Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lapas Kelas I Batu Nusakambangan

Lestarikan Pulau Nusakambangan, Poltekip Angkatan 53 Tanam 1000 Pohon Jati

Info Terkini | Friday, 14 Oct 2022, 11:34 WIB
Kalapas Batu bersama perwakilan Taruna Poltekip Angkatan 53 secara simbolis menyerahkan pohon untuk ditanam oleh Kalapas, Foto : Humas Lapas Batu

Nusakambangan - Taruna Poltekip Angkatan 53 Melakukan Penanaman 1000 Pohon yang tersebar di Pulau Nusakambangan, Jumat, 14 Oktober 2022

Taruna Poltekip 53 melaksanakan kegiatan magang mulai tanggal 5 september 2022, selama dua bulan magang Satriya Sancaya Karya Dhika Taruna Wreda Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Tingkat IV Angkatan LIII Tahun Akademik 2022. Tujuan Magang tersebut adalah agar para taruna dapat menerapkan teori-teori yang selama ini telah didapatkan pada saat menjalani masa perkuliahan dan mendapatkan pengalaman praktis sesuai apa yang ada di lapangan.

Penanaman 1000 pohon jati ini adalah proyek dari taruna/i Poltekip 53 dalam rangkaian acara magang Satriya Sancaya Karya Dhika Taruna Wreda Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Tingkat IV Angkatan LIII Tahun Akademik 2022 di pulau Nusakambangan.

Pohon Jati memiliki karakter yang kokoh dan perakaran kuat sehingga cocok ditanam di pulau Nusakambangan yang memiliki lahan perbukitan untuk mencegah longsornya tanah.

"Penanaman seribu pohon jati ini merupakan inisiasi dari kita (Poltekip Angkatan 53) sebagai ucapan syukur dan upaya kita untuk melestarikan pulau Nusakambangan, Selain itu juga bagi kami ini merupakan upaya melanjutkan tradisi dari Poltekip Angkatan sebelumnya" ujar Ketua Angkatan Poltekip Angkatan 53,Adhitya Putra Yuntoro.

Berlokasi di lapangan tembak Lapas Batu kegiatan dimulai dengan pelaksanaan apel terlebih dahulu di ikuti oleh 300 taruna Poltekip 53, CPNS Lapas Batu, dan Pejabat struktural serta Ka UPT se Nusakambangan- Cilacap.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Batu Nusakambangan, I Putu Murdiana selaku pembina apel menyampaikan "Saya apresiasi setinggi-tingginya kepada Poltekip Angkatan 53 atas upayanya dalam melestarikan pulau Nusakambangan, kemudian pulau Nusakambangan ini merupakan pulau pemasyarakatan bukan hanya sebagai tempat bekerja tetapi sebagai tempat mengabdi dan tempat tinggal sehingga wajib bagi kita untuk menjaga dan melestarikannya, yang terakhir saya berpesan setelah penanaman kita harus merawat pohon yang kita tanam, manfaat yang kita dapat dari penanaman pohon ini, mungkin tidak kita rasakan dalam waktu dekat ini tapi suatu saat nanti 10 atau 20 tahun mendatang pasti dapat kita tuai hasilnya".

Kegiatan dilanjutkan foto bersama dengan taruna Poltekip Angkatan 53 dan penanaman secara simbolis oleh Ka UPT se Nusakambangan-Cilacap atau perwakilannya. Sekitar kurang lebih 200 pohon akan ditanam di lingkungan Lapas Batu dan sisanya akan tersebar di UPT se Nusakambangan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image