Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Terry Arya Viratama

PERSAMI SMPIT Thariq bin Ziyad Bekasi

Info Terkini | Monday, 24 Oct 2022, 08:40 WIB
Dok: Pramuka SMPIT Thariq bin Ziyad

Bekasi, Pramuka SMPIT Thariq Bin Ziyad dibawah kepanduan Gugus Depan dan Sako Pramuka SIT (Sekolah Islam Terpadu) mengadakan acara Perkemahan Sabtu Ahad Islami (PERSAMI) selama dua hari, yaitu di tanggal 22 dan 23 Oktober 2022.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari di lingkungan sekolah tersebut, merupakan kegiatan rutin tahunan yang sengaja dilaksanakan untuk membentuk kemandirian dan berbagai keterampilan sosial lainnya.

Bila melihat perkemahan pada umumnya yang biasa dilakukan di alam, perkemahan kali ini mencoba memulai dari lingkungan sekolah. Selain faktor keamanan yang pastinya lebih terjamin dibandingkan perkemahan di alam liar, fasilitas yang mendukung di lingkungan sekolah juga menjadi pertimbangan dalam penyampaian materi kepramukaan. Materi yang disampaikan pun cukup padat dengan berbagai agenda mulai dari siang hari sampai malam hari. Mulai dari materi lapangan, baris berbaris, keterampilan memasak, tali menali sampai pengetahuan umum lainnya.

Perkemahan dilingkungan sekolah ini, selain untuk memupuk kemandirian mereka, juga untuk memberikan mereka pengalaman lebih, bahwa belajar disekolah bukan hanya selalu dilakukan didalam kelas, tetapi juga di luar kelas walaupun masih di dalam sekolah. Mereka dikenalkan dengan berbagai permasalahan ringan sebelum nanti akan menghadapi berbagai permasalahan berat dalam kehidupan. Mereka diajarkan untuk kerjasama, disiplin, taat dan patuh pada peraturan, kreatif dan inisiatif dalam mengembangkan berbagai ide untuk kemajuan bersama

Dok: Pramuka SMPIT Thariq bin Ziyad

Selain kemampuan kepramukaan secara umum, kemampuan spiritual pun tak luput dari kegiatan perkemahaan kali ini. Pembiasaan sholat berjamaah, dzikir dan petugas petugas sholat pun menjadi materi yang wajib bagi mereka untuk menguasainya.

Diharapkan, mereka akan bisa menjadi bibit unggul dalam menghadapi kompetisi global kedepannya. Baik itu di bidang kepramukaan, maupun bidang lainnya yang membutuhkan kepribadian yang tangguh dan mandiri serta berakhlaq yang mulia sebagaimana yang dicita-citakan dalam berbagai kegiatan di SMPIT Thariq bin Ziyad.

 

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image