Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rina Harwati

Pengawas Apresiasi PKKM Kepala MTsN 6 Bantul

Eduaksi | Sunday, 05 Dec 2021, 16:37 WIB
Kepala MTsN 6 Bantul Beserta Jajarannya Berfoto Bersama Pengawas Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Bantul

Pemaparan profil dan program madrasah oleh Mafrudah dilakukan selama lima belas menit. Dipaparkannya upaya-upaya kepala dalam memajukan MTs Negeri 6 Bantul selama ini. Di bidang pengembangkan kepribadian dan sosial Mafrudah menyampaikan bahwa selama ini telah banyak kegiatan-kegiatan sosial yang dilakukannya baik secara intern maupun ekstern. Selain itu, sebagai cara untuk mewujudkan pribadi yang baik Mafrudah sering melakukan komunikasi kepada para wakil kepala madrasah dan kepala tata usaha dalam bentuk brifing setiap akan melakukan sebuah kegiatan. Tak lupa, dengan mengutamakan 5 S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun) selalu dikedepankan saat berkomunikasi dengan siswa, guru, dan pegawai MTs Negeri 6 Bantul. “Sudah banyak kegiatan sosial yang telah saya lakukan, misalnya takziah, aktif mengikuti kumpulan RT, dasawisma, darmawanita, dan sebagainya sebagai manifestasi pengembangan aspek sosial kepala madrasah,” ujarnya.

Pengawas Madrasah, Mugiyanta mengapresiasi pemaparan profil dan program madrasah saat pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) oleh Mafrudah, Kepala MTs Negeri 6 Bantul, Kamis (2/12). “Saya sangat mengapresiasi dan bangga atas pesatnya perkembangan yang sudah dicapai oleh MTs Negeri 6 Bantul saat ini. Waktu itu, ketika saya masih sering ke Wonokromo, keadaan madrasah belum seperti yang tampak pada penayangan profil tadi. Sekarang sudah banyak prestasi yang diraih termasuk pesatnya perkembangan perpustakaan serta beragamnya kegiatan madrasah,” ujar Pengawas Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Bantul.

Terdapat enam unsur yang harus dipenuhi oleh seorang kepala madrasah yakni kepribadian dan sosial, usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi guru dan tendik, dan hasil kinerja kepala madrasah. “Keenam unsur tersebut telah terpenuhi dengan baik saat dilakukan penilaian kinerja kepala madrasah oleh dua orang pengawas yaitu Ening Yuni Soleh Astuti dan Mugiyanta,” papar Zaenani Qodriyatun sekretaris tim PKKM MTs Negeri 6 Bantul.

Pemaparan profil dan power point berjalan lancar. Setelah selesai, masing-masing koordinator di setiap unsur melayani proses pencermatan dokumen oleh kedua pengawas penilai. Pada kesempatan itu pula dipresentasikan hasil produk olahan makanan dan minuman karya siswa MTsN 6 Bantul yang terdiri atas Ciker Matsanaba, black forest Matsanaba, dan air mineral Matsanaba. Seluruh tim berharap agar hasil PKKM ini bisa melampauai nilai PKKM tahun lalu.

Penulis: Rina Harwati, Wakil Kepala Urusan Kurikulum MTsN 6 Bantul

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image