Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image MANTAP GAN

Kebijakan Moneter dan Fiskal

Eduaksi | Wednesday, 12 Oct 2022, 07:39 WIB

Essai Ekonomi Moneter dan Fiskal

Kebijakan Moneter adalah kebijakan yang mengatur tentang peredaran uang disuatu negara, ya ini adalah definisi dari kebijakan ekonomi moneter dan fiskal yang saya pelajari di kampus, kebijakan moneter adalah suatu kebijakan dimana pemerintahan suatu negara mengupayakan dan mengatur bagaimana uang beredar dimasyarakat, sebab apabila uang yang ada tidak diatur peredarannya maka akan sangat berbahaya untuk perekonomian masyarakat disatu daerah itu tersendiri, Apabila semakin hari semakin banyak uang yang beredar dimasyarakat maka nilai suatu mata uang itu akan menjadi lemah dan tidak berarti, sebagian dari masyarakat kita mungkin belum tau akan dampak tersebut.

Sedikit cerita mungkin pernah dengar ada orang yang membuat pertanyaan seperti ini, “mengapa negara tidak mencetak uang sebanyak banyaknya lalu dibagikan ke masyarakat untuk menuntaskan kemiskinan yang di Indonesia?” Saya yakin sebagian besar pertanyaan tersebut, tapi apakah hal tersebut bisa dilakukan? Bisa saja, tapi yang jelas dengan melakukan hal tersebut itu bukan menjadi alternatif untuk menuntaskan kemiskinan, malahan dengan begitu membuat masyarakat kita semakin miskin dan susah, sebab seperti yang kita ketahui, semakin banyak uang yang beredar dimasyarakat maka nilai itu akan semakin lemah, dengan nilai uang yang semakin lemah maka perekonomian negara tersebut akan semakin memburuk. Seperti kita lihat di Zimbabwe untuk membeli telur atau hanya untuk sepotong roti saja itu diperlukan uang yang sangat banyak untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan, jika tidak salah untuk harga 3 butuh telur itu bisa sampai miliaran dalam mata uang Zimbabwe, tapi meskipun angka uangnya tinggi nilai dalam uang itu tetap saja rendah karena mata uang negara tersebut sangat lemah.

Maka dari itu pentingnya kebijakan moneter disuatu negara untuk mengatur dan membatasi peredaran uang yang ada dimasyarakat, karena akan sangat berbahaya apabila hal ini terjadi.

Kebijakan moneter dibuat berdasarkan analisa dan masukan seperti tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi, investasi, perdagangan internasional, dan faktor lainnya. Hal ini biasanya dilakukan oleh Bank Sentral dan kerjasama dengan pemerintah setempat untuk mengatur kebijakan tersebut.

Sementara itu, selain adanya kebijakan moneter ada juga yang namanya Kebijakan Fiskal, Kebijakan fiskal adalah kebijakan yang berasal dari pemerintah yang memengaruhi perekonomian melalui perubahan pengeluaran dan penerimaan pemerintah. Pemasukan yang diatur utamanya melalui pajak, dan pengeluaran yakni berupa anggaran yang dikeluarkan untuk menunjang program pemerintah.

Kebijakan fiskal bertujuan untuk mencapai kestabilan kondisi ekonomi dari suatu negara secara nasional. Kebijakan fiskal bertujuan untuk dapat memacu pertumbuhan ekonomi suatu negara. Kebijakan fiskal dapat membantu mendorong laju investasi.

Dalam pendekatan Keynes, kebijakan fiskal dapat menggerakkan perekonomian karena peningkatan pengeluaran pemerintah atau pemotongan pajak mempunyai efek multiplier dengan cara menstimulasi tambahan permintaan untuk barang konsumsi rumah tangga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image