Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Unimuda Sorong

UNIMUDA Sorong Gelar Pelatihan OK-PACE Guna Meningkatkan Produk UMKM di Sorong

Eduaksi | Monday, 03 Oct 2022, 12:29 WIB

UNIMUDANews | Pada Agustus (8/22) lalu, berdasarkan Surat Pengumuman Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Nomor: 0636/E/KS.06.02/2022 tentang daftar proposal penerima bantuan Matching Fund. Tim Dosen Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong yang diketuai Syafira Putri Ekayani, M.Psi., Psikologi., berhasil meraih Hibah Program Mathcing Fund Tahun Anggaran 2022 Periode Maret dan April pada Gelombang 4.

Pada pengajuan proposal tersebut diajukan karena tim mendapati bahwa terjadi banyak permasalahan pada UMKM di Sorong, khusunya di Kabupaten Sorong. UMKM yang dimaksud tersebut terkhusus pada bidang kuliner dan kerajinan. Permasalahan tersebut ditemukan oleh tim perihal branding, packaging dan media digital.

Menindaklanjuti hal tersebut tim UNIMUDA Sorong menggelar Pelatihan OK-PACE untuk Pengembangan Produk UMKM yang digelar selama 3 hari sejak Senin hingga Rabu (26-28/9) di Aimas Hotel dalam rangka optimalisasi potensi yang dimiliki dalam melakukan branding, packaging dan menjadikan media digital sebagai salah satu media pemasaran.

Adapun pada pembukaan kegiatan tersebut dihadiri oleh Marthen Pajala, S.Tp., M.Si., Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Sorong, Surya Putra Raharja, M.Pd., Wakil Rektor II, Suroso, S.IP., M.A., Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Sorong.

Pada sambutannya Marthen menceritakan tentang Pasar UMKM yang baru saja ia sambangi sebelum tiba di lokasi kegiatan yang mana kegiatan tersebut merupakan upaya dari pemerintah daerah untuk melakukan pemulihan kepada ekonomi masyarakat.

“Kami melihat antusias luar biasa dan apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah berupaya membentuk atau membuat pasar UMKM termasuk juga dengan kegiatan yang sekarang sedang berlangsung. Hal ini merupakan suatu upaya yang sama untuk membantu melakukan pemulihan terhadap perekonomian masyarakat, peningkatan kompetensi dan SDM para pelaku UMKM sehingga lebih mampu memproduksi produk yang berkualitas dan dapat bersaing dengan pasaran skala nasional dan internasional.” Ungkapnya.

Adapun pada kesempatan yang sama Wakil Rektor II, Surya Putra Raharja, M.Pd., menjelaskan terkait dengan kegiatan yang sedang berlangsung tersebut bekerja sama dengan Perindagkop dan Kedaireka untuk UMKM di Kabupaten Sorong.

“Kami saling berkoordinasi dengan dinas untuk mencoba menyusun program-program yang selama ini belum bisa diberikan kepada UMKM di Sorong. Kami berdiskusi untuk mengajukan program-program ini untuk tim kedaireka di Nasional dan kegiatan ini didanai oleh Tim Pusat Kedaireka untuk mendukung program-program yang di Pemerintah Daerah sehingga hal ini menjadi salah satu contoh untuk program berikutnya karena kegiatan ini tiap tahunnya ada. Kegiatan ini merupakan salah satu solusi untuk menguatkan UMKM. Kami juga berharap dari program ini dapat memberikan manfaat bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualannya.” Jelas Surya.

Surya juga menjelaskan bahwa program ini terhimpun dari beberapa rentetan agenda yang mana nanti pada akhir kegiatan akan dilaksanakan pameran atau semacam festival dimana nanti para UMKM dapat memamerkan produknya.

Selanjutnya sambutan yang disampaikan oleh Suroso, S.IP., M.A., Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Sorong yang pada kesempatan tersebut hadir mewakili Bupati Sorong. Beliau juga menyampaikan salam dan permohonan maaf Bupati Sorong yang pada kesempatan tersebut berhalangan hadir.

“Bapak/Ibu sekalian saya ingin menyampaikan salam dan permohonan maaf Bupati Sorong yang pada kesempatan tersebut berhalangan hadir karena ada agenda lain. Pak/Bu tiga hari kedepan ini bapak/ibu akan berkumpul disini mengikuti kegiatan ini, saya minta harus dengan hati yang bahagia.” Ungkapnya.

Suroso juga berpesan bahwa kegiatan yang sedang berlangsung tersebut merupakan bentuk kolaborasi yang harus dijaga dan dipertahankan. Beliau juga mengungkapkan bahwa UMKM termasuk pilar terpenting bagi Pemerintah Daerah karen bisnis merupakan salah satu yang diperlukan untuk membangun suatu daerah.

Kegiatan tersebut merupakan program Kerjasama yang dilakukan antara UNIMUDA dengan Task Force Matching Fund Kedaireka dan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Sorong, untuk UMKM binaan Pusat Layanan Terpadu (PLTU). (kdx)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image