Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image via sepiah

EDUCATIONAL CAMPING, GAYA BARU BELAJAR SERU

Edukasi | Saturday, 08 Oct 2022, 09:52 WIB
Doc.Kelompok 6

Educational Camping atau Educamp merupakan kegiatan outing class dalam outdoor education yaitu kegiatan belajar diluar ruangan dan didalam tenda. Belajar disini berbeda dengan halnya belajar seperti biasa dikelas, karena hakikatnya belajar itu tidak hanya dikelas atau ruangan, tapi bisa dikemas secara menarik dengan cara belajar di dalam tenda disertai kegiatan camping.

Educamp yang dilaksanakan oleh kelompok 6 KKN STIT Rakeyan Santang di dusun Mujiah Rt.01 Rw.01 diikuti oleh peserta usia 8 – 12 tahun, atau kelas 2 sd kelas 6 Sekolah Dasar. Kelompok 6 yang terdiri dari mahasiswa bernama Cahyo Pratanto, Sepiah, Karin Winengsih, Hilda Esmeralda.M dan dibimbing oleh dosen pembimbing Ibu Rini Novianti Yusuf, M.Pd bekerjasama dengan masyarakat sekitar dalam melaksanakan kegiatan Educational Camp.

Tujuan dari kegiatan ini selain menjalankan kewajiban program kerja selama KKN juga meningkatkan semangat belajar dengan cara yang menyenangkan. Yaitu dengan disertai kegiatan kemah / camping bersama. Kemah / camping disini berbeda halnya dengan kemah kegiatan pramuka pada umumnya, karena kemah / camping disini lebih menekankan pada kegiatan belajar mengajarnya. Selain disisipkan kegiatan kemahnya juga lebih kepada kegiatan belajar materinya.

Anak – anak belajar beberapa mata pelajaran yang memang perlu untuk dipelajari kembali atau butuh pehamaman khusus, seperti belajar matematika dan bahasa inggris.Kedua pelajaran tersebut dirasa perlu disajikan dengan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan sehingga anak tidak takut atau merasa susah dalam mengerjakannya, karena sejauh ini pelajaran tersebutlah yang banyak dianggap anak susah dan menjadi momok yang menakutkan, padahal bila disajikan dengan metode yang menarik justru anak – anak akan mudah dalam menangkap pembelajarannya.

Pada kegiatan Educational Camp anak – anak belajar, bermain, berekspresi, eksplorasi dan belajar bertanggung jawab, baik dalam mengerjakan soal pembelajaran, kegiatan games atau permainan dan juga dalam merapikan / mempersiapkan tempatnya. Anak – anak dilibatkan langsung dalam kegiatan pembuatan tenda dan persiapan.

Selain kegiatan pembelajaran juga dilakukan kegiatan cooking together atau memasak bersama untuk makan siang, karena memang di desain kegiatan camping jadi untuk kegiatan makan siangnya pun dilakukan bersama di tenda seperti halnya kita sedang berkemah. Tentu anak – anak antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Anak – anak sangat antusias dalam mengikuti kegitan tersebut, karena anak – anak merasakan nuansa belajar yang berbeda dari biasanya, yakni kegiatan belajar yang menyenangkan dan mereka tidak merasa bosen karena disertai dengan kegiatan games atau permainan. Anak – anak seperti direfresh kembali dengan penyampaian – penyampaian materi yang menyenangkan sehingga mengerjakan soal menjadi mudah dan gampang.

Kegiatan educamp ini dilakukan seharian full dari pagi sampai sore, tetapi tidak sampai bermalam. Karena kegiatana kita memang hanya berfokus mengisi pembelajaran mata pelajaran matematika dan Bahasa inggris atau merefresh pelajaran – pelajaran lain untuk dibahas kembali dikegiatan tersebut.

Tidak hanya sebagai penggugur kewajiban program kerja pada KKN STIT Rakeyan Santang saja, tetapi mahasiswa khususnya kelompok 6 dengan tulus dari hati menggelar kegiatan tersebut, baik persiapan materi pembelajaran, moril dan materilpun dipersiapkan.

Kegiatan ini tidak hanya disambut baik dan antusias oleh anak anak, tetapi juga oleh orang tua siswa dan warga sekitar, hal ini dibuktikan dari support dan sumbangsih dari warga sekitar tempat pelaksanaan. Mereka ikut membantu mempersiapkan untuk berlangsungnya kegiatan Educational Camp.

Semoga dengan diadakannya kegiatan Educational Camp ini, dapat merefresh dan menambahkan kembali semangat belajar anak – anak di Rt.01 Rw.01 Dusun Mujiah, Kecamatan Teluk Jambe Barat Karawang, khususnya siswa siswa di SDN 1 Mekar Mulya dan DTA Al mujahidin.

Mereka yang tadinya menganggap pelajaran matematika dan Bahasa inggris itu sulit akan menjadi mudah setelah mengikuti kegiatan educamp ini, karena sudah dibimbing dengan pembelajaran menggunakan metode yang asyik dan seru dalam mengerjakan soal – soal, yang tadinya belum memahami atau bahkan beum ada pembelajaran Bahasa inggris menjadi tahu, karena pelajaran bahasa inggris di SDN 1 Mekar Mulya sendiri diberikan hanya pada kelas level atas saja. Jadi mereka yang memang baru tahu menjadi sangat senang dan lebih semangat lagi.

Semoga dengan kehadiran mahasiswa pada kegiatana KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) dapat memberikan pengaruh yang baik khususnya dibidang pendidikan yaitu dengan diadakanya kegiatan – kegiatan pembelajaran yang seru dan menarik serta ekspresif.

Kegiatan belajar pada Educamp kelompok 6 KKN STIT RAKEYAN SANTANG
Makan bersan pada Educamp Kelompok 6 STIT RAKEYAN SANTANG

Penulis : Chahyo Pratanto, Hilda Esmeralda Maryam, Karin Winengsih, Sepiah ( Kelompok 6 )

DPL : Rini Novianti Yusuf, M.Pd

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image