Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Imigrasi Muara Enim

Kakanim Muara Enim Berbagi Pengalaman Meraih WBBM

Info Terkini | Wednesday, 26 Oct 2022, 12:35 WIB

Muara Enim – Kepala Kantor Imigrasi Muara Enim Kemenkumham Sumsel, Made Nur Hepi Juniartha menjadi narasumber dalam Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas dalam rangka Reformasi Birokrasi Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Muara Enim di Hotel Grand Zuri Muara Enim, Selasa (25/10/2022) kemarin.

Kakanim Muara Enim, Made Nur Hepi Juniartha menjadi narasumber (Dok. Humas Imigrasi Muara Enim)

Made Hepi mengungkapkan kehadirannya dalam acara tersebut adalah sebagai narasumber yang diundang oleh Kantor Pertanahan Muara Enim.“Pada kesempatan ini saya diundang untuk berbagi pengalaman dan informasi mengenai pembentukan Zona Integritas karena saat ini Kanim Muara Enim adalah salah satu satuan kerja di Muara Enim yang telah meraih predikat WBK dan WBBM,” jelasnya.

Perjuangan meraih predikat WBK dan WBBM memang bukan hal mudah, terlebih kendala yang ditemui di lapangan seringkali menghambat proses menuju zona integritas. Namun Imigrasi Muara Enim mampu membuktikan kemampuannya dengan komitmen dan kerjasama dari semua pegawai.

Dalam paparannya, Made Hepi menjelaskan perjuangan Imigrasi Muara Enim dalam meraih predikat WBK dan WBBM dari tahun ke tahun. Berbagai upaya konkrit yang telah dilakukan Kanim Muara Enim di antaranya membentuk agen perubahan, meningkatkan komitmen seluruh jajaran, perubahan pola pikir dan budaya kerja, peningkatan sarana dan prasarana penunjang pelayanan, serta keterbukaan informasi publik.

Sederet inovasi dalam pelayanan publik yang telah dilakukan Kanim Muara Enim juga dijelaskan di antaranya inovasi LAPOR RAKIT (Layanan Paspor Orang Sakit), LAPOR TUNGGU (Layanan Paspor Sabtu Minggu), LAPOR MADUN (Layanan Paspor Masuk Dusun), LENTERA (Layanan Tenggang Waktu Istirahat), LADA TUNGGU (Layanan Darurat Sabtu Minggu), Layanan On the Spot Service, Aplikasi SIDUK, IKM Pintar, Layanan Paling Jempol (Paspor Keliling Jemput Bola), Immigration Ranger, Layanan 3 in 1 SI MAMAT (Imigrasi Manjakan Masyarakat), dan inovasi Mido Intelligent Assitance (MIA). Dirinya pun mengungkapkan bahwa perjuangan meraih predikat tersebut adalah hasil dari kerja keras semua pihak, tidak hanya Kepala Kantor atau Ketua Tim saja.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Muara Enim, Abdullah Adrizal mengapresiasi dan kagum terhadap inovasi-inovasi, perjuangan dan pencapaian Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim dalam mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di tengah-tengah keterbatasan pegawai.

“Kanim Muara Enim ini luar biasa, jumlah pegawainya yang sangat terbatas tapi bisa melakukan inovasi-inovasi yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat di berbagai wilayah tidak hanya di Muara Enim,” ujar Abdullah.

Made Hepi pun menyampaikan terima kasih kepada Kantor Pertanahan Muara Enim atas kesempatan yang diberikan kepada Imigrasi Muara Enim untuk sharing pengalaman dan kiat-kiat meraih predikat WBK dan WBBM. “Kami berharap nantinya tidak hanya Kanim Muara Enim saja yang merupakan satker WBBM, tetapi semua instansi di Muara Enim,” ungkapnya.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel, Herdaus mengatakan Kanim Muara Enim adalah satu-satunya satker di wilayah Kemenkumham Sumsel yang berpredikat WBBM di tahun 2021 setelah sebelumnya meraih predikat WBK pada tahun 2019 lalu. “Semoga sharing informasi seperti ini terus diadakan agar makin banyak instansi yang meraih predikat WBK dan WBBM. Nantinya akan berdampak juga kepada masyarakat yaitu peningkatan kualitas pelayanan publik,” jelasnya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto mengapresiasi Imigrasi Muara Enim yang sudah berbagi pengalaman sebagai narasumber. Harun Sulianto berharap kegiatan sharing ini dapat bermanfaat bagi semua pihak dan menjadi motivasi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Sumber: kanimmuaraenim.kemenkumham.go.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image