Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ismail Suardi Wekke

KAHMI MD Maros Persiapkan MusDa, Konsolidasikan Potensi Alumni HMI Untuk Sumbangsih Daerah

Eduaksi | Wednesday, 05 Oct 2022, 05:12 WIB

KAHMI MD Maros mempersiapan musda yang akan berlangsung Sabtu, 8 Oktober 2022 di Turikale, Maros.

Dalam maklumat yang dikeluarkan KAHMI MD Maros, panitia telah mengedarkan undangan peserta. Begitu pula sebelumnya telah mengumumkan susunan panitia pengarah.

Kegiatan Musyawarah Daerah akan dilaksanakan sebagai kelanjutan konsolidasi kelembagaan. Disamping konsolidasi kelembagaan, juga sebagai momen organisasi untuk menjaga kelangsungan perkaderan.

Sebagaimana diketahui, salah satu agenda KAHMI dalam skala nasional pelaksanaan munas yang akan datang di kota Palu, Sulawesi Tengah.

Tidak saja dengan agenda tersebut, KAHMI MD Maros juga menjadikan kesempatan ini untuk menjaga kelangsungan organisasi.

Muhammad Yunus Tiro, SH., Ketua Umum KAHMI MD Maros menyatakan bahwa sementara persiapan ini, panitia juga melakukan sosialisasi. Termasuk diantaranya menyebarkan surat undangan.

"Target peserta insya Allah terpenuhi, panitia pelaksana sementara mempersiapkan segala sesuatu untuk menyongsong perhelatan musda," tutur Yunus Tiro, di masa ber-HMI menjabat Ketua Umum Korkom Universitas Hasanuddin.

KAHMI Maros, Zakat, dan Konsolidasi Kelembagaan

Salah satu kegiatan yang berkesinambungan dalam kepengurus KAHMI MD Maros adalah pembentukan Unit Pengumpul zakat (UPZ) yang dikoordinasikan dengan Baznas Maros.

Tidak saja itu, setelah pembentukan UPZ secara aktif menggalang donasi setiap saat, termasuk Jumat. Dalam kesempatan tertentu, seperti ketika terdapat wilayah di Maros yang terdampak angin puting beliung, KAHMI MD Maros bersama dengan UPZ KAHMI Maros menerjunkan relawan dan juga menyalurkan bantuan ke warga yang terdampak.

Termasuk dalam menyongsong datangnya idul fitri. Donasi yang tersedia di kas UPZ KAHMI Maros disalurkan dalam bentuk penyerahan bahan pokok.

Dengan keberadaan UPZ KAHMI Maros ini menjadi bagian dalam menjaga komitmen keumatan dan kebangsaan. Dimana tidak saja menjadi konsolidasi kelembagaan, namun peran-peran luas tidak terbatas pada aktivitas akademik semata.

"Lebih jauh dari itu, KAHMI Maros menunjukkan bahwa "label" KAHMI sebagai organisasi setingkat di atas arisan sudah ditinggalkan," kata Ismail Suardi Wekke, akademisi Pascasarjana IAIN Sorong yang kelahiran Camba, Maros.

Menutup perbincangan terkait Musyawarah Daerah KAHMI Maros, Ismail mengemukakan bahwa ini menjadi kesempatan mempertahankan komitmen KAHMI sebagai bagian dari kontribusi keumatan dan kebangsaan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image