Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rangga Sahputra

Prabowo Serukan Komitmen RI Dukung Kemerdekaan Palestina

Info Terkini | Sunday, 30 Oct 2022, 19:01 WIB

Sejarah telah mencatat bahwa Palestina sebagai salah satu negara yang pertama mengakui kemerdekaan Indonesia. Sama halnya dengan Indonesia, sampai saat ini Palestina masih berjuang dari penjajahan Israel.

Apalagi, secara kasat mata Israel dengan tegas mencaplok tanah air dan merampas hak warga Palestina. Sebagaimana disampaikan Menhan Prabowo sikap bangsa Indonesia kepada rakyat Palestina tetap sama. Yakni mendukung segala upaya kemerdekaan rakyat Palestina dari penjajahan Israel.

Sikap Prabowo sangat tepat dan mewakili rakyat Indonesia dalam komitmennya mendukung kemerdekaan Palestina. Tidak hanya berupa donasi, yang terpenting adalah menyuarakan kepada dunia bahwa Palestina berjuang dari penjajahan. Yang terpenting, adalah melalui pengakuan kedaulatan oleh dunia luar kemerdekaan negara Palestina.

Bahkan, di forum Internasional seperti Dewan Keamanan PBB selalu menyerukan untuk kemerdekaan rakyat Palestina. Namun, perlu diingat di PBB tidak hanya Indonesia sehingga saat membela Palestina menemui jalan buntu.

Tidak berhenti disitu, dalam forum seperti OKI melalui Kementerian Luar Negeri juga menyerukan untuk kemerdekaan Palestina. Bukan rahasia lagi, bangsa Indonesia memiliki kedekatan khusus dengan rakyat Palestina.

Perjuangan bangsa Indonesia melalui jalur diplomatik merupakan sesuai harapan rakyat Palestina agar dunia tahu. Di Palestina, tidak hanya terjadi krisis kemanusiaan saja tapi terutama adalah penjajahan pada satu negara.

Meski begitu, bangsa Indonesia tetap membantu perjuangan rakyat Palestina melalui beragam donasi. Bantuan pembangunan rumah sakit, obat-obatan, bahkan beasiswa bagi pelajar Palestina belajar di Unhan.

Jadi, Menhan telah menyuarakan aspirasi rakyat Indonesia pada dukungannya untuk rakyat Palestina.

Sebagaimana diketahui, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menegaskan kembali komitmen Pemerintah Indonesia mendukung perjuangan rakyat Palestina dalam menentukan nasib sendiri, keadilan, kemerdekaan, dan hak untuk memiliki negaranya.

"Kami akan terus mendukung perjuangan ini. Pemerintah Indonesia beberapa kali memberikan penekanan akan terus membantu rakyat Palestina dalam bentuk yang nyata," kata Prabowo saat menerima kunjungan resmi Perdana Menteri (PM) Palestina Mohammed Ibrahim Shtayyeh di Kantor Kemhan RI, Jakarta Pusat.

Bentuk bantuan kemanusiaan dari pemerintah dan masyarakat Indonesia itu antara lain dengan membangun rumah sakit di Gaza.

"Kami juga berkomitmen membangun rumah sakit di Tepi Barat dan Hebron. Hati kami bersamamu, doa kami bersamamu. Kami berdoa untuk rakyat Palestina," tambahnya.

Dalam pertemuan itu, Prabowo dan Shtayyeh membahas terkait perkembangan situasi global.

Sementara itu, Shtayyeh mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan Pemerintah Indonesia dalam kunjungan kenegaraan pertamanya sebagai perdana menteri. Dia juga mengapresiasi komitmen Indonesia untuk bekerja sama meraih perdamaian dunia dan di Palestina.

Shtayyeh menghargai komitmen Indonesia yang selalu berdiri solid untuk rakyat Palestina dan hak-hak mereka dalam menentukan nasib sendiri.

"Saya menikmati pertemuan yang dilaksanakan bersamaan dengan makan pagi ini dengan Menhan RI Prabowo Subianto. Kami diterima dengan sangat baik dalam kunjungan ini oleh Presiden RI Joko Widodo. Delegasi kami dari sektor swasta juga melaksanakan pertemuan dengan sektor swasta Indonesia dan pertemuan ini berjalan dengan sangat baik," ujar Shtayyeh.

 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image