Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas unismuh

Prodi Akuntansi Unismuh Raih Akreditasi Baik Sekali, Dekan Optimis 2024 Semua Prodi Unggul

Info Terkini | Friday, 21 Oct 2022, 09:49 WIB

EPUBLIKA, MAKASSAR - Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar meraih akreditasi ‘Baik Sekali’. Akreditasi tersebut dikeluarkan Lembaga Akreditasi Mandiri Peguruan Tinggi Kesehatan (LAM PT-Kes).

Ketua Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unismuh Makassar Mira SE MSi menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian akreditasi tersebut. Menurutnya, timnya telah bekerja keras memenuhi kriteria penilaian.

"Hasil yang dicapai melampaui target, Awalnya kami berharap bisa mempertahankan skor akreditasi sebelumnya dengan nilai 309 (Akreditasi B), alhamdulillah atas kerjasama semua pihak skor nilai dari hasil visitasi jauh melampaui nilai sebelumnya yaitu dapat 349," ungkapnya, Kamis 20 Oktober 2022.

Ia menambahkan bahwa pada dasarnya dalam proses akreditasi ini, Prodi akuntansi dalam status pemantauan dikarenakan pada tahun 2021 tidak ada alumni yang masa studinya tepat waktu, sampai akhirnya mereka mendapatkan informasi bahwa Prodi akuntansi masuk dalam pemantauan tahap 3 dan diharuskan divisitasi secara lurring dari BAN-PT.

"Namun berkat kerjasama yang baik apalagi terlibatnya semua unsur yang ada dalam persiapan akreditasi, mulai dari mahasiswa, alumni, dosen, pimpinan dan lembaga-lembaga yaang ada di tingkat universitas," imbuhnya.

"Juga dukungan lembaga yaitu BPM yang sangat luar biasa mendampingi dan mengawal mulai dari penyusunan IPEPA sampai proses visitasi dilaksakan. Begitu juga UPPS yang juga ikut bekerja sangat ekstra untuk memenuhi dokumen yang dibutuhkan dalam proses visitasi," tambahnya.

Mira melanjutkan, faktor pendukung lainnya adalah tersedianya Sistem Informasi akademik yang memadai seperti SIMAKAD, SPADA, SISPENMU, SISTER, Website badan penjaminan Mutu Universitas, Website fakultas yang dapat diakses secara real time, dengan informasi yang sudah up to date.

Dengan demikian, Ia berharap kedepannya prodi akuntansi bisa meraih akreditasi unggul dengan kerjasama yang baik lagi.

"Kami dari prodi tentunya memiliki harapan kedepannya akuntansi bisa meraih Akreditasi unggul , dan tentunya sangat berharap dukungan yang penuh dari universitas terutama pada pendanaan dan kesiapan tim tracer," harapnya.

Terpisah disampaikan, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unismuh Makassar Dr Andi Djam'an menyampaikan rasa bergembira dan bersyukur atas akreditasi Baik Sekali prodi akuntansi.

"Tentu kita bersyukur atas capaian ini, setelah melalui perjuangan panjang karena melalui pemantauan sampai tahap 3 yang mengharuskan Asesor BAN PT harus melakukan asesmen lapangan (AL) untuk mengecek validitas data yang dikirim melalui dokumen IPEPA," tuturnya.

Ia menyebut dengan perolehan nilai akreditasi 349 maka tinggal meraih 12 poin untuk bisa meraih akreditasi Unggul."Inilah yang menjadi target kami selanjutnya untuk mempercepat proses reakreditasi bersama 4 prodi lain di FEB Unismuh," tambahnya.

Dr Andi Djam'an optimistis bisa meraih itu semua dengan kolaborasi dan koordinasi yang intens kedepannya.

"Memang ini tidak mudah, tapi tidak mustahil untuk bisa dicapai jika seluruh unsur saling bersinergi dan bekerja dalam tim yang solid dan kompak, sehingga target yang diinginkan bisa tercapai," ungkapnya.

Harapannya bersama prodi Akuntansi yang baru keluar hasil dari BAN PT, saat ini 5 prodi sedang berproses untuk akreditasi menuju Unggul. Pihaknya yakin predikat Unggul bisa dicapai di Tahun 2024.

(Humas Unismuh)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image