Menjalani Pembebasan Bersyarat, Anak Binaan LPKA Klas I Kutoarjo Dihadapkan ke Kejaksaan Negeri Purw

Image
Humas LPKA Klas I Kutoarjo
Info Terkini | Saturday, 01 Oct 2022, 13:16 WIB

PURWOREJO. Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Kutoarjo telah menghadapkan satu Anak Binaan yang menjalani Pembebasan Bersyarat (PB) ke Kejaksaan Negeri Purworejo untuk pengawasan awal, Jum'at (30/9/2022). Pengawasan selanjutnya dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Jepara, yakni tempat Anak Binaan tersebut melakukan tindakan pidana. Penghadapan diterima oleh staf bagian Seksi Tindak Pidana Umum (Pidum).

Kepala Sub Seksi Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak (Bimkemaspa), Dedy Winarto usai menghadapkan Anak Binaan tersebut mengatakan Kejaksaan merupakan pranata yang mempunyai berbagai tugas dan fungsi, salah satunya sebagai pranata yang mengawasi pelaksanaan Pembebasan Bersyarat (voorwaardelijke invrijheidstelling) sebagaimana diatur pada pasal 15a ayat (3) juncto pasal 14d ayat (1) KUHP juncto pasal 30 ayat (1) huruf c UURI No.16 tahun 2004 tentang Kejaksaan.

Lebih lanjut dijelaskan, hak Pembebasan bersyarat harus terpenuhi dulu persyaratannya, bukan diartikan bahwa Pembebasan Bersyarat hak mutlak dan harus diberikan tanpa melihat ketentuan yang berlaku, tanpa melihat masa pidana yang sudah jalankan dan juga tanpa melihat prilaku Anak Binaan selama berada di LPKA serta harus adanya keluarga yang sanggup menjadi penjamin dan adanya penerimaan dari pemerintah daerah dan masyarakat setempat. Salah satu syarat administratif yang dikeluarkan dari Kejaksaan saat proses usulan Pembebasan Bersyarat diantaranya adalah surat keterangan Masih/Tidak Ada Perkara Lain atas nama Anak Binaan tersebut.

Pembebasan Bersyarat adalah hak setiap Anak Binaan untuk mengajukan dan memperolehnya, tetapi itu bukan hak mutlak yang pasti harus disetujui dan diberikan serta adanya kemungkinan pengusulan Pembebasan Bersyarat dibatalkan dan pelaksanaan Pembebasan Bersyarat dicabut atau dihentikan.(DW)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Karutan Prabumulih Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Tahun 2022

Image

Jadi Negara Arab yang Lolos Perempat Final Piala Dunia 2022, Begini Fakta The Lion Atlas

Image

Kebijakan Fiskal Dalam Perspektif Islam

Image

UMKM SEBAGAI SOLUSI DALAM MENGHADAPI RESESI GLOBAL 2023

Image

Kunjungi Situs Sejarah di Banyumas, Mahasiswa PMM UMP Perkuat Kebinekaan

Image

KEBIJAKAN FISKAL DALAM PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image