Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rutan Banjarnegara

Dengan Kesadaran Sendiri, 2 Orang Warga Binaan Rutan Banjarnegara Ikrar Masuk Agama Islam

Agama | Tuesday, 11 Oct 2022, 08:36 WIB

Banjarnegara - Dengan kesadaran sendiri, Dua orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Banjarnegara resmi memeluk Agama Islam usai menandatangani surat pernyataan dan Ikrar masuk agama Islam. Ikrar tersebut dilaksanakan dimasjid Attaubah Rutan Banjarnegara, Senin (10/10/2022).

Saat berikrar, kedua WBP tersebut mengucapkan dua kalimat syahadat yang dipandu oleh Petugas dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banjarnegara dan disaksikan Kepala Rutan, pejabat struktural serta sejumlah warga binaan Rutan Banjarnegara.

Kepala Rutan Banjarnegara Karyono Bc.IP., S.H mengatakan ikrar masuk islam tersebut sebagai bentuk kesungguhan dan tekad dalam beragama.

"Ikrar ini sebagai pembuktian bahwa yang bersangkutan dengan kesadaran sendiri siap, bersedia dan tanpa paksaan dari pihak manapun untuk meninggalkan agama yang semula dan beralih memeluk agama Islam," ujar Ka Rutan

Selain itu Kepala Rutan mengatakan dengan ikrar status agama menjadi jelas.

"Dengan ikrar yang digelar oleh Rutan dan KUA Banjarnegara ini, maka secara administrasi status agama warga binaan tersebut telah resmi berubah menjadi beragama Islam dan nantinya akan menjadi dasar dalam pengusulan hak hak WBP tersebut termasuk Remisi Khusus Hari Raya", ucapnya.

Sementara itu F (salah satu WBP mualaf) mengatakan lega dan semakin bersyukur atas limpahan nikmat yang Allah SWT berikan.

"Alhamdulillah sekarang secara keyakinan dan administrasi dalam memeluk agama islam sudah terpenuhi, tidak ada lagi keyakinan yang lain selain meyakini bahwa Islam agamaku", ungkapnya

Selain itu dirinya mengucapkan terimakasih kepada pihak yang telah memfasilitasi dirinya untuk ikrar masuk Islam.

"Terimakasih kepada pihak Rutan Banjarnegara dan KUA Kecamatan Banjarnegara yang telah memfasilitasi saya dalam berikrar, selanjutnya mohon doa dan bimbingannya dalam mendalami dan melaksanakan kewajiban dalam beragama Islam", pungkasnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image