Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adelaide R Ellionnas

Program Pertanian Tanaman Hidroponik dengan Screen House di Kota Depok

Pets and Garden | Saturday, 22 Oct 2022, 19:50 WIB

Dalam rangka meningkatkan budidaya pertanian tanaman pangan dan hortikultura di Kota Depok, sekaligus menyambut program Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat dan dalam rangka pengembangan pertanian hydra screen house, Pemerintah Kota Depok sepakat mengadakan program pertanian tanaman hydra screen house yang terfokus terhadap tanaman cabai dan bawang merah untuk ketahanan pangan.

Program tersebut sudah mulai berjalan sejak 01 September 2022 lalu, sampai nanti di pertengahan Oktober 2022. Pemerintah Kota Depok dan Bank Indonesia menunjuk salah satu kelompok KTNA (Kontak Tani Nelayan Andalan,red) di Kecamatan Limo. Kota Depok. Provinsi Jawa Barat. Untuk menjalankan program pertanian tersebut, yaitu hydra screen house. Pihak penyelenggara pun memilih tempat yang berlokasi di Jalan. Irigasi RT.04 RW.08 Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat.

Panitia penyelenggara dalam memilih pelaksana atau pihak pengerjakan tetap dengan cara terbuka dan transparan, yaitu dengan cara melalui tender terbuka. Yang mana setiap badan bisa ikut untuk proyek yang di masa mendatang akan menjadi primadona dalam pertanian.

Dari sekian peserta tender yang ikut lelang, CV. Hidroponik Kita Tani Mandiri sebagai pemenang tender. Tercatat ada beberapa nama yang tertarik dalam tender tersebut, yaitu CV Hidroponik Kita Tani Mandiri, CV Wisesa Tunas Bumi dan CV Usaha Kreasi Madani dan CV Hidroponik Kita Tani Mandiri sendiri yang di nyatakan sah sebagai pemenang dan memenuhi persyaratan yang sudah di tentukan oleh pihak panitia.

CV Hidroponik Kita Tani Mandiri sebagai pemenang vendor pelaksana program pembangunan screen house, untuk saat ini fokus dalam program tersebut dan masih dalam pengerjaan pabrikasi untuk bangunan screen house yang akan digunakan untuk menanam nantinya.

Gagasan Pemerintah yang di dukung oleh salah satu Bank Pemerintah mengembangkan Hidroponik, karena keuntungan yang banyak di dapat dari tanaman yang tidak butuh lahan luas tersebut, berikut ini adalah kelebihan bercocok tanam dengan metode hidroponik, antara lain, tidak membutuhkan tanah, mampu memberi hasil yang lebih banyak, lebih steril dan bersih, baik proses maupun hasilnya, media tanam dapat digunakan hingga berulang kali, tanaman tumbuh relatif lebih cepat, bebas dari hama atau tanaman pengganggu (gulma) serta nutrisi tumbuhan dapat dikendalikan dengan lebih sederhana, sehingga lebih efektif dan efisien dan air akan terus bersikulasi dan bisa digunakan untuk keperluan lain.

Hidroponik sangat cocok dilakukan di rumah, karena lebih bersih dan ramah lingkungan. Tanaman yang diletakkan di dalam ruangan tidak perlu menggunakan tanah, sehingga tidak akan ada tanah yang jatuh berserakan dan membuat kotor.

Begitu juga dengan bahan-bahan dalam metode substrat, sangat gampang dan mudah di dapat, seperti arang sekam, pasir, kerikil, batu apung, cocopeat, rockwool, dan spons. Selain itu, sistem irigasi menerapkan irigasi tetes agar kebutuhan unsur hara dari air terpenuhi secara berkelanjutan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image