Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nida Fadya Haya

Keutamaan Berolahraga dan Manfaatnya Bagi Tubuh Manusia

Olahraga | Monday, 17 Oct 2022, 13:18 WIB

Olahraga itu apa sih ?

Setiap orang pasti ingin sehat. Salah satu cara agar kita sehat adalah dengan berolahraga. Hayo, siapa yang suka berolahraga? Apa olahraga kesukaan kalian?

Pada dasarnya, olahraga itu sangat penting untuk kesehatan jasmani dan rohani kita. Berolahraga tidak harus dilakukan oleh atlet saja. Bahkan anak-anak atau pun remaja pun sebaiknya olahraga.

Aku pun suka olahraga sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA) sekarang ini.

Hal yang paling menarik adalah olahraga itu bersifat umum. Tidak hanya berupa pertandingan saja. Bisa dilakukan di mana saja.

Berolahraga bisa dilakukan oleh siapa pun, bisa dilakukan oleh anak kecil, remaja bahkan sampai lanjut usia. Dengan memanfaatkan internet untuk pelajar kita bisa memilih olahraga yang paling tepat untuk kita.

Malahan sering ya kita lihat di zaman yang sudah modern ini bahwa bayi umur dua bulan pun sudah diajak untuk berolahraga. Bukan hal aneh kan? Jadi sangat relevan kalau olahraga dibutuhkan oleh siapapun.

Menurut temen-temen hal paling menarik dalam berolahraga apa sih? Kalau menurutku, karena aku sangat suka olahraga dalam cabang olahraga volley, olahraga itu membuat kita latihan bekerja sama. Kalau kita ingin menang atau bermain bagus, kita tidak bisa sendirian. Kita harus kompak. Ini membuat kita belajar mengendalikan ego dan melatih kekompakan. Bukankah olahraga sangat menarik karena tidak hanya tentang menang atau kalah?

Aku sangat suka sekali bermain volley setidaknya seminggu sekali dan ternyata yang aku lakukan itu banyak manfaatnya lho.

Kadang aku berlatih bersama pelatih. Juga aku memanfaatkan internet untuk belajar menekuni dan mendalami teknik-teknik olahraga voli.

Manfaat dari olahraga itu juga sangat banyak, ini dia manfaat olahraga untuk Kesehatan jasmani dan rohani kita karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga sangat mengurangi resiko terserang penyakit.

Olahraga juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan energi dan menjaga sistem metabolisme tubuh.

Hal paling menarik dari olahraga menurut saya itu ada banyak, diantaranya adalah :

Memperbaiki suasana hatiMembantu mengurangi perasaan sedih, cemas, stress, bahkan despresi.Meningkatkan daya ingat dan konsentrasiMembantu meningkatkan kualitas tidur, membantu menurunkan berat badan.

Internet untuk pelajar membantuku mengetahui manfaat ini. Nah, itulah beberapa manfaat berolahraga. Sebenarnya, masih banyak sekali manfaat olahraga untuk tubuh kita. Banyak juga hal yang paling menarik dalam berolahraga, semisal dari jenis olahraga ringan sampai ke olahraga yang sangat berat.

Apa saja ya jenis-jenis olahraga ringan? Ada lima olahraga ringan yang bisa kita lakukan dirumah atau pun di luar rumah. Dengan mengetahui olahraga ringan ini membuat kita mudah-mudahan termotivasi untuk terus berolahraga.

Pertama, Jalan Santai

Jalan santai ini salah satu jenis olahraga hal paling menarik nih, karena olahraga jenis ini bisa dilakukan saat teman-teman dirumah, di sekolah, di tempat bekerja atau bahkan saat kalian sedang bermain.

Kedua, Jogging

Jogging merupakan jenis olahraga yang sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. Jogging dapat membantu proses membakar lemak dibagian perut.

Ketiga, Bersepeda

Aktivitas ini juga tergolong olahraga. Malah, saat ini bersepeda jadi olahraga yang cukup populer di kalangan anak-anak sampai lansia.

Keempat, Yoga

Yoga menjadi satu olahraga yang dapat menghilangkan stress dan meningkatkan kesadaran.

Kelima, Berenang

Berenang jadi olahraga yang sangat menyenangkan untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kebugaran. Berenang juga menjadi sarana terapi bagi orang-orang yang memiliki penyakit asma, dan ternyata berenang sangat efektif membantu kita meninggikan tinggi badan loh. Hal paling menarik lagi yaitu olahraga jenis berenang ini sangat disunahkan oleh Rasulullah SAW.

Berenang merupakan olahraga yang paling banyak potensi untuk mendapatkan prestasi . Hal ini karena pada kompetisi renang terdapat beberapa kelas dan gaya kompetensi yang bisa kita ikuti.

Sehingga tidak heran ada satu atlet yang mendapatkan 9 medali langsung pada cabang olahraga renang.

Apakah kita sudah mengetahui jenis-jenis gaya renang?

Untuk mengetahuinya kita bisa mendapatkan informasinya dengan memanfaatkan internet untuk pelajar.

Olahraga termasuk sarana yang memberikan peluang bagi pelajar untuk berprestasi. Sebab prestasi tidak hanya dalam bidang akademik saja. Apakah teman-teman sudah punya prestasi?

Untuk mendapatkan prestasi yang menurut kita terbaik kita bisa mendapatkannya dengan memaksimalkan potensi yang kita miliki. Internet untuk pelajar sangat memungkinkan hal tersebut.

Saat ini yang sering kita lihat di internet terutama YouTube adalah tutorial berbagai hal termasuk olahraga. Coba deh simak dan kuliti konten tutorial itu. Bisa kita manfaatkan untuk meraih prestasi. Tentang tutorial ini aku sering mendapatkannya dari laman buku. Aku sering memanfaatkan internet untuk pelajar fasilitas IndiHome yang terpasang sejak lama di rumahku. IndiHome[1] ini merupakan produk dari Telkom Group.

Dengan memanfaatkan internet untuk pelajar kita bisa mendapatkan hal apa saja. Namun kita juga harus teliti dalam menggunakannya. Sebab internet punya hal positif dan negatifnya. Hal paling menarik bisa kita dapatkan dengan mudah dan murah.

Setelah diperbaiki dan rapih sesuai arahan, bisa lanjut tayang

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image