Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Muhammadiyah Bandung

UM Bandung Kukuhkan dan Lantik Mahasiswa Baru di Auditorium KH Ahmad Dahlan

Edukasi | Tuesday, 04 Oct 2022, 12:31 WIB
Suasana sidang terbuka pengukuhan dan pelantikan ribuan mahasiswa baru UM Bandung yang berlangsung di Auditorium KH Ahmad Dahlan beberapa waktu lalu (Dok Promosi & PMB UM Bandung)

BANDUNG – Universitas Muhammadiyah Bandung (UM Bandung) resmi melantik dan mengukuhkan ribuan mahasiswa baru dalam sidang senat terbuka di Auditorium KH Ahmad Dahlan UM Bandung pada Kamis (29/09/2022) lalu.

Rektor UM Bandung Herry Suhardiyanto dalam pidatonya mengatakan bahwa perubahan zaman saat ini sangat cepat.

Negara-negara maju telah dan sedang berkompetisi di era revolusi industri 4.0. Bahkan Jepang sudah masuk era society 5.0.

Pada era disrupsi ini, kata rektor, memengaruhi berbagai sendi kehidupan. Semua proses dan dinamika kehidupan mengalami dampaknya.

Hampir semua aspek kehidupan berproses dengan cara yang sebelumnya tidak pernah atau sangat langka, yakni daring (online), yang menggunakan perangkat IT.

“Peningkatan kesadaran teknologi informasi suatu keniscayaan dalam menghadapi era disrupsi sekarang,” kata rektor.

Empat bekal

Untuk menghadapi era sekarang, tutur rektor, mahasiswa harus berani keluar dari zona nyaman dan melakukan perubahan. Namun, untuk melakukannya, para mahasiswa harus memiliki bekal dan kemampuan agar sukses mewujudkannya. Apa saja?

Pertama, kemampuan intelektual

Sebagai agen perubahan, mahasiswa dituntut mengedepankan kemampuan intelektualnya dalam berpikir dan bertindak.

“Saudara harus serap ilmu pengetahuan dan teknologi dengan baik. Salah satunya menyelesaikan studi tepat waktu dengan IPK memuaskan,” ucap rektor.

Kedua, aktif berorganisasi

Rektor berpesan para mahasiswa untuk aktif di organisasi kemahasiswaan, baik di kampus maupun di luar kampus.

“Keuntungannya yaitu mengasah kemampuan manajerial, kemampuan kerja sama, melatih kepercayaan diri, dan memperluas relasi,” tutur rektor.

Ketiga, meningkatkan skill atau keterampilan

Selain membekali dengan ilmu pengetahuan, para mahasiswa juga harus memiliki skill atau keterampilan, terutama untuk memasuki era teknologi saat ini.

“Misalnya keterampilan berkomunikasi, kemampuan memecahkan masalah, dan mampu berkolaborasi,” kata rektor.

Keempat, memiliki akhlak mulia

Dalam menghadapi era revolusi tersebut, mahasiswa tidak cukup memiliki pengetahuan dan keterampilan. Namun, mereka juga wajib memiliki karakter atau moral yang baik dan mulia supaya menjadi insan paripurna.

“Perkuatlah jati diri Saudara sebagai agen perubahan yang memiliki kematangan dan kedewasaan dalam berpikir,” tegas rektor.

Rektor berharap mahasiswa baru UM Bandung, selain terampil menggunakan IT, pun menyadari kelemahan dan kefanaan manusia.

“Bersungguh-sungguhlah belajar di Universitas Muhammadiyah Bandung. Saudara akan disiapkan untuk memiliki kemampuan literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia sehingga menjadi Islamic Technopreneur,” tandas rektor.

Adapun yang hadir dalam sidang senat terbuka, di antaranya Sekretaris Senat Ellyza Nurdin, Wakil Rektor I Hendar Riyadi, dan Wakil Rektor II Ahmad Diponegoro.

Selain itu, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Syafrudin Masri serta Dekan Fakultas Sosial dan Humaniora Nanang Rizali.

Juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ia Kurnia, Dekan Fakultas Agama Islam Afif Muhammad, Kepala Lembaga, Kepala Bagian, Anggota Senat UM Bandung, dan para Ketua Program Studi. *** (FA/FK/CH)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image