Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nando Rifky

5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Memulai Bisnis

Info Terkini | Sunday, 05 Dec 2021, 04:00 WIB

Saat ini, banyak anak muda yang lebih cenderung ingin terlibat dalam bisnis daripada dipekerjakan di sebuah perusahaan. Pasalnya, dengan menjadi pebisnis memberi mereka lebih banyak kebebasan dalam mengekspresikan kreativitas mereka.

Sayangnya keinginan besar untuk berwirausaha ini seringkali terkendala masalah keuangan. Seringkali, ide-ide fantastis mereka untuk membuat bisnis hanya berakhir sebagai rencana.

Bagi Anda yang memiliki ide bisnis namun terkendala dengan modal kecil, berikut 3 cara untuk membangun bisnis yang kami lansir dari Universitas Podomoro selaku salah satu perguruan tinggi entrepreneur tervaforit di Indonesia.

Investasi

Investasikan dari awal, misalnya investasikan uang Anda melalui Reksa Dana Pasar Uang untuk jangka pendek, reksa dana saham jangka panjang dengan imbal hasil tinggi, deposito, dan lain-lain. Setelah dirasa cukup, Anda bisa menggunakan uang tersebut sebagai modal awal untuk memulai bisnis Anda.

Partner

Jika Anda sudah memiliki ide yang bagus, konsep yang baik dan perencanaan yang matang, carilah partner yang memiliki visi dan misi yang sama dalam membangun bisnis. Ketika sudah berada di halaman yang sama, buatlah kesepakatan mulai dari modal usaha, pembagian tugas, bagi hasil agar tidak terjadi kesalahpahaman di tengah perjalanan.

Meminjam Orang Terdekat

Selain itu, Anda juga bisa meminjam uang dari orang terdekat. Orang terdekat disini bisa dikatakan keluarga, saudara, teman, sahabat ataupun yang lainnya.

Namun perlu Anda ingat, meskipun kemungkinan besar Anda mendapatkan modal usaha dari orang terdekat, pastikan Anda akan menepati janji untuk segera mengembalikannya. Akan tetapi, ini juga tidak menutup kemungkinan untuk melunasinya seiring dengan peningkatan keuntungan dari bisnis yang Anda jalani.

Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah

Demi mengembangkan dunia usaha di Indonesia, pemerintah juga memiliki program untuk membantu pelaku usaha dengan memberikan pinjaman modal usaha. Disini, pemerintah memberikan dua opsi modal usaha, yaitu dalam bentuk kredit (seperti KUR & PKBL) dan non-kredit (seperti PNPM Mandiri & UMi).

Pinjaman Bank

Ajukan pinjaman kredit untuk bisnis ke bank. Misalnya, BCA memiliki program yang dapat membantu Anda mendapatkan modal usaha, yaitu Program Kredit Usaha Rakyat.

Program ini memberikan solusi pembiayaan dan pinjaman yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda dapat menikmati lebih banyak fleksibilitas dengan meminta pinjaman dana cepat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image