Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ketut Agus

PPSDM Migas Sabet Juara II pada Penghargaan Subroto Bidang Energi 2022

Eduaksi | Thursday, 06 Oct 2022, 15:17 WIB

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar Penghargaan Subroto Bidang Energi (PSBE) 2022 yang merupakan perwujudan salah satu program untuk mendorong percepatan, penerapan prinsip prinsip efisiensi energi baik di industri, komersial maupun lingkungan pemerintah termasuk di pemda. Penghargaan ini diberikan kepada para pengelola gedung, industri dan instansi pemerintah yang telah berhasil mengimplementasikan efisiensi dan konservasi energi yang kali ini, diselenggarakan secara hybrid di Gedung Sarulla Kementerian ESDM, Jakarta pada hari Rabu, 05 Oktober 2022.

Dadan Kusdiana, Direktur Jendral Energi Baru Terbarukan dan Konservasi menjelaskan bahwa gelaran SPBE ini adalah kegiatan yang keberlanjutan dari Hari Jadi Pertambangan dan Energi. Para pemenenang yang memeneuhi persyaratan akan menjadi wakil Indonesia dalam Asean Energi Award di tahun depan.

“Sejak 2012 PSBE ini telah diikuti 943 peserta, untuk 2022 ada 191 peserta atau 31% meningkat dari tahun yang lalu. Kategori untuk tahun ini adalah Gedung hemat energi terdapat 31 proposal dengan 5 kategori yaitu gedung hijau, gedung baru, gedung retrofit, gedung tropis dan inovasi khusus. Yang ke-2 adalah manajemen energi industri terdapat 132 proposal meliputi manajemen energi industri dan di gedung yaitu gedung kecil menengah, gedung besar, industri penambangan dan energi, industri manufaktur besar, kemudian kecil dan menengah dan ada inovasi khusus. Yang terakhir adalah penghematan energi instansi pemerintah terdapat 28 yang berpartisipasi meliputi penghematan energi di gedung kantor pemerintah yaitu pusat dan daerah,” ungkapnya.

“Rincian pemenang dari kategori tersebut, untuk kategori hemat energi di kategori gedung hijau ada 3 pemenang, gedung baru ada 3 pemenang, gedung tropis ada 2 pemenang, gedung retrofit ada 2 pemenang dan inovasi ada 1 pemenang inovasi khusus untuk zero energy building. Kemudian kategori manajemen energi ada gedung kecil dan menengah 3 pemenang, gedung besar 3 pemenang, industri pertambangan dan industri manufaktur besar, kecil dan menengah masing masing 3 pemenang dan inovasi khusus ada 41 pemenang. Kemudian penghematan energi di pusat ada 3 pemenang dan di daerah ada 3 pemenang,” tambahnya.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) ikut serta berpartisipasi dalam PSBE ini dan berhasil menyabet Juara II Kategori Manajemen Energi Sub Kategori Gedung Besar.

Kepala PPSDM Migas, Waskito Tunggul Nusanto mengungkapkan bahwa PPSDM Migas selalu concern terhadap inovasi untuk pelanggan termasuk memberikan support penuh terhadapa program efisiensi yang digiatkan oleh Pemerintah.

“Hemat energi bagi kami adalah perbaikan kinerja. Hemat energi tidak berarti mengurangi kenyamanan dan keselamatan kerja. Sehingga hemat energi merupakan salah satu pilihan dalam membuat setiap keputusan investasi maupun operasional,” tegasnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image