Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alifah Nisrina Rihadatul Aisy

Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan Dengan Memanfaatkan Internet

Sekolah | Friday, 21 Oct 2022, 17:53 WIB
sumber : dokumen pribadi

Belajar akan menjadi menyenangkan kalau sesuai gaya belajar kita. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar belajar terasa ringan dan menyenangkan.

Dua tahun lalu seluruh dunia diserang virus covid-19. Dampak yang ditimbulkan musibah itu salah satunya membuat pembelajaran harus dilakukan secara daring atau tanpa tatap muka.

Pada saat itu, saya sebagai pelajar merasakan langsung perubahan yang terjadi akibat dari covid-19 itu sendiri. Mulai dari merasa kesulitan dalam belajar karena tidak langsung ada yang menjelaskan, melainkan hanya via handphone yang harus mengandalkan internet setiap waktu.

Sebelum ada Internet untuk Pelajar yang diberikan oleh pemerintah, saya awalnya merasa sangat boros dalam menggunakan kuota internet. Dan ternyata bukan hanya saya yang merasakan itu, melainkan keluarga saya juga. Sampai akhirnya kami memutuskan untuk memasang wifi IndiHome dari Telkom Group di rumah kediaman kami.

Hal Paling Menarik yang saya rasakan ketika itu adalah saya menjadi lebih bebas dalam mengakses internet dan pelajaran yang disampaikan guru via daring. Baik itu Whatsapp, Zoom, Google Meet, Google Classroom, dan lainnya.

Solusi atas masalah belajar yang saya alami pada saat itu adalah mensugestikan diri untuk menjadikan belajar menjadi hal yang menyenangkan dan tidak memberatkan bagi saya sama sekali. Caranya sebagai berikut.

1. Meningkatkan Mood

Sebelum memulai belajar, saya terbiasa untuk meningkatkan mood terlebih dahulu supaya terasa fresh dan bersemangat ketika belajar nanti. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan mood. Seperti skincare-an dulu. Hal Paling Menarik dari kebiasaan sebelum belajar adalah memakai kostum favorit atau dress up yang gemes ala anak rajin. Paling tidak, gunakan baju yang memberi kesan semangat supaya tidak mudah ngantuk.

2. Mengatur Jadwal Belajar

Ini sangat penting. Kita bisa memulainya dengan membuat study plan dalam notebook-mu sekreatif mungkin. Bisa dengan menambahkan stiker, lettering, atau mungkin diisi dengan kata kata motivasi dan perjanjian kamu dengan diri sendiri ketika belajar. Agar ketika belajar dan melihat plannya dulu, secara tidak langsung itu akan menjadi Hal Paling Menarik atau unik yang kamu dapatkan bahkan sebelum kamu mulai belajar.

3. Membuat Rangkuman Pelajaran yang Menarik.

Rangkuman ini membuat kita fokus sekaligus mendapatkan inti materi pembelajaran.

Selain itu bagusnya kita tahu tipe belajar kita. Ada tiga tipe belajar :

Pertama, Tipe Visual. Biasanya menyukai belajar dengan sering mengandalkan indera penglihatan. Kamu yang merasa cepat faham atas apa yang kamu baca sendiri dibanding apa yang kamu dengar dari penjelasan orang lain. Internet untuk Pelajar bisa membantu kita mencari bahan belajar dari dunia maya.

Kedua, Tipe Auditori. Yaitu lebih menyukai belajar dengan sering mengandalkan indera pendengaran. Kamu merasa lebih cepat faham ketika ada yang “menjelaskan sesuatu” secara langsung kepadamu dibanding dengan kamu harus membaca “sesuatu” itu sendiri. Juga biasanya kamu yang menyukai musik ketika belajar, dan sama sekali tidak merasa terganggu oleh musik itu, adalah salah satu ciri dari tipe auditory lho!

Ketiga, Tipe Kinestetik. Yaitu kecenderungan menggunakan indera peraba, emosi, serta pendengaran, dan penglihatan. Sekaligus untuk menyerap, memahami, dan mengingat informasi.

Nah, kalau kamu termasuk yang mana? Internet untuk Pelajar bisa membantu kita mencari tipe belajar apa yang paling nyaman.

Jika kamu Tipe Visual, kamu bisa mencari referensi belajar dari berbagai buku yang kamu baca dengan cara menghiglighter bacaan penting atau kamu bisa mencari artikel menggunakan Internet untuk Pelajar yang difasilitasi oleh pemerintah tentang apa yang ingin kamu pelajari, lalu hal pentingnya bisa kamu catat sendiri.

Jika Tipe Auditory, kamu bisa memanfaatkan youtube untuk mencari materi yang ingin kamu pelajari menggunakan Internet untuk Pelajar. Dengan melihat video dari Youtube, kamu akan merasa ada seseorang yang menjelaskan hal baru kepadamu sehingga kamu akan lebih mudah memahaminya.

Terakhir, jika kamu Tipe Kinestetik kamu harus membuat gaya belajarmu menjadi Hal Paling Menarik untukmu. Karena tipe ini, tidak bisa hanya duduk manis, atau diam dalam jangka waktu yang lumayan lama. Misal, ada kinestetik yang ketika belajar atau sedang ada yang menjelaskan sesuatu padanya ia harus sambil menggambar. Atau ada yang jika menghafal ia harus mondar mandir, dan lain sebagainya. Intinya kamu harus bisa mengatur strategi sesuai dengan kenyamananmu sendiri, atau simplenya menjadikan semua itu menjadi Hal Paling Menarik untukmu.

4. Berikan Reward untuk Dirimu Sendiri!

Jika kamu telah selesai melakukan sesuatu sesuai dengan plan yang telah kamu buat sendiri, seperti belajar misalnya. Kamu bisa memberi reward kecil untuk diri sendiri.Contoh, pada waktu itu saya pernah berhasil dalam dua minggu belajar terstruktur sesuai plan. Saya menghadiahkan diri sendiri dengan membeli novel Tere Liye. Internet untuk Pelajar sangat membantu pelajar dalam mendukung kegiatan belajar di rumah dan di sekolah. Internet untuk Pelajar dan wifi IndiHome sudah sangat membantu saya pada saat itu, bahkan sampai saat inipun saya dan keluarga masih menggunakan IndiHome.

Itulah cara saya mendapatkan pengalaman belajar yang menyenangkan. Jangan langsung menyerah begitu saja ketika ada kesulitan. Ayo mencari solusi atas apa yang kita hadapi!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image