Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dewi Kurniawati Sumarni

LUBER di PILKETOS SMP NEGERI 230 JAKARTA

Pendidikan dan Literasi | Tuesday, 25 Oct 2022, 23:19 WIB
Suasana Pilketos (dokpri)

Ratu Zahrotusyfa terpilih secara demokratis menjadi ketua OSIS dalam Pilketos SMP Negeri 230 Jakarta. Perolehan suara Ratu lebih unggul dari kedua rivalnya.

SMP Negeri 230 Jakarta menggelar pesta demokrasi berupa pemilihan ketua OSIS masa bakti 2022/2023. Ajang pemilihan ini digelar layaknya sebuah pemilu. Semua warga sekolah memilih dengan sistem LUBER (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia).

Penjaringan calon ketua OSIS pun melalui beberapa tahapan.

"Mula-mula, panitia menyaring calon anggota OSIS yang berjumlah 58 menjadi 7 calon inti. Penyaringan calon inti ini lewat wawancara tertutup bersama wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan staf. Kemudian, berdasarkan musyawarah bersama pimpinan, 7 calon ini disaring lagi menjadi 3 calon. Ketiga calon tersebut adalah Keisha Sevaretha, Ratu Zahrotusyfa, dan Reiner Ibrahim A.T.," jelas Asep Nurohman selaku Ketua Pelaksana tentang tahapan pemilihan ketua OSIS tersebut.

Surat suara (dokpri)

Tiga Tahapan.

Pemilihan calon ketua OSIS ini dibagi menjadi tiga tahapan. Ada orasi, debat terbuka, dan pemilihan secara langsung.

Orasi dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2022. Dalam orasi ketiga calon tersebut menyampaikan visi dan misi serta program kerja mereka di depan warga sekolah yang terdiri atas kepala sekolah, guru, karyawan, dan seluruh peserta didik SMP Negeri 230 Jakarta.

Debat terbuka dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober 2022. Dalam debat ketiga calon menjawab berbagai pertanyaan dari moderator mengenai isu-isu terkini, baik isu tentang pendidikan maupun tentang siswa itu sendiri.

Debat terbuka (dokpri)

Ketiga calon tersebut juga diberikan pertanyaan dan yang lain menanggapi. Kemudian, ketiganya menjawab pertanyaan langsung dari siswa maupun bapak dan ibu guru.

Pencoblosan

Puncak acara, yaitu pemilihan ketua OSIS secara langsung dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2022. Seluruh warga SMP Negeri 230 wajib dan berhak memilih salah satu dari ketiga calon tersebut.

Kepsek mencoblos (dokpri)

Pemilihan dilaksanakan layaknya pemilu. Penghitungan suara dilakukan di hari yang sama dengan pencoblosan. Hal itu untuk menjaga netralitas dan kemurnian suara itu sendiri.

Penghitungan suara (dokpri?

Karena SMP Negeri 230 Jakarta melaksanakan pembelajaran 2 sif, penghitungan suara dilaksanakan 2 kali, yaitu sif pagi dan siang. Saat penghitungan sif pagi dan siang berakhir, diperoleh hasil sebagai berikut. 1. Keisha Sevaretha memperoleh jumlah 388 suara. 2. Ratu Zahrotusyfa memperoleh jumlah 561 suara. 3. Reiner Ibrahim A.T. memperoleh jumlah 144 suara. 4. Surat suara tidak sah berjumlah 11 suara.

Berdasarkan penghitungan suara, maka Ratu Zahrotusyfa terpilih secara demokratis sebagai Ketua OSIS SMP Negeri 230 Jakarta, masa bakti 2022/2023.

Ketua OSIS terpilih.

Selamat ya!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image