Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image vita ditya

Keberhasilan Ekonomi Masa Khulafaur Rasyidin yang Patut Diteladani

Sejarah | Monday, 31 Oct 2022, 09:48 WIB

Setiap negara dengan sebuah sistem pemerintah pastinya memiliki lembaga perekonomian yang berfungsi membantu perekonomian masyarakat negaranya. Seorang pemimpin harus selalu ikut terjun dan bisa mengarahkan masyarakat negaranya, karena mereka sangat membutuhkan bantuan dari para pemimpinnya. Aturan dalam sebuah negara bertujuan negara dan kenyamanan masyarakatnya dapat tercipta. Di bawah kepemimpinan yang hebat yang dapat mengatur perbendaharaan negara dengan baik, maka akan menciptakan sebuah negara yang aman terkendali.

Prinsip utama pada masa pemerintahan Ali ibn Abi Thalib ialah pemerataan distribusi uang rakyat, sistem distribusi ini dilakukan setiap pekan sekali. Khalifah Ali memiliki konsep yang jelas tentang pemerintahan, administrasi umum dan masalah-masalah yang berkaitan hal tersebut dimana konsep ini dijelaskan dalam surat panjangnya yang terkenal yang ditujukan kepada Malik Asther ibn Harits. Surat tersebut mendeskripsikan terkait tugas, kewajiban dan tanggung jawab para penguasa dalam mengatur berbagai prioritas pelaksanaan dispensasi keadilan serta pengawasan terhadap para pejabat tinggi dan para staf, menjelaskan kelebihan dan kekurangan para jaksa, hakim dan abdi hukum lainnya, menguraikan pendapatan pegawai administrasi dan pengadaan bendahara.

Dari pemerintahan yang dipimpin oleh para Khulafa Ar-Rasyidin, kita dapat melihat persamaan maupun perbedaan prinsip dan cara khalifah dalam memimpin umat Islam. Kebijakan ekonomi di masa dahulu maupun kini ada untuk mengatur dan menegaskan anggaran penerimaan dana pengeluaran pembelanjaan negara dalam rangka menstabilikan perekonomian suatu Negara. Di samping itu semua sistem perekonomian yang di pimpin para Khulafaur Rasyidin selalu memperoleh keberhasilan dan tidak pernah mendapatkan tentangan dari kaum muslimin.

Diharapkan ke depannya, pemimpin dan masyarakat negeri ini bisa saling berkolaborasi mengatur dan mentaati aturan yang ada dengan baik sehingga menjadi negara yang kredibel dalam memajukan perekonomian.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image