5 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol yang Calon Pebisnis Wajib Tahu!

Image
Endar Julian
Bisnis | Monday, 06 Dec 2021, 01:45 WIB
Sumber gambar: pexels.com/Polina-Tankilevitch - Diedit oleh Endar Julian

Di era digital seperti saat ini, bisnis online menjadi jenis bisnis yang paling banyak diminati oleh para anak milenial. Jika anda mencarinya di internet, terdapat banyak sekali anak milenial yang sukses membangun bisnis online nya dan meraup banyak uang.

Jika anda adalah salah satu yang tertarik untuk menjadi salah satu anak milenial yang sukses di bisnis online, panduan cara memulai bisnis online dari nol ini dapat anda coba.

Panduan Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Melansir Informasi dari halaman lifepal.co.id, dijelaskan bahwa terdapat 5 cara memulai bisnis online dari nol. Adapun kelima cara yang tersebut meliputi:

1. Mengetahui Produk yang akan Dijual

Salah satu langkah paling awal dalam memulai bisnis online adalah dengan mengetahui dan memahami produk apa yang ingin anda jual.

Ketika telah memutuskan produk apa yang akan anda jual, selanjutnya anda harus memahami dengan baik spesifikasi/informasi mengenai produk tersebut. Sebagai contoh, misalnya anda memutuskan untuk menjual kosmetik, maka anda harus mengetahui jenis-jenis kosmetik yang populer dan juga keunggulannya.

Selain itu, anda harus mengetahui tingkat persaingan dari produk anda di pencarian Google. Semakin tinggi tingkat pencarian produk anda di Google, maka menandakan bahwa semakin banyak kompetitor anda.

Dalam hal ini, anda dapat menggunakan keyword research tool atau keyword planner untuk menelusurinya. Jika anda menemukan bahwa angka persaingan untuk produk anda terlalu tinggi, maka sebaiknya anda mencari varian lain dari produk anda yang persaingannya tidak terlalu tinggi, namun banyak dicari (memiliki volume pencarian tinggi).

2. Melakukan Riset Kompetitor

Menjalankan bisnis online, akan menjadi hal mustahil untuk tidak memiliki kompetitor. Kompetitor sendiri tidak sepenuhnya merupakan hal buruk untuk bisnis anda, pasalnya anda dapat menjadi kompetitor anda sebagai role model untuk menjalankan bisnis anda dengan sama atau bahkan lebih baik.

Oleh karena itu, anda harus melakukan riset kompetitor sebelum memulai bisnis online anda. Pelajarilah alur bisnis dan juga strategi marketing yang kompetitor anda gunakan, mulai dari bagaimana mereka berjualan, produk terlaris hingga kegagalan marketingnya.

Jadikan data tersebut sebagai informasi untuk anda dalam mengembangkan bisnis online anda. Jika anda merasa strategi marketing yang digunakan kompetitor anda sangat baik, bukan hal yang salah untuk meniru atau memodifikasinya.

3. Mencari Supplier Sekaligus Partner Bisnis Terpercaya

Ketika anda memulai bisnis online,maka membangun koneksi menjadi salah satu hal yang sangat penting. Koneksi dalam bisnis akan mempermudah dalam pengembangan bisnis online anda kedepannya. Dalam hal ini, koneksi yang dimaksud adalah supplier dari produk bisnis anda.

Pilihlah supplier yang menawarkan produk yang berkualitas dan juga dapat bekerja secara profesional. Bagian ini sangat penting, apalagi jika bisnis anda berkonsep dropshipper atau reseller. Anda harus menemukan supplier yang dapat merespon pesanan anda dengan cepat.

Untuk kasus lain, dimana anda memproduksi produk bisnis anda sendiri. Anda juga harus menemukan partner yang tepat untuk proses produksi produk anda. Misalnya, jika anda berbisnis sepatu brand lokal, maka anda dapat mencoba untuk bekerja sama dengan sejumlah pengrajin atau pabrik sepatu berkualitas yang ada di Indonesia.

4. Membangun Brand Untuk Bisnis Anda

Membangun brand juga adalah hal crucial dalam membangun sebuah bisnis online. Banyak bisnis online yang terpaksa gulung tikar dikarenakan gagal di bagian yang satu ini.

Untuk membangun brand sebuah bisnis, terdapat cukup banyak hal yang harus dilakukan mulai dari pemberian nama brand, pembuatan logo hingga membuat citra terpercaya dari brand anda.

Berilah nama yang menarik dan mudah diingat untuk brand bisnis anda. Selain itu, mulailah bangun ciri khas dari brand anda. Mari ambil contoh dari brand sepatu Aero Street.

Brand sepatu ini terkenal dengan citra brand sepatu lokal 99 ribu. Ini adalah salah satu contoh branding yang dapat dikatakan sukses.

Selain membangun brand, anda juga sebaiknya mengurus perihal HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) dari brand anda. Sehingga, nama brand anda tidak disalahgunakan. Dalam hal ini, anda dapat mengurusnya sendiri atau menggunakan jasa pendaftaran merek sebagai opsi yang lebih mudah.

5. Membangun Website dan Media Sosial Bisnis Anda

Untuk memasarkan produk bisnis anda, maka anda akan memerlukan website dan media sosial sebagai media pemasaran. Survei dari Verisign menyebutkan bahwa 56% customer tidak mempercayai bisnis online yang tidak memiliki website e-commerce nya sendiri.

Oleh karena itu, anda harus mulai membangun website e-commerce (toko online) dan juga media sosial profesional untuk memasarkan produk anda nantinya. Anda juga sebaiknya membuka toko online dari bisnis anda di berbagai marketplace belanja online yang tersedia saat ini.

Itulah panduan cara memulai bisnis online dari nol yang dapat anda pertimbangkan untuk ikuti jika ingin memulai bisnis online. Bagaimana? Apakah anda siap memulai langkah menjadi pebisnis online sukses?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Saya adalah seorang content writer dan blogger. Suka menulis dan berbagi hal informatif. Sekarang bekerja di sebuah perusahaan digital di Jakarta.

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Cara Menonton Drama Korea Gratis Dengan WeTV Apk Terbaru

Image

Mobil Golf Namanya Apa Sih? Ini Dia Penjelasan dan Jenis Mobil Golf Untuk Kamu Ketahui

Image

Ketika Homo Socius Berubah Menjadi Homo Roboticus dan Homo Digitalis

Image

Bersatu Dalam Karya Sinergi Gubah Rasa

Image

10 Rekomendasi Film Disney Hostar Terbaik 2022

Image

Rekomendasi Tempat Nonton dan Streaming Film Gratis Legal Banyak Film Terbaik

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image