Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fanny Hadi Mustakhim

Beberapa Jurusan Kuliah Tersulit di Indonesia, Jurusan Kalian Ada Disini?

Pendidikan dan Literasi | Wednesday, 19 Oct 2022, 19:49 WIB
Sumber: pexels.com

Bagi calon mahasiswa, memilih jurusan kuliah bukanlah sesuatu perkara yang mudah. Bahkan, jika kalian tidak mempertimbangkan sesuai kemampuan kalian, maka bisa jadi kalian malah terjerumus ke jurusan yang salah, yang pada akhirnya sulit untuk bisa lulus dan jadi donatur kampus deh, wahh parah sih ini!

Ketika kalian memutuskan untuk kuliah dan mengambil suatu jurusan tertentu, pastinya kalian mempunyai tujuan dan alasan tersendiri kan, baik itu berdasarkan bakat dan kemampuan kalian, menyesuaikan dengan cita-cita kalian, bahkan ada memilih jurusan tertentu karena kedepannya memiliki prospek kerja yang bagus dan bergengsi.

Tapi, kalian tau gak sih, ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang mana “masuknya sulit, keluarnya pun juga sulit” lho. Penasaran jurusan apa saja yang dimaksud?

Nah, kali ini mimin akan memberitahukan kalian jurusan apa saja yang di maksud berdasarkan dari beberapa sumber yang berhasil mimin rangkumkan untuk kalian. Berikut penjelasannya!

1. Jurusan Matematika

Siapa sih dari kalian yang gak kenal kenal dengan pelajaran satu ini? Ya, Matematika. Pelajaran satu ini memang di kenal dengan pelajaran paling sulit ketika bermunculnya rumus-rumus rumit yang mulai ikut campur di pelajaran sekolah kelas menengah, apalagi ada dari sebagian kalangan pelajar yang sejak bermunculnya rumus-rumus rumit jadi bermusuhan dengan pelajaran satu ini.

Matematika memang menjadi pelajaran yang membuat kita pusing dan bahkan bikin kita frustasi. Tapi, kalian tau gak sih, kalau Matematika itu ibu dari segala ilmu, mengapa demikian? Karena, pelajaran ini adalah ilmu pengetahuan dasar bagi setiap pengetahuan ilmu-ilmu lainnya, terutama di bidang sains dan teknologi. Dalam memahami ilmu Matematika, maka kalian membutuhkan kesabaran, ketekunan, dedikasi, usaha dan kemauan yang besar dalam mempelajarinya.

Ketika kalian kuliah dan mengambil jurusan satu ini, maka kalian pasti akan di pertemukan dengan yang namanya Aljabar, Analisis, Geometri, Aktuaria, Komputasi, dan riset operasi yang mana pastinya penuh dengan rumus, teori, dan angka.

Saking luas cakupan ilmunya, menjadikan jurusan satu ini adalah jurusan tersulit, dan butuh kesabaran lebih ketika mempelajarinya. Haduh, dulu sih mimin waktu di sekolah paling gak suka dengan pelajaran tenses bahasa Inggris karna sulit, sekarang udah ngerasain sendiri, ternyata pelajaran tenses bahasa Inggris tidak lebih sulit jika di bandingkan dengan pelajaran Matematika. Kalau kalian gimana nih?

2. Jurusan Statistika

Statistika adalah jurusan yang bisa di bilang juga sangat sulit ketika kalian masuk ke jurusan satu ini. Statistika juga merupakan turunan dari Jurusan Matematika, yang mana kalian akan menganalisis bilangan dalam kuantitas data yang besar. Selain itu kalian juga belajar tentang mengumpulkan, menghitung dan membuat interpretasi data agar nantinya dapat kalian gunakan dalam membuat suatu perencanaan yang berguna bagi kemajuan masa depan. Ilmu satu ini sangatlah penting, jadi tidak heran jika keketatan masuk di jurusan ini cukup tinggi, dan lulusnya pun juga cukup sulit.

3. Jurusan Farmasi

Jurusan Farmasi satu ini adalah jurusan yang paling banyak di cari dan diincar di Indonesia. Di jurusan ini, kalian akan banyak mempelajari tentang obat-obatan, yang mana dari alami hingga sintetik. Akan tetapi perlu kalian ketahui ya, bahwasanya di jurusan ini kalian tidak melulu mempelajari tentang obat-obatan saja, di jurusan ini kalian juga akan mempelajari tentang Matematika, Fisika, Kimia, anatomi tubuh, tumbuhan obat, Biologi sel, Kesehatan Masyarakat, kosmetik, hingga mempelajari tentang ke manajemenan dan pemasaran.

Jadi tidak heran, bahwa Jurusan Farmasi dinobatkan sebagai salah satu jurusan yang mana tersulit di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Riset membuktikan, bahwasanya pada tahun 2014, Jurusan Farmasi merupakan jurusan dengan peminat paling banyak di perguruan tinggi ke-5 di Indonesia, dan ini pun diakui juga oleh Ditjen Dikti. Bahkan Jurusan Farmasi juga masuk kedalam jajaran jurusan kuliah paling sulit untuk dimasuki.

4. Jurusan Teknik

Bagi kalian yang menginginkan masuk kedalam jurusan satu ini harus siap-siap kuat mental ya! Karena, kalian akan di tuntut untuk belajar ekstra, dan materi-materi yang harus kalian pelajari di jurusan satu ini adalah, seperti Kalkulus, Statistik, Fisika, Geologi, dan Biologi. Banyak yang mengatakan bahwasanya, ketika kalian mamasuki Jurusan Tektik, kalian akan sangat sulit untuk bisa mendapatkan nilai yang tinggi.

Tidak sedikit juga dari mahasiswa Jurusan Teknik yang bisa dikatakan memiliki nilai lebih rendah bila di bandingkan dengan para mahasiswa jurusan lain. Bahkan dari beberapa sumber yang mimin dapatkan, hampir kurang lebih 60% di setiap tahunnya para mahasiswa Jurusan Teknik terkena drop out (DO). Lah, begitu sulitnya jurusan ini ya.

Bahkan National Center for Education Statistics sendiri menyebut bahwa, Jurusan Teknik adalah jurusan neraka, bisa di artikan betapa sulitnya jurusan satu ini. Jurusan Teknik memiliki cabang yang bisa di katakan tidaklah mudah, seperti Jurusan Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Geofisika, Teknik Kimia, Teknik Nuklir, Teknik Sipil, Teknik Industri, dan masih banyak lagi Jurusan Teknik lainnya.

5. Jurusan Arsitektur

Jurusan ini adalah perbaduan antara seni dan teknik. Ketika kalian memasuki jurusan ini, kalian akan mempelajari banyak tentang rancangan konstruksi bangunan dan desain. Selain mempelajari dua hal itu tadi, kalian juga di tuntut untuk belajar tentang bagaimana cara merancang eksterior, interior, kawasan, serta kalain juga belajar tentang perencanaan kota.

Bagi seorang mahasiswa Jurusan Arsitek, tidak hanya skill menggambar saja yang harus dimiliki, akan tetapi kalian juga harus mempunyai ide yang kreatif, pengetahuan luas kalian tentang bagaimana cara merancang sebuah bagunan yang bagus dan baik, dan kepedulian kailan terhadap suatu lingkungan sekitar.

Jurusan ini sangat populer di Indonesia dan banyak sekali peminatnya. Bahkan di tahun 2020 lalu, pendaftaran jalur SBMPTN, jurusan satu ini menjadi jurusan yang sangat sulit untuk dimasuki di beberapa universitas di Indonesia, seperti di UGM (Universitas Gadjah Mada), lalu di UI (Universitas Indonesia).

Sebenarnya masih ada lagi beberapa jurusan kuliah yang mana masuknya sulit, keluarnya pun juga sulit, seperti Jurusan Informatika, yang mana kalian akan pusing tentang percodingan, lalu Jurusan Kedokteran, dan Jurusan Akuntansi.

Nah, itu tadi beberapa rangkuman tentang jurusan kuliah tersulit versi mimin, jika kalian punya jurusan sulit versi kalian sendiri, nanti kalian bisa komen di kolom komentar yaa. Sekian, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Tunggu artikel dari mimin selanjutnya yaa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image