Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image M Nashrul Adjim

Akuakultur: Jurusan Kuliah yang Dipandang Sebelah Mata

Info Terkini | Friday, 02 Jun 2023, 18:29 WIB

Banyak jurusan yang ditawarkan di setiap universitas sehingga calon mahasiswa dapat leluasa memilih jurusan sesuai minat mereka. Jurusan yang berbau kesehatan masih menduduki peringkat pertama dengan peminat terbanyak. Padahal terdapat banyak jurusan lain yang juga prospek kerjanya bagus seperti dalam bidang perikanan dan kelautan. Salah satu jurusan dalam bidang tesebut adalah Akuakultur.

Kebanyakan orang mengenal akuakultur sebagai budidaya perikanan. Definisi akuakultur sendiri adalah kegiatan memelihara, mengembangbiakan, memanen, dan memasarkan hasil produksi yang berupa semua jenis biota yang ada di perairan, baik tawar, payau, dan laut. Sampai tahun ini jurusan akuakutur kurang diminati oleh calon mahasiswa. Melansir dari beberapa website universitas di Indonesia berikut presentase keketatan jurusan akuakultur tahun 2022.

· Universitas Airlangga

Jalur rapor (SNBP): 15.84%

Jalur tes tulis (SNBT/UTBK): 18.25%

· Universitas Brawijaya

Jalur rapor (SNBP): 28.00%

Jalur tes tulis (SNBT/UTBK): 20.72%

· Universitas Diponegoro

Jalur rapor (SNBP): 11.85%

Jalur tes tulis (SNBT/UTBK): 23.75%

· Universitas Gadjah Mada

Jalur rapor (SNBP): 27.71%

Jalur tes tulis (SNBT/UTBK): 9.91%

· Institut Pertanian Bogor

Jalur rapor (SNBP): 15.53%

Jalur tes tulis (SNBT/UTBK): 13.95%

· Universitas Jenderal Soedirman

Jalur rapor (SNBP): 15.58%

Jalur tes tulis (SNBT/UTBK): 23.41%

Dari data di atas dapat dilihat bahwa jurusan akuakultur kurang diminati oleh calon mahasiswa, padahal dua per tiga luas wilayah Indonesia berupa lautan. Hal tersebut membuat potensi laut Indonesia sangat besar, sedangkan baru sekitar 25% potensi laut Indonesia yang sudah dikelola. Oleh sebab itu terbuka lebar peluang untuk mengembangkan ekonomi dari sektor maritim.

Lulusan akuakultur tidak melulu akan menjadi pembudidaya ikan, melainkan banyak pekerjaan lain yang tidak kalah bagusnya. Berikut prospek kerja lulusan akuakultur yang dapat dipilih.

1. Ahli gizi di perusahaan perikanan,

2. Manager di perusahaan perikanan

3. Tenaga ahli di kementerian kelautan dan periknan

4. Analisis laboratorium

5. Pengusaha pakan dan obat untuk ikan

6. Konsultan budidaya

7. Tenaga pengajar

Dapat dilihat peluang kerja lulusan akuakultur sangat luas, sekarang apa kalian masih enggan untuk memilih jurusan ini?

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image