Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Silvia Putri

Masa Depan Digital Semakin Mengagumkan, ini 3 Manfaatnya di Sektor Transportasi

Teknologi | Monday, 17 Oct 2022, 05:16 WIB

Masa Depan Digital - Digital menjadi sebuah pertimbangan penting bagi suatu perusahaan saat ini. Bukan hanya sebagai bidang pemasaran di media sosial ataupun website, akan tetapi lebih dari itu. Dengan digital, semua dapat berjalan sesuai dengan semestinya tanpa harus bergerak seincipun dari tempat Anda sekarang. Digital membuat siapa saja dapat melakukan apa saja dengan mudah. Dengan dengan adanya teknologi digital kontrol jarak jauh menjadi pilihan paling efisien. Karena itu tidak heran jika banyak sektor yang menggunakan teknologi digital. Mulai dari industri bioteknologi, pendidikan, pariwisata ataupun transportasi.

Ketua, Big Data & AI Association (ABDI), bapak Rudi Rusdiah dalam sebuah webinar pernah mengatakan, ‘Mengeksplorasi dan memanfaatkan teknologi , seperti AI (artificial Intelligence), Block Chain, Big Data dan Internet of things harus merevolusi dan mendorong integrasi teknologi digital untuk kemajuan sektor transportasi.”

Hal seperti menjadi pendorong bahwa masa depan digital di sektor transportasi akan semakin maju. Salah satu contohnya adalah sistem pemesanan tiket saat ini, dengan memesan dan memilih langsung via aplikasi ataupun website maka tiket dengan segala macam transportasi dapat dipilih dengan mudah. Ditambah lagi dengan early check in yang membuat kita sebagai penumpang tidak perlu harus konfirmasi secara langsung untuk tiket keberangkatan.

Kemudahan itulah yang seharusnya memberikan dampak positif untuk industri transportasi dan pariwisata. Sehingga penumpang dapat mengatur jadwal dan segala urusan lainnya melalui kecanggihan digital saat ini. Selain manfaat tersebut, berikut adalah 5 manfaat Masa Depan Digital di sektor transportasi:

Pesan Antar via Aplikasi

Layanan kirim barang saat ini menjadi semakin mudah dan dapat di tracking dari jarak jauh via aplikasi ataupun website. Baik pengiriman antar kota, provinsi bahkan negara. Selain itu, sebelum pengiriman dilakukan pengguna dapat memastikan terlebih dahulu ekspedisi apa yang sesuai dengan barang yang dikirimkan. Dan dapat juga melihat harga paket yang akan dikirimkan sesuai dengan deskripsi dan kapasitas barang.

Pembayaran Tol dengan Electronic Toll

Saat ini toll tidak lagi menerima uang cash sebagai sistem pembayaranya. Dengan begitu, pengguna jalan toll wajib memiliki kartu electronic yang dapat membayar di pintu masuk/keluar toll. Sistem ini sudah selesai diuji coba dan sudah diterapkan di semua gerbang toll di Indonesia. Dengan adanya perkembangan Infrastruktur Digital yang memudahkan masyarakat membuat sistem transportasi menjadi semakin baik dan terintegrasi satu sama lain.

Transportasi Pintar NEC

Saat ini telah dikembangkanya portofolio solusi yang dapat mengelola kemacetan lalu lintas. Dimana dengan penggabungan Artificial Intelligence dan Internet of Things yang dapat memudahkan penumpang hanya dengan satu kali tap in dan tap out dalam satu rute perjalanan. Walaupun dalam perjalanan tersebut memerlukan mengganti moda transportasi.

Dengan teknologi tersebut pengenalan wajah sebagai pengganti tiket fisik yang dapat terintegrasi dengan sistem Account Based Ticketing adalah hal yang mungkin saja dapat terjadi. Sehingga dalam sistem ini teknologi AI yang dapat menganalisa perilaku supir dalam mengemudi tanpa harus adanya laporan.

Kemajuan teknologi adalah suatu hal yang harus disyukuri. Apalagi dengan masa depan digital yang akan mempermudah masyarakat dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Dengan bantuan internet yang sedang dalam perkembangan 5G dan Wifi cepat membuat setiap sistem transportasi dapat bersatu. Keluarga yang akan melakukan perjalanan jauh juga dapat memaksimalkan itinerary mereka melalui internet untuk keluarga. Hal ini semakin digandrungi oleh masyarakat Indonesia.

Melakukan perjalanan keluar negeri misalnya, dengan internet untuk keluarga yang hanya memerlukan wifi (IndiHome ataupun provider lainnya) dapat direncanakan dengan rapi di rumah saja. Mulai dari pemesanan tiket, penginapan, transportasi yang akan digunakan selama di tempat tujuan bahkan mengirim barang-barang Anda sebelum berangkat juga dapat dilakukan.

Masa depan digital dalam segala sektor telah mempermudah masyarakat dalam banyak hal. Mengatur berbagai hal hanya melalui ponsel pintar yang mereka gunakan. Bahkan melalui kecanggihan IA dalam pengenalan wajah selama perjalanan juga memudahkan baik untuk perusahaan jasa transportasi ataupun penumpangnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image