Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Umsida Menyapa

Umsida Entrepreneurship Adakan Workshop Knowledge Entrepreneur

Info Terkini | Monday, 03 Oct 2022, 11:18 WIB

Program ISS PKKM Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) Entrepreneurship (UE) telah berproses untuk mewujudkan target kegiatan ini. Tim ISS PKKM UE menguatkan kapasitas mahasiswa yang mengikuti program UE melalui pelaksanaan kegiatan Workshop Knowledge Entrepreneur di Ruang 307 Gedung Kuliah Bersama (GKB 4), Fakultas Sains dan Teknologi, Kampus 2 Umsida, Kamis (29/9).

Beberapa topik yang diangkat dalam Workshop Knowledge Entrepreneur adalah How to Managig Start Up Business, Business Plan melalui Business Model Canvas, Manajemen Keuangan dan Manajemen Usaha serta Branding. Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini Hari Purwanto selaku Owner CV. Artaqilah Berkah. Beliau menyampaikan mengenai manajemen usaha (berupa proses produksi, manajemen kualitas) dan manajemen keuangan berupa perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP), materi Branding terkait legalitas usaha dan produk (merk, logo, PIRT, halal untuk legalitas produk), dan Nomor Induk Berusaha (NIB), surat ijin domisili usaha serta proses pengurusannya.

Selain Hari Purwanto, narasumber lainnya adalah Wiwik Sulistiyowati. Beliau menyampaikan terkait Start Up dan Managing Business berupa karakteristik menjadi wirausaha, prinsip dan How to Get Idea for Build Your Business, serta materi terkait Business Plan melalui Business Model Canvas (BMC). Konten dari BMC adalah menggambarkan usaha yang akan dilakukan atau proses perbaikan. BMC berisi mengenai Value Proposition, Customers, Channel, Customer Relationship, Revenue, Key Resources, Key Partners, Key Activities dan Cost.

Keunggulan BMC adalah kemudahan untuk mengubah model bisnis dengan cepat dan melihat implikasi perubahan suatu elemen pada elemen bisnis yang lain. Konsep model bisnis kanvas merupakan konsep yang dapat menjadi bahasa bersama yang memungkinkan untuk menggambarkan dan memanipulasi model bisnis untuk membuat alternatif kebijakan strategi yang baru.

Dengan adanya kegiatan ini dapat membantu mahasiswa UE dalam penguatan kapasitas mahasiswa UE dari aspek praktik yang didapatkan selama magang ke mitra dan aspek knowledge melalui workhop terkait pengetahuan untuk menjadi wirausaha yang struggle dan mandiri.

*Humas Umsida

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image