Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abd. Muththalib

Pantai Watu Lawang, Destinasi Bahari Hits di Gunung Kidul

Jalan Jalan | Sunday, 26 Feb 2023, 02:52 WIB
Hey Tsan" />
Credit by Hey Tsan

Provinsi Jogjakarta selalu hadir dengan berbagai wisata pantai yang memukau. Sepanjang garis pantai kabupaten Gunung Kidul Jogjakarta akan ditemukan berbagai pantai yang hadir dengan segala keunikan dan keeksotisan. Tidak heran jika wisatawan baik lokal maupun mancanegara menjadikan Pantai Watu Lawang sebagai salah satu destinasi favorit mereka.

Hamparan pasir putih bersih berpadu dengan batu-batuan karang yang tersebar sedemikian rupa adalah keeksotisan pantai yang begitu mempesona. Pantai ini terbilang luas dan nyaman, yang akan berbeda dengan pantai lain yang berukuran lebih sempit. Panorama alam yang tersaji semakin membuat pengunjung betah dan merasa nyaman berada disini.

Begitu banyak daya tarik yang dimiliki oleh pantai unik ini, salah satunya adalah panorama alam yang begitu indah dan mempesona siapa saja yang memandangnya. Pantai ini telah menciptakan keunikan tersendiri yang tentunya akan berbeda dengan pantai di sekitarnya. Upacara adat yang dilakukan oleh masyarakat sekitar pantai adalah salah satu daya tarik yang dimiliki.

Daya Tarik Wisata Pantai Watu Lawang

1. Pesona pantai yang indah

Keeksotisan dan keindahan pantai satu ini memang sudah dikenal oleh para pemburu destinasi pantai. Pantai-pantai yang berada di Jogjakarta ini hadir dengan membawa keunikan tersendiri. Pasirnya berwarna putih dan begitu halus begitu menjadikan pantai ini begitu unik dan mempesona.

Terdapat area bukit yang mengelilingi pantai sehingga semakin memukau dengan banyaknya karang dan bebatuan yang terhampar sedemikian rupa. Batu karang tersebut akan menyerupai sebuah pintu, dan dari sinilah sebutan Watu Lawang diberikan kepada pantai unik ini.

2. Goa Watulawang

Sebuah bukit karang yang terdapat di pantai akan membagi dua area pantai tersebut. Dimana sisi timur akan dibatasi oleh Pantai Trenggole dan di sebelah barat akan ditemukan pantai yang sempit dan bersebelahan langsung dengan goa Watulawang.

Keunikan lain yang dimilikinya adalah keberadaan goa Watulawang yang digunakan apabila ada upacara adat "Sadranan" atau "Nyadran". Upacara adat ini dilakukan oleh masyarakat setempat pada bulan Syakban dalam kalender Hijriah. Pada saat acara adat nyadran inilah maka Pintu batu di goa tersebut baru dibuka dan dimasuki orang.

Ukuran pantai cukup luas dan terdapat spot foto berupa jembatan bambu kecil yang akan menghubungkan area pantai dengan pulau karang kecil di tengah laut merupakan kelebihan dari sisi pantai di sebelah timur, sehingga lokasi ini menjadi incaran bagi pengunjung yang menyukai hobi fotografi.

Uniknya nama pantai ini menjadikan pengunjung akan selalu mengingat pesona pantai cantik yang terdapat di wilayah Gunung Kidul ini.

3. Benteng batu yang unik

Salah satu daya tarik yang dimiliki oleh pantai ini yakni adanya benteng batu yang sangat unik. Benteng batu yang alami ini memiliki bentuk melingkar sehingga menciptakan kesan yang unik dan memukau. Benteng batu ini bisa dijadikan spot foto menarik bagi pengunjung.

4. Area pantai yang landai dan luas

Lembutnya angin laut yang berhembus menciptakan sensasi kesegaran tersendiri bagi pengunjung. sejauh mata memandang akan tampak lautan luas berwarna biru yang membentang. Hamparan pasir putih yang menampilkan kemilaunya dengan indah semakin mempercantik pesona yang dimilikinya.

Pantai ini memiliki ombak tidak terlalu besar dan begitu tenang, walaupun arus pantai ini terbilang sangat deras. Keindahan lainnya adalah adanya panorama dari area pesisir yang dipadukan dengan area seberang dengan pemandangan hijaunya.

Bukit Batu yang diselimuti hutan pandan juga terdapat di sekeliling area pantai yang semakin menambah keeksotisan pantai unik ini. Panorama alam sekitar yang begitu menarik dan eksotisnya, didukung pesona laut yang cantik serta memukau, dipastikan akan membuat siapa pengunjung berdecak kagum selama berada di Pantai Watu Lawang ini.

Begitu luas dan landainya area pantai, sehingga akan membuat pengunjung benar-benar bisa puas beraktivitas. bermain pasir atau pun berlarian di area pantai dapat dilakukan bersama anak-anak dan pastinya akan menciptakan kehangatan dalam keluarga. Deburan ombak akan selau menyapa dan menciptakan sensasi lembut dan penuh kehangatan.

5. Spot-spot foto yang menarik

Pantai Watu Lawang tentunya hadir dengan Daya tarik khasnya. Spot foto menarik tersaji dan ditawarkan oleh pengunjung. Hasil foto yang begitu menarik dan instagramable akan diperoleh dari setiap penjuru pantai. Berbagai latar belakang juga dapat dipilih yaitu pemandangan berupa bukit atau laut yang begitu indah.

Bukit Batu yang terletak di bagian timur adalah Sudut menarik yang bisa dipilih oleh pengunjung. Terdapat gazebo yang dapat digunakan untuk Aktivitas bersantai dan tentunya menikmati pemandangan yang terdapat di pantai ini setelah kita berada di atas bukit.

Spot foto lainnya adalah di area kaki bukit. Di lokasi ini sebaran bebatuan yang penuh dengan nilai seni adalah incaran bagi para pemburu liburan. Pemilihan sudut yang baik tentunya akan membantu dalam menciptakan foto indah nan unik.

Baca Juga: 20 Pantai Hits di Jogja

Rute Menuju Lokasi Wisata Pantai

Pantai Watu Lawang berada provinsi Jogjakarta tepatnya di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Berangkat dari pusat Kota Yogyakarta adalah salah satu alternatif yang bisa dipilih. Pengunjung hanya akan menempuh perjalanan sejauh 66 km dari pusat kota.

Penting untuk diketahui, untuk bisa sampai ke lokasi, pengunjung akan melewati jalan yang tidak terlalu lebar. Jadi akses jalannya hanya cukup untuk kendaraan-kendaraan kecil saja.

Untuk lama perjalanan dari pusat kota pengunjung akan menempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Dimulai dari pusat kota Jogjakarta, dipastikan pengunjung bisa menggunakan rute Wonosari ke Bintaos. Kemudian pengunjung hanya mengikuti petunjuk jalan untuk bisa tiba ke pantai cantik ini.

Pantai tersebut berada sebelah timur dari Pantai Indrayanti dengan jarak kurang lebih 600 meter. Jadi, jika Anda parkir di pantai Idnrayati bisa juga berkunjung ke pantai ini. Bisa dikatakan dua pantai sekaligus bisa Anda kunjungi.

Harga Tiket Masuk Pantai Watu Lawang

Pengelola telah menetapkan aturan bahwa pengunjung diharuskan membayar uang retribusi. Adapun besar biaya retribusi yang harus dikeluarkan yaitu Rp 10.000 untuk tiap orang. Segala keseruan dan keindahan yang ditawarkan oleh pantai tentunya akan diperoleh setelah mengeluarkan biaya yang murah dan cukup terjangkau tersebut.

Adapun biaya parkir bagi kendaraan yaitu akan dikenakan biaya parkir yaitu sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Anda yang membawa mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000. Adapun jam operasional pantai unik ini tidak perlu dirisaukan oleh pengunjung, karena memang pantai ini dibuka hingga 24 jam penuh.

Suasana pantai yang begitu nyaman dan sepi, sehingga tidak mengherankan pantai ini menjadi salah satu tujuan berlibur bersama dengan keluarga dan orang tersayang.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Menikmati keindahan sekitar

Pantai Watu Walang menawarkan banyak spot-spot cantik yang bisa Anda kunjungi. Misalnya Anda bisa bermain di sekitar benteng watu. Benteng yang berbentuk lingkaran ini bisa anda lewati dan menjadi akses menuju pantai seberang, pantai Indrayanti.

Selain Benteng Watu, pantai ini menawarkan keindahan pasir putih dan birunya air laut. Keindahan akan semakin maksimal jika Anda datang di pagi ataupun sore hari saat matahari tidak terlalu terik.

Pengunjung juga dapat melakukan salah satu aktivitas dengan duduk bersantai di gazebo. Beberapa gazebo disediakan bagi pengunjung yang ingin duduk bersantai sambil melihat keindahan alam sekitar di pantai cantik nan indah tersebut.

2. Bermain Air

di pantai unik ini terdapat cekungan di bagian bibir pantai. Dimana Cekungan ini ketika digenangi oleh air laut akan mirip dengan bak mandi maupun kolam yang terkadang dihiasi oleh ikan-ikan kecil yang terdapat di dalamnya.

pengunjung yang ingin menikmati kesegaran air laut dengan berenang dan mandi, maka perlu pergi ke area pantai. Pengunjung dapat memilih berendam di area cekungan karang tersebut. di lokasi ini juga pengunjung akan menikmati sapuan ombak yang begitu menyegarkan dan memberikan sensasi menakjubkan.

3. Menikmati upacara adat

Pantai Watu Lawang dikelilingi oleh Masyarakat setempat yang masih mempercayai cerita mistis dan berbagai macam mitos Hal itu menjadikan warga masyarakat memiliki banyak aktivitas yaitu upacara adat dan budaya.

Upacara adat ini dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah disepakati oleh masyarakat, sehingga pengunjung yang tertarik untuk menyaksikan upacara tersebut disarankan datang di waktu-waktu tertentu.

Hal ini merupakan daya tarik tersendiri pantai unik ini melalui Upacara adat yang dilangsungkan di pantai, sehingga pengunjung akan meluangkan waktu khusus untuk datang ke pantai ini pada momen upacara adat tersebut.

4. Dokumentasi

Berbagai spot foto menarik, hamparan pasir putih, banyaknya bebatuan dan karang yang tersusun sedemikian rupa akan semakin menambah keeksotisan Pantai Watu Lawang ini.

Spot seperti Batu benteng ataupun di pasir putih bisa menjadi pilihan. Bagi anda yang hobi mendokumentasikan video juga bisa mengabadikan momen-momen spesial dan mengunggahnya di kanal youtube atau instagram.

Fasilitas di  Sekitar Pantai Watu Lawang

Tempat makan di sekitar pantai

Tersedia warung-warung sederhana di sekitar pantai yang menyediakan makanan dan minuman ringan, tentunya dengan harga yang terjangkau. Kuliner sambil menikmati keindahan pantai adalah hal favorit yang dilakukan pengunjung di tempat ini.

Area parkir

Tersedia area parkir yang memang belum begitu luas untuk menampung kendaraan yang digunakan oleh pengunjung. Akses jalan yang tidak terlalu lebar membuat area parkir disini belum diperluas oleh pihak pengelola. Hanya kendaraan-kendaraan kecil saja yang bisa masuk ke area lokasi wisata.

Penginapan

Bagi pengunjung yang ingin bermalam atau menikmati suasana pantai di malam hari, tersedia resort atau penginapan yang tentunya bisa disewa dengan harga terjangkau dan tidak membuat jebol kantong. Namun, letak resort tersebut juga berada di sekitar pantai Indrayati.

Jika Anda ingin berkemping disini bisa membawa perlengkapan sendiri karena pengelola belum menyediakan fasilitas tersebut. Yang terpenting selalu berhati-hati saat beraktivitas di sekitar pantai.

Toilet umum

Tersedia toilet umum yang bersih dan terjaga kebersihannya, pengunjung bisa memanfaatkan toilet ini untuk kebutuhan buang air besar dan buang air kecil.

Pantai Watu Lawang hadir dengan menyuguhkan keindahan yang begitu luar biasa dan tentunya membawa kenangan tersendiri bagi pengunjung. Hamparan pasir putih dan bebatuan karang akan semakin menambah keeksotisan yang tercipta di pantai cantik ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image