5 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Memulai Bisnis

Image
Nando Rifky
Info Terkini | Sunday, 05 Dec 2021, 04:00 WIB

Saat ini, banyak anak muda yang lebih cenderung ingin terlibat dalam bisnis daripada dipekerjakan di sebuah perusahaan. Pasalnya, dengan menjadi pebisnis memberi mereka lebih banyak kebebasan dalam mengekspresikan kreativitas mereka.

Sayangnya keinginan besar untuk berwirausaha ini seringkali terkendala masalah keuangan. Seringkali, ide-ide fantastis mereka untuk membuat bisnis hanya berakhir sebagai rencana.

Bagi Anda yang memiliki ide bisnis namun terkendala dengan modal kecil, berikut 3 cara untuk membangun bisnis yang kami lansir dari Universitas Podomoro selaku salah satu perguruan tinggi entrepreneur tervaforit di Indonesia.

Investasi

Investasikan dari awal, misalnya investasikan uang Anda melalui Reksa Dana Pasar Uang untuk jangka pendek, reksa dana saham jangka panjang dengan imbal hasil tinggi, deposito, dan lain-lain. Setelah dirasa cukup, Anda bisa menggunakan uang tersebut sebagai modal awal untuk memulai bisnis Anda.

Partner

Jika Anda sudah memiliki ide yang bagus, konsep yang baik dan perencanaan yang matang, carilah partner yang memiliki visi dan misi yang sama dalam membangun bisnis. Ketika sudah berada di halaman yang sama, buatlah kesepakatan mulai dari modal usaha, pembagian tugas, bagi hasil agar tidak terjadi kesalahpahaman di tengah perjalanan.

Meminjam Orang Terdekat

Selain itu, Anda juga bisa meminjam uang dari orang terdekat. Orang terdekat disini bisa dikatakan keluarga, saudara, teman, sahabat ataupun yang lainnya.

Namun perlu Anda ingat, meskipun kemungkinan besar Anda mendapatkan modal usaha dari orang terdekat, pastikan Anda akan menepati janji untuk segera mengembalikannya. Akan tetapi, ini juga tidak menutup kemungkinan untuk melunasinya seiring dengan peningkatan keuntungan dari bisnis yang Anda jalani.

Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah

Demi mengembangkan dunia usaha di Indonesia, pemerintah juga memiliki program untuk membantu pelaku usaha dengan memberikan pinjaman modal usaha. Disini, pemerintah memberikan dua opsi modal usaha, yaitu dalam bentuk kredit (seperti KUR & PKBL) dan non-kredit (seperti PNPM Mandiri & UMi).

Pinjaman Bank

Ajukan pinjaman kredit untuk bisnis ke bank. Misalnya, BCA memiliki program yang dapat membantu Anda mendapatkan modal usaha, yaitu Program Kredit Usaha Rakyat.

Program ini memberikan solusi pembiayaan dan pinjaman yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Anda dapat menikmati lebih banyak fleksibilitas dengan meminta pinjaman dana cepat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Profil Haruna Soemitro : Anggota Exco PSSI yang Kontroversial

Image

Apa itu Swagbucks Apk? Situs Nonton Video Dibayar Uang

Image

Kenapa Free Fire Max di Hapus, Berikut penjelasannya dan Informasi Rilis kembali

Image

Cara Membatalkan Pesanan di Tiktok Shop dengan Mudah

Image

MP3 Juice Update: Unduh Musik dengan Lebih Mudah

Image

Cara Download Video Reels IG (Instagram) HD Terbaru 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image