Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Jurnalis Lepas

Rakamin Bantu UMKM untuk Optimalisasi Digital Marketing Guna Tingkatkan Perekonomian Indonesia

UMKM | Thursday, 20 Oct 2022, 09:57 WIB

Sudah saatnya pelaku Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) turut terjun dalam strategi digital marketing agar bisa bersaing di pasar global. Saat ini persaingan usaha semakin ketat dengan adanya internet dan segala taktiknya.

Sehingga banyak hal termasuk marketing mulai beralih ke digitalisasi. Untuk bisa terjun ke dunia digital, perlu skill dan pengetahuan. Di sini, para pelaku UMKM tak perlu risau bagaimana bisa mempelajari seluk beluk digital marketing.

Di sini, Rakamin sebagai curated platform untuk belajar dan mengembangkan skil di bidang digital dan teknologi hadir untuk membantu para pelaku UMKM. Rakamin memiliki program kerjasama dengan berbagai UMKM untuk mengoptimasikan pemasaran dan digitalisasi.

"Jadi di Rakamin itu ada Bootcamp Digital Marketing. Nah, di akhir program itu ada Final Project yang harus dijalani oleh setiap student selama 1 bulan. Tugas mereka adalah mengoptimasi UMKM dari segi digitalnya," jelas Andika Deni Prasetya, CEO Rakamin.

Optimasi segi digital yang dimaksud meliputi sosial media, marketplace hingga strategi marketing lainnya. Untuk biaya, sudah disiapkan oleh tim Rakamin sehingga UMKM bisa mendapatkan keuntungan secara gratis.

"Bagi UMKM yang sudah mendaftarkan diri, nantinya akan disaring dan dipilih untuk dibantu oleh student kami yang sudah dipastikan mampu," kata Andika.

Bootcamp sendiri merupakan pelatihan yang sifatnya jangka panjang di mana end to end kompetensi dipelajari di bootcamp untuk menghasilkan talent yang siap masuk ke dunia kerja. Ada lima Bootcamp di Rakamin meliputi: Digital Marketing, Data Science, UI/UX, Product Management dan Full Stack Web Developer.

Dalam program Bootcamp Digital Marketing, peserta akan mendapat pelatihan mulai dari menyusun strategi untuk SEO, Instagram hingga TikTok. Selain itu juga diajarkan untuk bisa membuat iklan yang tepat sasaran dan efektif di Google dan Facebook.

Strategi digital marketing sangat penting dikuasai hari-hari ini. Kemajuan teknologi ini mampu membantu perusahaan maupun UMKM menjangkau konsumen lebih luas lagi.

Sebagai informasi, Rakamin mulai beroperasi pada awal tahun 2020. Goals Rakamin saat ini untuk memenangkan ekonomi digital di tahun 2030. Untuk itu, Rakamin menggandeng mentor-mentor profesional dari Top Company seperti Gojek, Ruangguru, Tokopedia dan lainnya dengan harapan dapat mencetak SDM yang berkualitas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image