Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mayyasa ma'rifatullah

Hal Paling Menarik Bagi Pelajar Seperti Saya Belajar Kuliner Kebanggan Bangsa Melalui Internet

Eduaksi | Monday, 17 Oct 2022, 14:29 WIB

Negara kita adalah negara yang memiliki banyak pulau, suku, dan budaya. Setiap daerah memiliki budaya yang bermacam-macam. Indonesia memiliki berbagai macam budaya di setiap daerah. Hal paling menarik dengan budaya dan keragaman daerah adalah kuliner yang berbeda-beda juga.

Sumber foto: Republika Online

Indonesia memiliki keragaman kuliner yang membanggakan. Ada begitu banyak kuliner yang ada di negara kita ini yaitu sekitar 5.300 jenis makanan asli indonesia.

Setiap daerah pasti punya kuliner khasnya masing masing. Hal paling menarik tentang kuliner adalah berkaitan tentang identitas suatu masyarakat. Ada banyak kuliner yang mencerminkan jati diri sebuah masyarakat. Dengan memanfaatkan internet untuk pelajar kita bisa melakukannya.

Karena banyak sekali kuliner itu, apakah bagi seorang pecinta kuliner akan menghabiskan uangnya hanya untuk berburu kuliner? Tentu saja tidak. Sebab di zaman yang serba digital ini kita tidak harus menguras kantong dan energi untuk bisa mencicipi berbagai macam kuliner indonesia.

Sebab bahkan kita bisa membuat berbagai masakan yang menjadi kekayaan bangsa Indonesia itu. Jadi bisa saja orang jawa membuat masakan sunda dan sebaliknya. Orang Jakarta yang biasanya suku Betawi bisa juga membuat masakan rendang yang merupakan kuliner khas Sumatera Barat atau Padang.

Bahkan kita sebagai pelajar bisa saja mendalami kuliner atau membuat masakan ini tidak harus menunggu jadi seorang ibu rumah tangga. Tentu saja dengan bantuan internet termasuk internet untuk pelajar untuk bisa membuat kuliner itu. Berikut beberapa hal paling menarik yang saya temukan terkait kuliner melalui internet :

Hal paling menarik pertama : kita bisa menggunakan internet yang kita miliki untuk menonton video tutorial memasak atau hanya sekedar melihat resep yang banyak bertebaran di sosial media. Sudahkah kita mencobanya?

Kalau selama ini kita hanya penikmat kuliner tidak ada salahnya mulai membuat masakan itu. Semuanya bisa dipelajari. Kita bisa menggunakan di internet untuk pelajar yang bisa jadi panduan melakukan hal ini.

Hal paling menarik kedua : salah satu kuliner indonesia yang paling terkenal di indonesia sampai dunia adalah rendang makanan khas dari Pulau Sumatera tepatnya ada di provinsi Sumatera Barat. Rendang bahkan disebut sebagai makanan terenak di dunia. Bukankah itu membanggakan?

Kita harus bangga dan melestarikannya. Dengan internet untuk pelajar kita juga bisa menyebarkan informasi ini agar semakin banyak yang tahu tentang prestasi ini.

Sebagai seorang pelajar internet penting untuk pengetahuan akan keberagaman bangsa. Untuk melestarikan kuliner yang ada di negara kita juga tidak hanya sebatas mempelajarinya saja. Akan tetapi menyebar dan memperkenalkan kuliner kita kepada khalayak ramai.

Contohnya apa aja sih? Ada berbagai cara dalam memperkenalkan budaya kita kepada siapapun. Seperti membuat video tutorial, vlog, tulisan dan banyak lagi.

Oleh karena itu, internet sangat penting untuk pelajar. Berbagai hal dapat kita temui melalui internet. Hal paling menarik ketika menggunakan IndiHome dari Telkom Group berselancar di sosial media menjadi mudah dan menyenangkan.

Kuliner memang punya banyak makna, tidak hanya sekedar rasa.

Ada baiknya kita juga memberikan kemampuan terbaik kita untuk menjaga kekayaan kuliner kita itu.

Ya mulai sekarang cobalah untuk berusaha melestarikan kuliner yang ada di sekitar kita.

Tidak ada salahnya menggunakan internet untuk pelajar untuk membuatnya dan mendokumentasikan agar menjadi sebuah jejak yang bisa dibanggakan. Begitulah banyak manfaat internet untuk belajar yang bisa kita lakukan.

Memang perlu banyak usaha untuk memunculkan dan melestarikan kuliner itu. Beberapa waktu lalu di daerahku ada lomba kuliner dengan bahan dasar lokal. Jadi misalnya bahan dasarnya ikan Ciujung yang diubah menjadi beraneka masakan. Kegiatan seperti ini sangat perlu dilakukan untuk mengingatkan masyarakat tentang kekayaan lokal di sebuah daerah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image