Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Farhan Alhakiki

Psikologi dalam Dunia Bisnis

Bisnis | Wednesday, 05 Oct 2022, 09:12 WIB

Psikologi dalam bisnis merupakan pengelolaan dan pemeliharaan pola pikir dan kesehatan mental yang terbukti menjadi unsur paling penting untuk menjadi pengusaha sukses atau pemimpin bisnis.Dengan demikian ada satu ilmu yang bermanfaat dan perlu dipelajari sebelum memlulai berbisnis yaitu Piskologi Marketing.

Gie dalam tulisannya di Web Accurate mengatakan psikologi marketing adalah ilmu yang memberikan pemahaman mengenai persoalan motif yang mempengaruhi emosi pembelian sebuah produk atau jasa,Bukan hanya mempengaruhi emosi saja dan juga tindakan pasar dalam memberikan pandangan terhadap suatu produk dimana produk tersebut merupakan barang ataupun jasa yang ditawarkan oleh para pebisnis.

sumber foto : Pinterest @Udeytechnology

Menurut sebuah studi dipimpin oleh Michael Freedman di University of California menemukan bahwa 72 persen dari pengusaha yang masih aktif yang disurvei memiliki masalah kesehatan mental yang dilaporkan sendiri,Tanpa perhatian khusus pada kondisi mental anda bermain anda bisa kalah dalam permainan bisnis sebelum Anda turun langsung ke lapangan.

Oleh karena itu ada beberapa prinsip/konsep dalam psikologi marketing,Berikut ini merupakan prinsip perilaku konsumen dalam psikologi marketing yang berkaitan dengan upaya dalam mengembangkan sebuah bisnis:

Priming, dalam ilmu psikologi priming dijelaskan sebagai suatu keadaan dimana stimulus atau kejadian dapat menambah informasi tertentu yang telah diingat sebelumnya,Banyak pebisnis yang menggunakan teknik pemasaran priming secara halus,Anda dapat membantu pengunjung website untuk mengingat informasi penting tentang brand anda,Atau bahkan dapat mempengaruhi perilaku pembelian mereka.

Timbal Balik, secara sederhana jika seseorang melakukan sesuatu untuk Anda, maka Anda akan secara alami ingin melakukan sesuatu untuk mereka. Dalam bisnis ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengambil keuntungan timbal balik ini. Mulai dari voucher, suvenir kaos bermerek, ebook eksklusif dan lain sebagainya.

Social Proof atau bukti sosial adalah teori bahwa orang akan mengadopsi keyakinan atau tindakan sekelompok orang yang mereka sukai atau percayai,salah satu cara mudah untuk membuat sebagian besarsocial proofadalah melalui website atau blog.

Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika ada pertanyaan seputar yang sudah kita bahas, Anda bisa meninggalkannya di kolom komentar, ya. See you in the next article !

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image