga Jogja, sudah tentu tidak asing lagi dengan wisata alam Goa Pindul. Namun, bagi wisatawan luar kota maupun mancanegara wajib sekali untuk tahu. Bahkan destinasi ini harus menjadi salah satu tujuan ketika berlibur ke sini.

Goa Pindul menyajikan keindahan alam berupa lorong yang terbentuk secara alami serta terdapat aliran sungai yang menakjubkan di sepanjang jalannya. Hingga saat ini, kealamiannya masih terjaga dengan baik.

Untuk menuju ke sana biasanya pengunjung akan dikenai tarif tiket goa pindul supaya memperoleh layanan administrasi. Harganya juga bervariasi tergantung dari wahana apa yang ingin Anda coba, misalnya saja hanya masuk ke kawasannya, rafting maupun cave tubing.

Dimana Letak Goa Pindul?

Bagi Anda yang belum pernah sama sekali mengunjungi Goa Pindul apalagi kota Yogyakarta, maka informasi ini akan sangat membantu. Untuk menuju ke sana perlu mengetahui titik lokasi yang tepat supaya tidak tersesat apalagi jika menggunakan kendaraan pribadi.

Penting sekali untuk mengetahui akses serta lokasinya ini. Apalagi jika Anda berasal dari luar daerah dan tidak terlalu mengerti jalan-jalan di sekitaran Jogja. Letaknya pun terbilang cukup jauh dari pusat kota, yakni sekitar 2 jam perjalanan.

Lokasi Goa Pindul tepatnya adalah di Desa Gelaran 1, Kelurahan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo yang terletak di kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Bisa dibilang cukup pelosok juga, dimana dari pusat kotanya Wonosari sendiri berjarak sekitar 7 km.

Letak Desa Bejiharjo

Uniknya desa yang terletak di Provinsi Yogyakarta ini memang terkenal sebagai kawasan perbuktian Karst. Maka tak heran lagi apabila dipenuhi dengan kenampakan alam seperti Goa Pindul yang telah resmi sebagai destinasi wisata sejak Oktober 2010 lalu.

Ketika memasuki Bejiharjo tersebut yang terletak sekitar 7 km dari arah utara Wonosari Anda, akan menemui sekretariat menuju lokasi Goa Pindul yang terletak di ujung jalan desa. Dimana ketika masuk hanya tinggal mengikuti jalur aspal saja.

1. Batas Wilayah Desa Bejiharjo

Untuk lebih memudahkan akses menuju Desa Bejiharjo, mungkin perlu diketahui pula lokasi tepatnya supaya lebih memudahkan ketika akan berkunjung. Seperti halnya daerah lain, dimana tempat ini juga memiliki batas wilayah.

Dari selatan sendiri berbatasan dengan Desa Bendungan dan Wiladeg, sedangkan dari arah barat adalah Kecamatan Wonosari tempat akses wisata ini apabila dari kota. Untuk sebelah utara adalah kecamatan Nglipar dan area Timur Anda akan menemui Desa Ngawis dan Wiladeg.

2. Kondisi Geografis

Sebab letak desa ini yang dekat dengan pegunungan, maka tak heran apabila suhu udara di sini lumayan dingin. Dimana rata-rata adalah 28 derajar celcius. Meskipun begitu, wilayah ini juga termasuk dataran rendah.

Desa ini juga terkenal karena dikelilingi perbukitan Karst yang terbentuk secara alami. Begitu pula dengan Goa Pindulnya. Maka tak heran lagi apabila keindahan alam yang disuguhkan menarik perhatian banyak orang.

3. Jarak dari Kota

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa Desa Bejiharjo ini letaknya jauh dari pusat kota. Dari Yogyakarta sendiri yang merupakan provinsinya berjarak sekitar 45 kilometer dan bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan.

Sedangkan dari kecamatannya sendiri, yaitu Wonosari adalah 4,5 km sehingga lumayan dekat. Namun tetap bukan jalur kendaraan umum sehingga Anda perlu menyewa jasa ojek untuk ke sana jika tidak membawa motor atau mobil pribadi.

Cara Mencari Lokasi Goa pindul

Untuk mengakses dan mencari lokasi goa pibdul terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan, terutama jika berasal dari luar kota atau daerah dan tidak mengenal jalanan wilayah ini, berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Browsing

Browsing adalah salah satu kegiatan penulusuran via internet yang paling sering dilakukan. Dengan melakukan hal ini, Anda bisa mengetahui informasi apa saja. Tak terkecuali lokasi Goa Pindul ini dapat ditemukan dengan mudah.

Caranya Anda hanya tinggal mengetikkan kata kunci yang dicari, misalnya lokasi Goa Pindul. Maka nanti akan bermunculan banyak artikel yang membahas terkait letaknya. Ketika sudah mendapatkannya pastikan informasi tersebut benar sehingga tidak perlu khawatir tersesat.

2. Google Maps

Google Maps adalah aplikasi peta online yang sangat berguna, apalagi di era serba canggih ini, setiap smartphone sudah pasti memilikinya. Menggunakannya pun cukup mudah, dimana Anda tinggal membuka kemudian mengklik ikon seperti kaca pembesar tersebut.

Apabila aplikasi telah terbuka, ketikkan Goa Pindul yogyakarta, maka lokasinya akan muncul secara akurat. Bahkan Google Maps juga memberikan arahan atau rute yang sesuai untuk memudahkan apalagi jika berkendara sendirian, maka peta daring ini sangatlah membantu.

3. Teman

Nah, cara ini sangat mudah sekali apalagi jika memiliki teman yang tinggal di sekitar Yogyakarta atau bahkan Gunung Kidul. Anda bisa sekali meminta bantuannya untuk mengantarkan ke lokasi atau minimal memberitahukan rute perjalanan.

Maka, dengan begitu sudah pasti informasi ini akan akurat. Anda pun juga bisa menanyakan ke warga sekitar untuk bertanya tentang arahnya apabila di tengah perjalanan kebingungan harus ke arah mana. Namun lebih mudahnya bisa ke penyedia tiket Goa Pindul.

4. Jasa Tour

Selanjutnya adalah dengan memanfaatkan jasa tour. Jika Anda pergi rombongan, maka dengan menggunakan layanan ini akan sangat membantu. Pasalnya pelanggan tidak perlu khawatir tersesat karena mereka sudah tentu hafal lokasi Goa Pindul serta rute ke sana.

Di Yogyakarta sendiri terdapat banyak jasa yang menyediakan layanan ini, jadi tak perlu khawatir kesulitan untuk mencari lokasinya. Meskipun terdengar jauh dari pusat kota dan cukup pelosok akan tetapi destinasinya cukup terkenal sehingga warga Jogja sudah pasti mengetahuinya.

Pastikan Lokasinya Sesuai!

Memang tak dapat dipungkiri bahwa kecanggihan teknologi dan kecepatan informasi sering kali memberikan data tidak sesuai. Misalnya Anda sedang mencari sebuah lokasi, namun di perjalanan justru semakin tersesat. Hal ini bisa saja terjadi karena kurang akuratnya keyword yang dicari.

Maka saat akan berkunjung ke Goa pindul dengan memanfaatkan Google Maps, pastikan bahwa lokasi yang akan Anda lewati masuk akal dan tepat. Salah satunya adalah harus melewati jalan Wonosari untuk sampai ke batas kota dan menuju ke Desa Bejiharjo.

Sedangkan dari sisi koordinat yang terletak di Google Maps bisa dipastikan dengan mengeceknya, dimana titik lokasi Goa Pindul adalah di -7.928505,110.647902. Melalui cara tersebut, sudah bisa dipastikan bahwa peta onlinenya tepat dan tidak akan tersesat.

Memang lokasi Goa Pindul terletak cukup jauh dari pusat kota dan berada di daerah pegunungan. Desa di sana pun juga dipenuhi oleh bebatuan Karst. Akan tetapi, justru itulah keindahan alamnya yang mempesona dan menarik perhatian banyak pengunjung. Siap untuk berlibur ke sana?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image