Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Medium Info

Kembali Buka, KOPMI FKIP UM Metro Sediakan Menu Menarik

Kuliner | Tuesday, 11 Oct 2022, 21:35 WIB
Info Pembukaan KOPMI, Sumber: Dok Pribadi

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasar prinsip koperasi, sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat atas asas kekeluargaan. Koperasi mahasiswa merupakan kegiatan mahasiswa yang berfokus untuk mengembangkan dan mempelajari tentang bisnis maupun entrepreneur.

Setelah beberapa tahun fakum karena pandemi covid-19, kini KOPMI (Koperasi Pendidikan Ekonomi) FKIP UM Metro kembali hadir BUKA KEMBALI. Sebagai upaya penguatan profil lulusan Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro yang ke-2 yaitu Entrepreneur. Dan juga sebagai wadah implementasi mata kuliah kewirausahaan, UMKM dan Koperasi maupun mata kuliah lainnya yang mendukung profil lulusan entrepreneur.

Tujuan adanya peran koperasi mahasiswa, dikarenakan mahasiswa adalah bagian dari generasi emas bangsa yang akan ikut serta memajukan koperasi pada khususnya dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki dalam setiap diri. Salah satunya melalui kegiatan koperasi ini.

KOPMI dibentuk untuk menampung kegiatan mahasiswa dalam bidang usaha memenuhi kebutuhan mahasiswa dan merupakan sarana pelatihan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Pembangunan dan lain-lain, yang diperolehnya di bangku kuliah.

Fajri Arif Wibawa, S.Pd.,M.Pd. Ketua Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UM Metro mengungkapkan dengan ada koperasi mahasiswa ini, menjadi wadah untuk penerapan ilmu yang ada di kelas.

"Sehingga mahasiswa dapat merasakan secara langsung menjalankan sebuah usaha walaupun secara kapasitas kecil," terangnya.

Menurutnya tidak hanya sebagai implementasi materi-materi pada mata kuliah, namun ini juga salah satu upaya dari prodi untuk menguatkan profil lulusan prodi yang ke-2 yaitu entrepreneur.

"Mudah-mudahan melalui KOPMI ini, bisa menanamkan jiwa-jiwa wirausaha. Harapannya kelas setelah mahasiswa lulus, dapat menjadi wirausahawan mampu membuka sebuah badan usaha dan mampu membuka lowongan pekerjaan," tambah Fajri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image