Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image XTVYMRDN

Gowes To Lombok: Menanti lahirnya Sang Iroman di Indonesia

Olahraga | Friday, 30 Sep 2022, 08:25 WIB

Ajang olah raga internasional berjuluk Ironman 70.3Lombok yang sempat tertunda selama 2 tahun lamanya, akibat terpaan pandemi Covid-19 akhirnya dapat digelar pada 8 Oktober 2022 nanti.

Tim Gowes To Lombok

Kompetisi yang yang menggabungkan olahraga renang sejauh 1,9 km yang berlokasi di pantai Holiday Resort, Lombok, lalu dilanjutkan dengan bersepeda 90,1 km dari Senggigi - Mataram, dan diakhiri half marathon dari Senggigi - Holiday Resort berjarak 21,1 km ini, seharusnya berlangsung pada Juli 2020. Kemudian kembali diundur ke Juli 2021. Lalu dijadwal ulang lagi ke Juli 2022, sebelum akhirnya benar-benar baru bisa digelar pada awal Oktober nanti, dengan diikuti oleh sekitar 500 atlet triathlon dari berbagai negara.

Perjalanan event Ironman 70.3Lombok yang begitu panjang dan berliku, dan akhirnya dapat berlangsung untuk pertama kali di Indonesia pada tahun ini - akan kembali berlangsung pada tahun 2023 dan tahun 2024 di Indonesia - benar-benar membuat saya penasaran dan bertekad menjadi saksi lahirnya "manusia besi" atau sang Iron Man di bumi Lombok, di tanah Indonesia.

Untuk itulah, saya @iman.sulaeman.id mengajak Eveline @evelinejody dan Paul S. Hutauruk @pshutauruk menuju Lombok dengan cara bersepeda dari Jakarta, yang kami mulai pada 28 September 2022 lalu, dengan target tiba di Pulau Lombok pada tanggal 5 Oktober 2022 atau 8 hari perjalanan.

Perjalanan Jakarta-Lombok yang kami lakukan tidak akan 100% mengayuh sepeda, melainkan juga memadukannya dengan penggunaan transportasi publik, yaitu kereta dan kapal laut.

Cara ini dilakukan dengan harapan agar perjalanan kami bertiga bisa di "copy paste" oleh siapa pun untuk melakukan perjalanan jarak jauh dengan bersepeda, agar meminimkan polusi, sekaligus menyehatkan.

Setiba di Lombok nanti, kami berencana untuk bersepeda memutari lintasan balap Sirkuit Mandalika pada 6 Oktober 2022, yang kami gambarkan sebagai garis finish, dalam rangka ikut memeriahkan pelaksanaan Ironman70.3Lombok. "Jadi kapan lagi mencoba lintasan sirkuit Mandalika, walau hanya dengan sepeda," ujar kami!

Berikut rencana jadwal perjalanan kami :

28 September 2022

Jakarta - Pamanukan

Keterangan : Sepeda

29 September 2022

Pamanukan - Cirebon

Keterangan : Sepeda


30 September 2022

Cirebon - Pekalongan

Keterangan : Sepeda


1 Oktober 2022

Pekalongan - Semarang

Keterangan : Sepeda

2 Oktober 2022

Semarang - Yogyakarta

Keterangan : Sepeda

3 Oktober 2022

Yogyakarta - Surabaya

- Melakukan sejumlah rangkaian kegiatan dari pagi hingga siang hari di Yogyakarta.

Keterangan: Menuju Surabaya dengan kereta malam.


4 Oktober 2021

Surabaya - Lombok

- Melakukan sejumlah rangkaian kegiatan dari pagi hingga siang hari di Surabaya.

Keterangan: Menuju Lombok dengan kapal laut pada malam hari.


5 Oktober 2022

-Tiba di Lombok dan gowes menuju penginapan dan beristirahat.


6 Oktober 2022

- Gowes menuju Sirkuit Mandalika yang saya gambarkan sebagai berakhirnya perjalanan atau FINISH, sekaligus menjajal lintasan balapnya satu hingga dua putaran dengan bersepeda, bersama para atlet ironman70.30Lombok dari berbagai negara dan masyarakat Lombok yang keren!


7 Oktober 2022

- Mencoba ikut pemanasan dan latihan bersama para atlet Ironman70.3Lombok dari berbagai negara di area pertandingan sesungguhnya.


8 Oktober 2022

Pelaksanaan Ironman70.3Lombok dan akan menjadi saksi lahirnya manusia besi pertama di Indonesia

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image