Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abd. Muththalib

Pendhapa Art Space, Tempat Pameran Kesenian Favorit di Jogja

Jalan Jalan | Wednesday, 15 Mar 2023, 13:24 WIB
Pendhapa Art Space on Google Map" />
Pendhapa Art Space on Google Map

Daerah istimewa Yogyakarta memang terkenal sebagai kota pelajar, namun selain sebagai kota pelajar daerah ini juga sangat terkenal dengan tempat wisatanya, mulai dari wisata kebudayaan yang mengandung unsur seni dan tradisi, wisata alam, wisata bersejarah, hingga wisata edukasi.

Daerah ini juga masih dikenal sebagai daerah yang menjaga kebudayaan dari nenek moyangnya secara turun temurun sampai sekarang dan tidak akan pernah pudar. Terlebih lagi dengan kehadiran Keraton Jogja yang masih berfungsi sebagai pusat pemerintahan daerah Yogyakarta yang dipimpin langsung oleh raja Keraton Jogja.

Dengan hal tersebut pastinya membuat Jogja tidak akan kehilangan nilai luhur serta nilai-nilai kebudayaan yang sudah sejak lama mereka junjung sebagai identitas daerahnya. Kembali membahas tempat wisata di Jogja, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai salah satu wisata seni yang terkenal di Jogja yakni Pendhapa Art Space.

Tempat wisata kesenian yang akan saya bahas kali ini merupakan salah satu dari banyaknya tempat kesenian yang sangat terkenal di Jogja. Dengan banyaknya tempat wisata bernilai seni tersebut, tak heran jika banyaknya sastrawan di Jogja yang terus mengembangkan nilai seni hingga dikembangkan menjadi objek wisata yang dapat menarik banyak pengunjung.

Rasanya seperti tidak ada habisnya jika membahas dunia seni serta tempat wisata yang mengandung unsur kesenian di Jogja. Maka dari itu jika kalian penasaran dengan pembahasan mengenai Pendhapa Art Space berikut ini, silahkan simak pembahasan yang akan saya bagikan kali ini sampai selesai.

Mengenal Lebih Dekat Pendhapa Art Space

Tempat wisata di Jogja ini adalah sebuah bangunan yang sering sekali diadakan agenda dan acara kebudayaan baik agenda kesenian hingga pameran karya seni yang sudah sering diselenggarakan. Selain itu workshop tentang seni juga sering diadakan di tempat ini yang membuat tempat ini menjadi tempat yang spesial untuk dunia kesenian.

Banyaknya kegiatan tentang seni yang ada di Jogja membuat banyak penggagas mulai untuk memfasilitasi berbagai hal dan kegiatan tersebut dengan membangunkan gedung serba guna untuk digunakan sebagai sarana dan tempat pagelaran kesenian yang sering kali diadakan, dan tempat tersebut adalah yang sedang kita bahas kali ini.

Sebelum dikenal seperti namanya yang sekarang, pada 2011 silam dulunya tempat ini bernama pendhapa Sapto aji yang memang khusus untuk difungsikan sebagai tempat dan sarana pagelaran kesenian seperti workshop atau seminar kesenian, pameran seni, hingga acara art education atau edukasi kesenian.

Dan akhirnya pada 2012 tempat ini resmi diperkenalkan dengan nama Pendhapa Art Space yang masih memiliki kegunaan yang sama yakni sebagai tempat dan sarana segala kegiatan yang berbau kesenian. Dengan adanya tempat ini, berbagai acara kesenian yang hendak digelar jadi lebih mudah untuk mendapatkan sarana tempat pagelaran.

Pada tahun 2016 akhirnya tempat ini terdaftar sebagai badan usaha di bidang kesenian. Bangunan ini memiliki nuansa Jawa yang kental dengan bangunan berbentuk pendopo Limasan yang memiliki banyak ruangan dengan area terbuka. Ya selayaknya pendopo yang memang memiliki ruangan terbuka deh pokoknya.

Baca Juga: Keraton Ngayogyakarta Jadi Representasi Islam-Jawa

Beberapa ruangan tersebut antara lain yaitu panggung terbuka, gallery utama, dan gallery atas. Dan satu hal yang membuat Pendhapa Art Space menjadi semakin menarik adalah karena tempat ini berada dibawah pengelola yang merupakan para seniman dengan bidang seni yang berbeda satu sama lain.

Berbagai pengunjung yang mendatangi tempat ini sendiri biasanya mereka bertujuan untuk melihat koleksi seni dari para seniman yang terpajang di gallery yang merupakan koleksi dari seniman pengelola pendhapa. Selain itu mereka juga berkunjung untuk mengikuti workshop, hingga melihat pagelaran seni dan pameran kesenian.

Daya Tarik Wisata Pendhapa Art Sapec

Hal unik dan menarik pertama dari Pendhapa Art Space adalah adanya 2 gallery yakni gallery utama dan gallery atas. Ruang gallery utama ini biasanya digunakan untuk pertunjukan seni rupa dan juga dapat digunakan sebagai ruang pertunjukan seni. Sementara untuk ruang gallery atas biasanya sering digunakan untuk pertunjukan seni kontemporer dan seni rupa.

Selain itu agenda kesenian juga diadakan rutin di tempat ini, agenda yang biasanya sering diadakan adalah pertunjukan seni, pemeran seni rupa, residensi artis, hingga diskusi pembuatan film. Dengan agenda yang terus ada tersebut juga membuat para pecinta seni sangat suka mendatangi tempat ini.

Sekian itu para pengelola Pendhapa Art Space juga sudah maju dengan memanfaatkan alat-alat modern seperti menyebarkan agenda kesenian melalui media sosial agar memiliki jangkauan yang lebih luas. Dengan luasnya jangkauan tersebut diharap para pecinta seni kian bertambah sehingga kesenian dan kebudayaan bisa terus berkembang.

Cara yang satu ini seharusnya bisa dicontoh oleh berbagai tempat wisata kesenian dan kebudayaan tradisional supaya temoat-tempat tersebut dapat terus berkembang dan tidak termakan kemajuan zaman. Cukup mulai dari penyebaran informasi via media sosial, lalu jika sudah berkembang maka selanjutnya bisa mulai untuk mengembangkan website sendiri.

Baca Juga: Danau Toba, Danau Terindah & Terbesar Kebanggaan Indonesia

Selain acara kesenian, Pendhapa Art Space biasanya justru dimanfaatkan oleh anak muda yang membutuhkan sebuah gedung untuk kelancaran acara yang mereka jalankan seperti acara ulang tahun, gathering, hingga acara buka bersama. Tempat ini juga sangat terbuka untuk siapa saja yang ingin menggunakannya.

Selain itu para petugas juga menyediakan tempat penginapan atau guest host untuk para pengunjung yang hendak menghabiskan malam di tempat ini untuk merasakan suasana pendhapa, membantu segala kelancaran acara yang hendak mereka lakukan, hingga menyewa tempat untuk kelancaran acara mereka.

Fasilitas di Pendhapa Art Space

Kelengkapan sarana atau fasilitas umum di suatu objek atau tempat wisata merupakan suatu keharusan yang wajib diadakan guna menunjang kegiatan yang hendak dilakukan para pengunjung. Untuk fasilitas yang ada di Pendhapa Art Space sendiri sudah tergolong lengkap untuk digunakan sebagai sarana penunjang.

Berbagai fasilitas yang tersedia antara lain yaitu ruang latihan untuk seni kreatif, ruangan terbuka untuk pesta outdoor, gallery, ruangan seminar kesenian, hingga guest host untuk penginapan para pengunjung. Dengan segala sarana yang tersedia tersebut pastinya pengunjung tidak akan kesulitan untuk melakukan apapun yang mereka kerjakan.

Datang mengunjungi pendhapa yang satu ini akan menambah wawasan serta pengetahuan kalian mengenai bidang seni yang mungkin selama ini kalian anggap biasa saja, namun untuk para pecinta kesenian, maka datang ke tempat ini adalah layaknya surga yang sedang mereka kunjungi karena banyak seni unik dan hal baru yang mereka baru temukan di sini.

Baiklah, saya rasa sampai di sini saja pembahasan mengenai salah satu tempat wisata kesenian yang populer di Jogja yakni Pendhapa Art Space. Jika kalian penasaran dengan berbagai macam seni di dalamnya, kalian bisa langsung datang dan melihatnya sendiri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image