Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mochammad Rizki Pratama

Mudahnya Belajar Bahasa Arab di STIBA AR-RAAYAH

Agama | Wednesday, 05 Oct 2022, 11:03 WIB

STIBA Ar-raayah terletak di kabupaten sukabumi tepatnya di Kecamatan Cikembar Kampung Cimenteng yang lokasinya sangat sejuk dan asri dikarenakan masih banyak pepohonan hijau yang sangat terawat. Kampus ini memiliki luas kurang lebih 15 Hektar yang didalamnya terdapat asrama untuk mahasiswa dan mahasiswi, perumahan ustad, hotel bagi mahasiswa yang akan dijenguk, Masjid yang megah, Ruang Kuliah dengan fasilitas yang lengkap untuk menunjang kegiatan belajar mengajar Mahasiswa.Lo

Logo Stiba Arrayah

Di STIBA Ar-raayah memiliki program unggulan yaitu penyetaraan kemampuan bahasa Arab yang disebut dengan I’dad Lughowi disana para Calon Mahasiswa STIBA Ar-raayah akan digembleng dan disamaratakan kemampuan bahasanya selama satu tahun penuh, dan bagi mereka yang lolos dalam penggemblengan tersebut baru bisa lanjut untuk menjadi Mahasiswa Aktif STIBA Ar-raayah dan yang belum bisa mencapai standar minimum akan dipulangkan dan diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikannya di kampus lain.

Ada dua Jurusan yang bisa diambil oleh mahasiswa STIBA Ar-raayah diantaranya adalah Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dan Komunikasi Penyiaran Islam. kabar baiknya STIBA AR-RAAYAH akan berkembang menjadi INSTITUT ISLAM CENDIKIA dengan menambahkan beberapa Prodi baru diantaranya Sarjana Pendidikan Agama Islam, Sarjana Manajemen Pendidikan Islam, Sarjana Hukum Keluarga, Sarjana Ekonomi Syariah dan Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab.

STIBA AR-RAAYAH telah berhasil mendapatkan akreditasi B setelah melalui beberapa proses, dan ini merupakan awal yang baik bagi kampus kecil yang mengunggulkan bahasa arab saat proses kegiatan belajar mengajarnya, dan semoga terus berkomitmen untuk meningkatkan mutu akademik dengan mencapai Akreditasi nasional Unggul dan internasional untuk program studinya.

Jika dilihat dari lulusan STIBA ARRAAYAH banyak diantara mereka yang langsung diminta oleh Pondok Pesantren untuk dijadikan Pengajar Ahli di bidang bahasa Arab, ada pula yang melanjutkan jenjang pendidikannya di Pasca Sarjana dan ada pula yang berkhidmah menjadi Da’i dan Pebisnis. Dan apabila dilihat dari Predikat Mahasiswa di Sidang Senat Terbuka (Wisuda), lebih dari 50% Mahasiswa mendapatkan predikat PUJIAN ditambah berbagai macam prestasi lainnya, seperti Hafalan Qur’an 30 Juz Lomba Debat Bahasa Arab, Lomba Pidato Bahasa Arab dll.

Diantara kelebihan dan keunggulan yang telah kami sebutkan ada sisi lain yang sangat diunggulkan di STIBA Ar-raayah selain Bahasanya yang sangat bagus, yaitu dalam sisi peraturan. dan diantara peraturan yang bisanya sangat ditakuti oleh Mahasiswa tapi sangat berpangaruh dalam bagi perkembangan prestasi siswa adalah

Ar-raayah tidak memberikan libur selama 2 tahun kepada mahasiswa barunya.

Ar-raayah tidak mengizinkan Mahasiswanya untuk memiliki Perangkat Telepon dan hukumannya bagi mahasiswa yang ketahuan menyelundupkan HP akan terancam dikeluarkan, dan peraturan ini tetap akan ditegakkan walaupun umur mahasiswa mendekati H-3 Wisuda.

Mahasiswa STIBA Ar-raayah dilarang mencuci baju sendiri.

dan sederet peraturan lainnya yang intinya semua peraturan yang dibuat di STIBA ARRAAYAH bertujuan untuk menjaga Ekosistem di Kampus.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image